Jurusan Teknik Yang Menjanjikan

Image: canva.com

10 Jurusan Teknik Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

Sebagian besar lulusan IPA mengambil jurusan teknik saat kuliah. Selain didukung bekal materi pelajaran IPA ketika SMA, prospek kerja untuk jurusan di bidang teknik pun sangat baik. Ada banyak jurusan teknik yang menjanjikan dan lulusannya selalu dicari oleh perusahaan-perusahaan besar, baik di Indonesia, maupun di luar negeri. Ini dia beberapa pilihan jurusan teknik terpopuler:

1. Teknik Industri

Pertama ada teknik industri yang bagi sebagian orang ‘bukan teknik’. Karena materi yang dipelajari berupa manajemen industri, sehingga dianggap kurang bermain dengan mesin. Dari segi prospek kerja, termasuk luas seperti divisi engineering, produksi, perencanaan biaya, dan banyak lagi.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Dan Gajinya

2. Teknik Mesin

Nah, kalau jurusan ini identik banget sama sebutan ‘anak teknik’. Di jurusan teknik mesin Kamu akan pelajari dunia permesinan di berbagai bidang. Utamanya pada bidang industri yang sudah jelas membutuhkan jasa lulusan jurusan ini untuk proses produksi.

3. Teknik Elektro

Serupa dengan mesin, anak teknik elektro juga dicap ‘teknik banget’ nih. Jelas Kamu akan mempelajari dunia perlistrikan lebih dalam. Termasuk manajemen di bidang listrik. Kehidupan kita berjalan karena listrik, bukan?

4. Teknik Sipil

Kamu bisa pilih jurusan teknik yang menjanjikan yaitu sipil bila ingin berhubungan dengan dunia arsitektur. Di bidang satu ini Kamu akan mengurus seputar proses pembangunan gedung, jalan, juga jembatan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Sebagai Pilihan Saat Kuliah

5. Teknik Lingkungan

Peminat jurusan ini tidak banyak lho, maka sering sekali perusahaan dan pihak yang membutuhkan jasa para ahli teknik lingkungan mengalami kesulitan mencari tenaga kerjanya.

6. Teknik Pertambangan

Indonesia dengan aktivitas pertambangan tidak bisa dipisahkan. Tersedianya lahan tambang yang besar, membuat prospek kerja di bidang ini jadi sangat baik.

7. Teknik Perminyakan

Ada juga teknik perminyakan yang jadi jurusan teknik populer yang dari segi kebutuhan tenaga kerjanya tinggi. Seperti kita ketahui bersama, bisnis perminyakan di Indonesia tergolong besar.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Sebagai Pilihan Saat Kuliah

8. Teknik Kimia

Sejak SMP sudah menyukai mata pelajaran kimia dan berminat mendalami keahlian di bidang ini? Seperti di dunia farmasi, industri kimia, perminyakan, hingga dunia kerja lainnya yang berkaitan dengan bidang kimia. Jurusan teknik kimia menjadi pilihan tepat.

9. Teknik Fisika

Lulusan teknik fisika ini bisa mengibarkan karir secara meluas lho. Contohnya dalam hal pemanfaatan teknologi, bidang yang selalu berkembang dan terus maju.

10. Teknik Biomedik

Rekomendasi jurusan teknik yang menjanjikan serta populer ialah teknik biomedik. Mungkin Kamu masih belum familiar dengan sebutan bidang yang satu ini. Pada dasarnya biomedik mengacu pada ilmu terapan di bidang medis atau kedokteran. Biasanya berhubungan erat dengan pengadaan dan penggunaan peralatan medis.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Dan Gajinya

Apa pun jurusan yang Kamu pilih, pikirkan secara matang dan putuskan dengan pertimbangan yang benar. Karena tidak sedikit mereka yang memilih jurusan teknik hanya karena ingin terlihat ‘keren’ belaka.