Memilih Kuliah Di Akademi

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Kuliah Di Akademi Bagi Kamu Yang Masih Ragu

Siswa yang lulus SMA atau sederajat pasti sering bingung menentukan arah masa depan. Pilihan tempat kuliah juga bikin galau mau melanjutkan pendidikan ke Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Politeknik atau Akademi. Nah, buat Kamu yang masih ragu mau lanjut pendidikan di mana, wajib tahu 10 alasan memilih kuliah di Akademi berikut ini.

1. Memiliki Jurusan Lebih Spesifik

Akademi biasanya memiliki satu cabang ilmu seperti nama kampus. Misalnya Kamu ingin belajar ilmu keperawatan bisa kuliah di Akademi Keperawatan. Satu jurusan ini akan mempermudah Kamu belajar praktik dan teori ilmu spesifik lebih mumpuni.

2. Memiliki Banyak Pilihan Jurusan

Tinggal tentukan Akademi apa yang bakal cocok sebagai sekolah lanjutan Kamu. Misalnya Kamu suka PKN atau hal-hal berbau hukum, bisa melanjutkan sekolah di Akademi Ilmu Permasyarakatan yang tak jauh dari hukum dan pertahanan negara. Ada banyak pilihan pendidikan vokasi yang bisa Kamu pilih seperti Akademi Keperawatan, Akademi Kepolisian, Akademi Militer, Akademi Kelautan dan lain-lain.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Kuliah Di Institut Bagi Kamu Yang Masih Ragu

3. Memiliki Ikatan Dinas

Kelebihan akademi yang banyak dipertimbangkan lulusan SMA/sederajat adalah adanya ikatan dinas. Sekolah kedinasan seperti Akademi Militer, Akademi Kepolisian dan lain-lain menawarkan ikatan dinas untuk kami yang ingin memiliki karir cerah.

4. Prospek Kerja Lebih Cemerlang

Belajar di Akademi akan membuat Kamu belajar pada staf yang berpengalaman dibandingkan dosen universitas yang mengajar teori dan riset. Kamu akan langsung belajar bersama staf yang memang ahli di bidang jurusan yang Kamu pelajari.

5. Memiliki Peluang Kerja Yang Terbuka Lebar

Lulusan Akademi jelas diperhitungkan tak hanya adanya ikatan dinas saja. Banyak pula perusahaan besar yang ingin merekrut tenaga kerja yang berasal dari lulusan Akademi. Hal ini dikarenakan luluasan Akademi dikenal pekerja keras, profesional dan memiliki keahlian yang telah diakui kaum elit.

Baca Juga :  Alasan Memilih Kuliah Di UNY, Cek Ada 10 Fakta-Faktanya!

6. Memiliki Rentang Pendidikan Yang Cepat

Akademi biasanya menyediakan pendidikan vokasi berorientasi mencetak tenaga kerja. Kamu bisa memilih belajar hingga lulus D1, D2 atau D3 sesuai dengan pilihan program studi terapan yang disediakan.

7. Cocok Untuk Kamu Yang Lebih Suka Praktik Dibandingkan Teori

Bukan berarti teori tidak penting ya? Namun, Akademi merupakan lembaga pendidikan yang cocok untuk Kamu yang lebih suka banyak praktik dibandingkan mencatat teori saja. Sekolah di Akademi akan membuat Kamu lebih banyak berinteraksi dengan orang lain di lapangan lho!

8. Memiliki Tantangan Tersendiri

Kuliah di Akademi bukan hal yang mudah sebab Kamu harus serius menjalani program kuliah. Apalagi kuliah di Akademi yang memiliki ikatan dinas dengan instansi terkait yang memberikan banyak aturan. Salah satu aturan mengenai ikatan dinas adalah siap ditempatkan di seluruh daerah di Indonesia lho! Kalau Kamu suka tantangan, memilih kuliah di Akademi tak akan membuat Kamu ragu kok.

Baca Juga :  Kampus Terbaik Di Jakarta Yang Bisa Kamu Coba Daftar

9. Memiliki Kesempatan Melanjutkan Pendidikan

Kamu bisa langsung bekerja begitu lulus dari Akademi sembari melanjutkan pendidikan. Opsi terbaik yang bisa Kamu lakukan adalah melanjutkan D4 atau transfer S1 di berbagai Perguruan Tinggi.

10. Memiliki Banyak Teman Dengan Passion Sama

Memilih kuliah di Akademi adalah ingin memiliki banyak teman yang satu visi misi. Biasanya teman yang memiliki kesamaan passion bakal membuat hari Kamu lebih cerah. Kamu siap bekerja keras mewujudkan impian dalam suka dan duka dengan teman satu Akademi. Selain itu, kuliah di Akademi akan memberikan potensi Kamu mengenal banyak orang hebat lho!

10 memilih kuliah di Akademi di atas bisa menjadi referensi buat Kamu yang hendak melanjutkan pendidikan. Lulus SMA ingin kuliah singkat dan langsung kerja, ke Akademi saja!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *