Bagaimana Sistem Pembayaran Kuliah Di Universitas Negeri

Image: canva.com

Bagaimana Sistem Pembayaran Kuliah Di Universitas Negeri?

Kali ini ada email mauk dari salah seorang pembaca RENESIA, yaitu kak Rosdiana. Ingin menanyakan menegnai bagaimana sistem pembayaran kuliah di universitas negeri. Berikut pertanyaan lengkapnya yang dikirim ke email kami.

Pertanyaan

Bagaimanakah sistem pembayaran kuliah di universitas negeri untuk jurusan psikolog?
Contoh ugm atau uny jogja

Kiriman: Rosdiana (rosdiana****@*mail.com)

Jawaban

Hai Kak Rosdiana terima kasih sudah mengirimkan pertanyaan ke RENESIA. Pertanyaan ini mungkin ingin ditanyakan juga oleh banyak orang lainnya. Semoga pertanyaan ini mendapatkan jawaban yang cukup ya.

Pada pertayaan ini menanyakan bagaimana sistem pembayaran kuliah di universitas negeri untuk jurusan psikolog dan mencontohkan UGM atau UNY di Jogja. Berarti Kak Rosdiana ini ingin tau cara pembayaran untuk jurusan psikolog di UGM atau UNY ya?

Baca Juga :  10 Tips Memilih Universitas Atau Kampus Setelah Lulus SMA Atau SMK

Sistem Pembayaran Kuliah

Secara umum, tidak ada perbedaan cara pembayaran atau sistem pembarayan kuliah untuk tiap-tiap jurusan. Jadi untuk jurusan psikolog atau jurusan apapun biasanya cara yang digunakan sama saja. Ini khusus untuk kampus negeri ya. Kalau Kampus swasta biasa saja berbeda.

Khusus untuk UGM dan UNY sistem pembayarannya menggunakan pihak ke 3, yaitu bank. Bank yang digunakan hampir semua bank besar, seperti BRI, BNI, Mandiri, BTN dan termasuk Bank BPD DIY. Apapun pembayarannya, saat ini semua dibayarkan melalui bank.

Jika Kamu ingin daftar kuliah, biaya pendaftarannya juga melalui bank. Jika ingin bayar uang semester atau UKT, juga dibayarkan melalui bank. Termasuk pembayaran uang KKN atau uang lain-lainnya. Kampus tidak menerima pembayaran secara tunai lagi.

Baca Juga :  Perbedaan Universitas Institut Sekolah Tinggi Akademi Dan Politeknik

Cara Pembayaran Kuliah

Bagaimana cara pembayaran kuliahnya kalau dibank? Biasanya akan diberi petunjuk oleh pihak kampus seperti UGM atau UNY untuk proses pembayaran ke bank. Sesuai dengan pengalaman, Kamu hanya perlu membawa uang yang akan dibayarkan bisa berupa cash atau butu tabungan. Kemudian jangan lupa membawa KTM atau nomer registrasi yang diperlukan dari kampus. Dan utarakan tujuan Kamu ke teller. Biasanya ini sudah cukup dan bank sudah tau.

Untuk melakukan pembayaran uang kuliah, Kamu tidak diharuskan memiliki buku tabungan. Oh iya, sebisa mungkin membayar di bank-bank terdekat kampus saja. Karena mereka biasa sudah paham tanpa kita menjelaskan lebih detail tentang proses cara pembayarannya.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Kuliah Di Universitas Bagi Kamu Yang Masih Ragu

Semoga jawaban dari pertanyaan Kak Rosdiana ini bisa membantu ya. Semoga bermanfaat dan jika ingin kuliah di UGM atau UNY, semoga sukses dan lolos. Bagi yang ingin berkonsultasi silahkan kirim pertanyaan Kamu ke RENESIA melalui halaman konsultasi.




About Edi Susilo

Blogger sekaligus pemilik blog RENESIA. Ingin selalu menularkan hal-hal yang positif melalui artikel-artikel yang ditulis. Selalu dan masih akan terus belajar apapun agar hidup jadi lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *