Alasan Memilih Jurusan Teknik

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Sebagai Pilihan Saat Kuliah

Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan favorit di rumpun saintek. Meskipun identik dengan laki-laki, perempuan juga boleh punya alasan memilih jurusan teknik. Siapapun boleh masuk ke jurusan ini tanpa memandang jenis kelamin. Sebagai jurusan dari rumpun saintek, jurusan ini memang hanya bisa dimasuki oleh Kamu yang mengambil jurusan IPA di SMA atau berasal dari SMK yang linier.

Ada banyak alasan untuk memilih jurusan teknik sebagai jurusan kuliah Kamu. Kalau Kamu masih belum yakin, berikut ini ada 10 alasan memilih jurusan teknik sebagai jurusan kuliah Kamu.

Baca Juga:  10 Jurusan Teknik Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

1. Prospek Kerja Luas Dan Menjanjikan

Yang pertama, prospek kerjanya luas dan menjanjikan. Lulusan teknik sangat dibutuhkan oleh industri yang bergerak di sektor pembangunan, teknologi, dan energi.

2. Gaji Yang Tinggi

Yang kedua, gaji yang ditawarkan untuk para lulusan jurusan teknik tergolong tinggi bahkan sangat tinggi. Untuk ukuran lulusan baru, Kamu bisa mendapatkan gaji dua digit. Menarik, kan?

3. Dibutuhkan Oleh Industri

Alasan memilih jurusan teknik yang ketiga karena lulusan teknik sangat dibutuhkan oleh industri saat ini. Indonesia pun masih kekurangan lulusan teknik, baik dari jenjang sarjana maupun diploma. Jadi, jangan heran kalau anak teknik bisa langsung bekerja setelah lulus.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Dan Gajinya

4. Solidaritas Yang Tinggi

Yang keempat, solidaritas anak teknik itu terkenal sangat tinggi. Rasa kekeluargaan mereka begitu erat. Lihat saja pada saat kelulusan atau wisuda, anak teknik biasanya menjadi suporter yang paling heboh dan mencuri perhatian.

5. Jurusan Favorit

Yang kelima, teknik termasuk dalam jurusan favorit di perguruan tinggi. Pamornya tidak kalah dengan jurusan kedokteran dan ekonomi.

6. Kuat Dan Tahan Banting

Alasan yang keenam karena Kamu akan menjadi seseorang yang kuat dan tahan banting. Perkuliahan jurusan teknik yang tidak mudah akan membentukmu menjadi orang yang tahan banting dan tidak mudah mengeluh.

Baca Juga:  10 Jurusan Teknik Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

7. Jadi Pribadi Yang Pantang Menyerah

Kamu juga tidak akan menjadi pribadi yang pantang menyerah. Meskipun perkuliahan berat dan nilai yang didapatkan tidak sesuai dengan usaha maksimal yang sudah dilakukan, Kamu tidak menyerah untuk melanjutkan kuliah sampai selesai.

8. Terapan Ilmu Yang Luas

Alasan memilih jurusan teknik yang berikutnya karena terapan ilmunya sangat luas. Tidak hanya sektor pembangunan, Kamu juga bisa bekerja di sektor teknologi, telekomunikasi, pertambangan, energi, dan sebagainya.

9. Perencana Dan Eksekutor Yang Baik

Dengan menjadi salah satu bagian dari jurusan teknik, Kamu akan terbiasa dengan perencanaan yang matang dan eksekusi yang baik.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Dan Gajinya

10. Kompetitif

Yang terakhir, Kamu akan menjadi seorang yang kompetitif. Tidak peduli sesibuk apapun Kamu, seberat apapun tugas kuliah yang diberikan, Kamu masih punya waktu untuk kegiatan lain agar tidak tertinggal dari mahasiswa jurusan lain.

Nah, itulah 10 alasan memilih jurusan teknik sebagai jurusan kuliah Kamu. Jurusan ini memang hanya diperuntukkan bagi Kamu yang memilih jurusan IPA saat di SMA. Untuk Kamu yang memilih jurusan IPS, Kamu ambil jurusan di rumpun sosial saja ya.