Kota Dengan Biaya Kuliah Termurah Di Indonesia

Image: canva.com

10 Kota Dengan Biaya Kuliah Termurah Di Indonesia

Biaya kuliah murah merupakan salah satu poin yang paling dipertimbangkan sebelum memilih kampus terbaik. Apalagi Kamu berniat kuliah di luar kota, biaya kuliah murah bisa mendukung keuangan bulanan. Hal ini dikarenakan Kamu harus membayar tagihan lain seperti biaya kos, makan, transportasi, dan lain-lain. Berikut 10 kota dengan biaya kuliah termurah di Indonesia yang bisa dipertimbangkan.

1. Magelang

Di kota Magelang, Universitas Tidar merupakan universitas negeri yang mematok BKT terendah Rp5.932.000 sedangkan UKT terendah hanya Rp500.000 rupiah.

Baca Juga:  Apa Itu Biaya Kuliah Tunggal (BKT) Dan Uang Kuliah Tunggal (UKT)?

2. Seluruh Wilayah Indonesia

Universitas Terbuka merupakan salah satu universitas negeri yang mematok biaya kuliah murah. Selain itu, Kamu bisa kuliah online dari berbagai wilayah di Indonesia mengandalkan kuota dan laptop saja. Kamu juga bisa memilih metode pembelajaran dengan sistem jarak jauh di UPBJJ terdekat. Biaya kuliah termurah sekitar Rp5.932.000 sedangkan UKT yang mendapatkan subsidi pemerintah terendah sekitar Rp500.000 rupiah.

3. Karawang

Universitas Singaperbangsa menawarkan BKT terendah sama dengan universitas negeri murah lain yaitu Rp5.932.000 sedangkan UKT termurah Rp500.000 saja.

Baca Juga:  Bagaimana Sistem Pembayaran Kuliah Di Universitas Negeri?

4. Tasikmalaya

Salah satu kabupaten di Jawa Barat bisa menjadi pilihan kota dengan biaya kuliah termurah di Indonesia yaitu Universitas Siliwangi. BKT terendah yang diterapkan sekitar Rp6.202.000 rupiah sedangkan UKT paling murah Rp500.000 saja.

5. Madura

Sebagai universitas negeri di Madura, Universitas Trunojoyo hanya membebankan BKT terendah Rp6.202.000 dan UKT terendah Rp500.000 rupiah.

6. Kepulauan Riau

Ada universitas negeri di Kepulauan Riau yang mematok BKT rendah sekitar Rp6.229.000 dan UKT paling murah di Indonesia yaitu nol rupiah. Buat lulusan SMA/sederajat yang berasal dari keluarga kurang mampu, bisa berpeluang mendapatkan beasiswa kuliah gratis alias tidak perlu membayar UKT sepeser pun.

Baca Juga:  Apa Itu Biaya Kuliah Tunggal (BKT) Dan Uang Kuliah Tunggal (UKT)?

7. Meulaboh, Aceh Barat

Universitas Teuku Umar yang berdiri sejak tahun 2006 lalu di Meulaboh, Aceh Barat merupakan salah satu universitas negeri yang tidak mematok biaya tinggi. Terbukti BKT terendah Rp6.229.000 dan UKT terendah sekitar Rp500.000 saja.

8. Langsa, Aceh

Masih berada di Aceh, Kamu bisa memutuskan untuk kuliah di Universitas Samudra yang menetapkan BKT dan UKT murah sama dengan Universitas Teuku Umar.

9. Bangka Belitung

Di Universitas Bangka Belitung, biaya UKT paling rendah sekitar Rp500.000 per semester dan BKT terendah Rp6.229.000.

Baca Juga:  Bagaimana Sistem Pembayaran Kuliah Di Universitas Negeri?

10. Singaraja, Bali

Singaraja merupakan kota di Bali yang masuk dalam daftar kota dengan biaya hidup terjangkau di Indonesia. Kota ini menawarkan biaya kuliah yang tak kalah murah dengan biaya hidup pendatang. Kamu bisa kuliah di Universitas Ganesha yang menetapkan BKT terendah Rp6.229.000 dan UKT termurah Rp500.000 per semester.

Daftar kota dengan biaya kuliah termurah di Indonesia di atas merupakan informasi universitas negeri yang mematok BKT dan UKT terendah berdasarkan data Kemenristekdikti. BKT sendiri merupakan biaya kuliah tunggal yang ditentukan universitas berdasarkan biaya operasional mahasiswa dalam satu semester. Sedangkan UKT merupakan sebagian nilai dari BKT yang telah mendapatkan subsidi pemerintah. Nah, Kamu tertarik mendaftar di universitas negeri termurah di Indonesia?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *