Perbedaan Universitas Institut Sekolah Tinggi Akademi Dan Politeknik

Image: canva.com

Perbedaan Universitas Institut Sekolah Tinggi Akademi Dan Politeknik

Dilema bagi Kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 3 SMK, SMA atau MA adalah memilih kampus atau universitas. Cepat atau lambat, Kamu memang harus segera menentukan pilihan. Apalagi jika Kamu belum tahu perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik. Tentu Kamu semakin bingung dibuatnya.

Penting bagi Kamu untuk mulai mencari informasi terkait perguruan tinggi yang nantinya akan dipilih. Tapi jika masih bingung, berikut akan kami ulas tentang perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi Dan Politeknik yang perlu Kamu ketahui.

Universitas

Universitas merupakan jenis perguruan tinggi yang biasanya terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan pendidikan advokasi. Bisa dikatakan bahwa universitas ini menyelenggarkan dua jenis pendidikan tinggi. Universitas biasanya juga menyediakan berbagai rumpun pendidikan tanpa batas misalnya; Ilmu Komunikasi, Ekonomi Islam, Kedokteran, Pendidikan dll.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Universitas Atau Kampus Setelah Lulus SMA Atau SMK

Institut

Institut memiliki sejumlah fakultas dan juga menyelenggarakan jenis pendidikan Vokasi maupun Akademik. Rumpun keilmuan yang diselenggarakan bisa tentang ilmu pengetahuan, seni maupun teknologi.

Lantas, apa perbedaan institut dengan universitas?

Sebenarnya untuk perbedaannya hanya terdapat pada jenis keilmuan yang diselenggarakan, dimana fakultas yang ada pada institut ini diambil dari salah satu jenis keilmuan saja. Sedangkan universitas mempunyai fakultas yang di dalamnya terdapat banyak jenis keilmuan.

Sekolah Tinggi

Secara umum Sekolah Tinggi ini hampir mirip dengan universitas maupun institut. Ketiganya sama-sama menyelenggarakan pendidikan Akademik dan Vokasi. Hanya saja, untuk Sekolah Tinggi ini hanya memiliki satu fakultas saja. Yang mana satu fakultas tersebut dibagi lagi ke berbagai jurusan. Seperti; Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi hanya menyiapkan jurusan-jurusan fakultas ekonomi.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Kuliah di Sekolah Tinggi Bagi Kamu Yang Masih Ragu

Akademi

Selanjutnya adalah akademi. Akademi ini merupakan sekolah tinggi yang menyelenggarakan perkuliahan Vokasi pada satu atau beberapa cabang ilmu teknologi, pengetahuan hingga seni.

Akademi ini hanya mampu mengadakan pendidikan Vokasi yang berasal dari satu cabang ilmu. Seperti pada Akademi Sekretari dan Manajemen Don Bosco yang hanya mempunyai jurusan Kesekretariatan dan Manajemen.

Politeknik

Politeknik merupakan sekolah tinggi yang juga menyelenggarakan pendidikan Vokasi. Perbedaannya sangat mencolok bila dibandingkan dengan jenis-jenis sekolah tinggi, universitas, maupun institut yang dibahas sebelumnya dimana ketiganya sama-sama menyelenggarakan pendidikan Akademik.

Politekni bertujuan menyiapkan generasi yang siap menjadi anggota masyarakat dengan kompetensi profesional sehingga dapat mengaplikasikan, mengembangkan hingga menyebarluaskan semua ilmu yang telah didapatkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Universitas Negeri vs Universitas Swasta Mana Terbaik?

Demikianlah perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik yang perlu Kamu ketahui. Memilih jenis perguruan tinggi memang gampang-gampang susah. Meski begitu Kamu tidak perlu bingung, sesuaikan saja dengan passion atau cita-cita Kamu. Selanjutnya pilihlah perguruan tinggi yang sekiranya dapat menjadi jembatan bagi Kamu untuk mendulang kesuksesan di masa depan.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *