Alasan Memilih Jurusan Psikologi

Image: [geralt] pixabay.com

10 Alasan Memilih Jurusan Psikologi Bagi yang Bingung Mau Kuliah Apa

Jika Kamu masih bingung ingin memilih jurusan apa saat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mungkin jurusan Psikologi dapat menjadi jurusan yang perlu dipertimbangkan. Psikologi dikenal sebagai jurusan yang berfokus mempelajari tingkah laku mental. Ini membuat jurusan Psikologi sangat menarik untuk ditekuni. Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri pun jurusan Psikologi merupakan jurusan favorit di banyak kampus-kampus besar. Supaya Kamu semakin yakin dengan jurusan Psikologi, yuk simak alasan memilih jurusan Psikologi berikut ini.

1. Jurusan Favorit

Sudah menjadi rahasia umum, jika jurusan Psikologi juga merupakan jurusan terfavorit yang diminati banyak mahasiswa baru. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kuota pendaftar yang ingin masuk jurusan Psikologi.

2. Jurusan Yang Mempunyai Prospek Masa Depan Yang Bagus

Menjadi mahasiswa lulusan Psikologi akan membuatmu memiliki prospek yang cukup menjanjikan, karena jurusan Psikologi sangat relevan digunakan di berbagai disiplin lini pekerjaan. Jurusan Psikologi dapat memasuki dalam pekerjaan di dunia pendidikan, sosial, wirausaha, psikolog dan sebagainya.

Baca Juga :  Jurusan Psikologi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

3. Jurusan Yang Juga Mempelajari Tentang Diri (Jiwa)

Jurusan Psikologi adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu jiwa, jadi saat mempelajari ilmu Psikologi secara tidak langsung Kamu juga mempelajari diri (jiwa) Kamu.

4. Jurusan Yang Menyenangkan

Di jurusan Psikologi Kamu akan berjumpa dengan hal-hal baru, seperti tentang memahami jiwa orang lain. Hal ini cukup menantang namun tetap menyenangkan.

5. Mengubah Kehidupan Masyarakat

Alasan memilih Psikologi yang lainya adalah, ketika Kamu menjadi seorang sarjana Psikologi secara sadar kedepannya Kamu akan menjadi orang yang dapat membantu orang lain lebih banyak.

Sebab nantinya sebagai sarjana Psikologi Kamu bisa menjadi seorang konselor yang memiliki tingkat bertemu orang lain lebih sering dan biasanya mereka yang datang kepadamu akan datang dengan berbagai keluhan. Disinilah peran kalian kepada orang lain aaupun masyarakat.

Baca Juga :  Jurusan Yang Jarang Diminati Yang Bisa Kamu Masuki, Ada 10

6. Bidang Spesialisasi

Manusia terlahir dengan bakat yang dibawanya dengan keahlian masing-masing. Namun ada juga mereka yang belum mengetahui bakatnya. Nah dalam jurusan ini Kamu akan diarahkan ke arah spesialisasi yang tepat untuk Kamu. Sehingga Kamu dapat mengembangkan apa yang Kamu mau kedepannya nanti. Misalnya Kamu menyukai tentang dunia anak-anak, Kamu bisa menjadi Psikolog anak.

7. Mempelajari Cara Merekam, Mengatur, Menganalisis, dan Menafsirkan Data

Mahasiswa Psikologi biasanya akan belajar tentang metode penelitian dan statistik. Selain itu mahasiswa Psikologi juga akan belajar tentang mengumpulkan, mengatur dan mempresentasikan data yang tentunya hal ini juga dapat meningkatkan ketrampilan Kamu dalam berbagai karir.

8. Jurusan Yang Bagus Untuk Melanjutkan Ke Jenjang Pascasarjana

Jika Kamu punya cita-cita melanjutkan pendidikan ke jenjang yang tinggi, jurusan Psikologi sangat tepat. Karena selain jenjang strata satu jurusan ini juga sangat tepat untuk melanjutkan pascasarjana. Namun menjadi mahasiswa jurusan Psikologi juga memungkinkan Kamu untuk melanjutkan pascasarjana walaupun lintas jurusan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Sistem Informasi Bagi yang Bingung Kuliah

9. Gelar Psikologi Bisa Meng-Impress Pengusaha

Menjadi lulusan mahasiswa Psikologi juga dapat menjadikanmu terjun di berbagai profesi yang berbeda. Kamu juga bisa menggunakan ilmu dan gelar yang Kamu punya untuk terjun di bidang bisnis, pemasaran, pendidikan dan sebagainya.

10. Jurusan Orang-orang Pengertian

Alasan memilih jurusan Psikologi yang ke 10 adalah jurusan ini adalah jurusan orang-orang pengertian. Kenapa dikatakan jurusan orang-orang pengertian? Karena jurusan Psikologi adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu jiwa sehingga mereka yang bearada di jurusan ini akan sangat cocok untuk di jadikan tempat curhat.

10 Peluang atau Prospek Kerja Psikologi dan Gajinya

Itulah 10 alasan memilih jurusan Psikologi yang perlu Kamu pertimbangkan. Setiap jurusan memiliki keunggulan masing-masing, tak terkecuali jurusan Psikologi ini. Untuk itu pastikan sudah tidak ragu lagi untuk memilih jurusan ini sebagai jurusan konsentrasi Kamu.



Pada kategori Jurusan |

About Tim Redaksi

Tim Redaksi merupakan tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar dunia pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan informasi bermanfaat dan terbaru buat Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *