Peluang Atau Prospek Kerja Teknik

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Dan Gajinya

Sejak duduk di bangku kelas 2 SMA, Kamu harus mengambil keputusan tentang jurusan kuliah yang paling diminati. Peminatan sejak awal bisa menjadi bekal untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat. Lulusan IPA memiliki prospek lebih bagus saat mengikuti ujian seleksi masuk Fakultas Teknik. Buat Kamu yang masih ragu memilih jurusan kuliah apa, kenali peluang atau prospek kerja Teknik berikut!

Di Indonesia, gaji lulusan Teknik yang bekerja sesuai skill lebih besar dibandingkan profesi lain. Namun, peluang mendapatkan gaji yang lebih besar sangat tinggi berdasarkan data yang diberikan PayScale. Berikut data gaji lulusan Teknik di belahan dunia yang bisa menjadi referensi Kamu yang berminat bekerja dengan perusahaan internasional!

Baca Juga:  10 Jurusan Teknik Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

1. Teknik Perminyakan

Lulusan Teknik Perminyakan yang fokus pada eksplorasi tambang minyak, gas dan panas bumi mendapatkan tawaran gaji 1,2 milyar per tahun.

2. Teknik Kimia

Punya minat di bidang MIPA terutama Kimia, Kamu bisa masuk jurusan Teknik Kimia. Gaji awal pekerja di perusahaan yang memproses barang mentah menjadi setengah jadi mencapai angka 907 juta per tahun dari berbagai sumber gaji perusahaan ternama di dunia.

3. Teknik Material Dan Metalurgi

Jurusan Teknik Material dan Metalurgi tergolong jurusan yang langka sebab mempelajari pengolahan dan perekayasaan mineral serta logam. Jangan heran pekerja mendapatkan gaji awal 855 juta per tahun hingga 1,4 miliar untuk masa kerja lebih lama.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Sebagai Pilihan Saat Kuliah

4. Teknik Komputer

Peluang atau prospek kerja Teknik Komputer sangat banyak. Apalagi perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih, maka gaji teknisi mencapai angka 900 jutaan per tahun.

5. Teknik Pertambangan

Peneliti atau lulusan yang bertanggungjawab pada eksplorasi dan pengolahan perut bumi memiliki potensi gaji awal 913 juta per tahun.

6. Teknik Nuklir

Tidak hanya digunakan sebagai senjata perang, nuklir memiliki manfaat untuk rancang, kembang dan perawatan sistem fisi nuklir di dunia ini. Gaji ahli nuklir di dunia bisa mencapai 900 jutaan rupiah. Di Indonesia masih jarang, tetapi Kamu bisa memilih kuliah jurusan yang kurang diminati ini.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Sebagai Pilihan Saat Kuliah

7. Teknik Elektro

Lulusan Teknik Elektro bisa bekerja sebagai teknisi listrik yang profesional dan dibutuhkan berbagai industri. Gaji teknisi berkisar 885 juta rupiah berdasarkan data PayScale dari berbagai sumber di negara maju.

8. Teknik Mesin

Lulusan Teknik Mesin memiliki potensi gaji 825 juta per tahun atau hampir 30 juta per bulan. Di Indonesia, lulusan Teknik Mesin mendapatkan gaji yang diatas UMR hingga dua digit tak kalah dengan negara lain.

9. Teknik Biomedis

Ingin bekerja di rumah sakit sebagai maintenance, operator atau pengawas alat medis, maka pilih jurusan Teknik Biomedis. Kamu punya kesempatan mendapatkan gaji 800 jutaan per tahun. Di Indonesia, gaji lulusan Teknik Biomedis memang lebih rendah dibandingkan negara maju, tetapi sebanding dengan biaya hidup yang relatif lebih murah.

Baca Juga:  10 Jurusan Teknik Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

10. Teknik Informatika

Sebagai jurusan favorit di era Milenial, prospek lulusan mendapat gaji 800 jutaan per tahun. Kamu yang ingin jadi programmer yang mendapat gaji jutaan hingga belasan juta per bulan di Indonesia, bisa memilih jurusan TI.

Apakah Kamu berniat mencoba peluang atau prospek kerja Teknik dengan memilih jurusan kuliah sesuai passion? Baik kerja dalam negeri atau luar negeri, lulusan Teknik punya peluang mendapatkan bayaran lebih tinggi, kok.