Kota Dengan Biaya Hidup Mahasiswa Termurah Di Indonesia

Image: canva.com

10 Kota Dengan Biaya Hidup Mahasiswa Termurah Di Indonesia

Dewasa ini, kuliah merupakan salah satu kebutuhan utama yang wajib dipenuhi. Toh, ada banyak institusi yang menawarkan program beasiswa yang bisa meringankan biaya kuliah. Dalam menentukan universitas terbaik sebagai tempat belajar, Kamu pasti mempertimbangkan banyak hal termasuk urusan biaya. Berikut 10 kota dengan biaya hidup mahasiswa termurah di Indonesia yang bisa Kamu jadikan referensi.

1. Cirebon

Udang rebon dan nasi jamblang akan menemani masa kuliahmu di kota ini. Cirebon menawarkan biaya hidup termurah bagi mahasiswa dengan kisaran 1 juta rupiah saja. Ada banyak universitas terbaik di Cirebon seperti IAIN Syekh Nurjati, STTC, IKMI Cirebon, UNMUH Cirebon, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Di Indonesia

2. Jogja

Mau kuliah dengan biaya murah, Jogja masih memegang rekor sebagai kota favorit para pelajar. Mahasiswa bisa menghemat biaya hidup selama kuliah di Jogja seperti makan di angkringan yang hanya butuh uang 10 ribu rupiah. Kalau ngomongin tempat kuliah, Jogja punya segudang kampus terbaik yang bisa menjadi pilihan Kamu. UGM, UNY, UPN Veteran Yogyakarta, ISI Yogyakarta, dan masih banyak pilihan lain.

3. Semarang

Salah satu kota termurah di Indonesia sebagai tempat belajar mahasiswa adalah Semarang. Biaya makan termurah sekitar 10 ribu rupiah sedangkan sarana transportasi bisa menggunakan BRT sekitar 3500 atau 1000 untuk mahasiswa. Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang dan masih banyak institusi pendidikan di kota lumpia ini.

Baca Juga:  10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Di Indonesia

4. Solo

Ada banyak universitas ternama di Solo yang bisa menjadi pilihan Kamu, misalnya Universitas Sebelas Maret, Universitas Surakarta, ISI Surakarta, dan lain-lain. Kota Solo menawarkan suasana budaya tradisional yang kental dengan biaya hidup murah.

5. Purwokerto

Pilihan kuliah di kota Purwokerto tak kalah banyak dengan kota lain seperti BSI Purwokerto, ST3 Purwokerto, Universitas Jenderal Soedirman, Politeknik Pratama, dan lain-lain. Kota Purwokerto menawarkan biaya hidup kira-kira 1 juta rupiah saja untuk mahasiswa dari luar daerah.

Baca Juga:  10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Di Indonesia

6. Malang

Beralih ke daerah Jawa Timur, siapa yang tidak kenal Malang sebagai kota dengan biaya hidup mahasiswa termurah di Indonesia. Biaya hidup di Malang bisa Kamu tentukan sesuai kebutuhan mulai kost, makan, transportasi, hiburan, dan lain-lain. Mau bergaya hidup sederhana, Malang tetap memiliki tempat bagi mahasiswa luar kota.

7. Jember

Berencana kuliah di UNEJ, Kamu memilih kota yang memiliki biaya hidup murah di Indonesia. Tak hanya menawarkan biaya hidup yang murah di kantong, biaya kuliah di UNEJ juga lebih terjangkau dibandingkan universitas lain.

Baca Juga:  10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Di Indonesia

8. Banyuwangi

Di ujung timur Pulau Jawa, Kamu bisa memilih tinggal dan belajar di Banyuwangi. Tenang saja, Kamu bisa hidup dengan biaya 750-1 juta rupiah per bulan, kok. Tentu gaya hidup sangat mempengaruhi selama Kamu kuliah di Banyuwangi. Kamu mau kuliah di Akademi Kelautan Banyuwangi?

9. Singaraja

Biaya hidup di Denpasar mungkin lebih mahal dibandingkan dengan kota lain di Indonesia. Namun, Bali bisa menjadi pilihan Kamu kuliah dengan memilih tinggal di kota pinggiran. Kamu tetap bisa kuliah di Universitas Ganesha dan Universitas Panji Sakti yang memiliki kualitas terbaik.

Baca Juga:  10 Kota Dengan Biaya Hidup Termurah Di Indonesia

So, tinggal di Singaraja tidak akan membuat kantong Kamu bolong. Kamu malah bisa mencoba mencari penghasilan sampingan dengan kerja paruh waktu di Bali.

10. Metro

Dikenal sebagai kota pendidikan di Lampung, Metro memiliki deretan kampus ternama. Selain itu, biaya hidup di Metro cukup terjangkau sekitar 1 juta rupiah saja per bulan.

Dari 10 daftar kota dengan biaya hidup mahasiswa termurah di Indonesia, mana yang bakal Kamu pilih sebagai tempat belajar?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *