Alasan Memilih Jurusan Kriminologi

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Kriminologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Kamu yang suka dengan dunia politik, hukum, dan keadilan bisa menjadi alasan memilih jurusan Kriminologi. Karena jurusan ini mempelajari tentang penyebab kejahatan. Kamu juga akan belajar tentang perilaku menyimpang di masyarakat. Maka dari itu, jangkauan ilmu jurusan ini sangat luas di mana Kamu juga akan mempelajari sosiologi, antropologi, psikologi, hingga jurnalistik. Dengan demikian, prospek kerja jurusan ini sangat luas juga. Apa aja sih alasan memilih jurusan kriminologi? Yuk kita bahas di bawah ini.

1. Bisa Bekerja Di Lembaga Kepolisian (Laboratorium Kriminologi Atau LABKRIM)

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kriminologi Dan Gajinya

Lembaga kepolisian akan menanti lulusan kriminologi untuk membantu mereka dalam menyelidiki kasus-kasus kriminal yang rentan terjadi. Semua kasus yang ada telah diatur dan ditangani oleh peraturan-peraturan dari lembaga kepolisian. Jadi, Kamu akan dibutuhkan sebagai penyidik profesional yang menangani kasus dari yang terkecil hingga besar.

2. Berkarir Lembaga Departemen Kehakiman

Semasa kuliah Kamu akan mempelajari tentang peradilan dan mendapatkan kesempatan untuk magang di Departemen Kehakiman. Secara tidak langsung Kamu sudah mendapatkan peluang untuk meneruskan karir di lembaga ini.

3. Bekerja Di Lembaga Departemen Pertahanan

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kriminologi Untuk Jenjang S1

Lulusan kriminologi yang memilih kerja di lembaga ini akan diberi tugas sebagai penjaga pertahanan bangsa dan negara. Misalnya menjaga negara dari serangan aksi teroris yang sering terjadi akhir-akhir ini. Tujuannya supaya negara terhindar dari aksi kekerasan dan kriminal. Gaji yang akan Kamu terima tentunnya sangat besar sesuai dengan tanggung jawab Kamu.

4. Bisa Menjadi Bagian Dari Lembaga Komisi Pertahanan Korupsi (KPK)

Korupsi merupakan tindakan kriminal yang tidak bisa diampuni perbuatannya karena merugikan banyak orang. Dengan harapan bisa menghapuskan korupsi, lulusan kriminologi sudah ditunggu oleh lembaga KPK ini.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kriminologi Untuk Jenjang S1

5. Bisa Aktif Di Lembaga Penelitian

Bagi Kamu yang menyukai tantangan, alasan memilih jurusan Kriminologi itu sangat tepat. Kamu bisa menjadi peneliti pada bidang kriminal dengan gaji yang fantastis. Salah satu lembaga penelitian yang menunggu hasil karyamu yaitu LIPI.

6. Mengembangkan Potensi Akademik

Lulusan kriminologi bisa juga fokus pada dunia pendidikan atau akademik. Kamu bisa menjadi dosen profesional dengan gaji yang cukup besar. Teori dan praktek yang sudah Kamu pelajari selama ini dapat Kamu sampaikan kembali pada mahasiswa untuk mencetak ahli kriminologi yang handal.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kriminologi Untuk Jenjang S1

7. Mengembangkan Ketrampilan Jurnalis

Seperti yang sering kita lihat pada acara-acara TV, banyak kasus kriminal yang ditayangkan. Tentunya berita ini ada karena campur tangan ahli kriminologi di dalamnya. Bagi Kamu yang eksis di depan kamera juga berkesempatan menjadi pembaca berita atau reporter.

8. Bisa Memberikan Pelayanan Pada Masyarakat

Ahli kriminologi sangat berperan penting dalam pemberian bimbingan dan penyuluhan kasus kriminal kepada masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui kasus kejahatan seperti apa yang membahayakan mereka.

9. Bisa Aktif di Kegiatan Sosial Atau Politik

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kriminologi Dan Gajinya

Banyak kasus-kasus kriminal yang terjadi pada dunia politik, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Artinya ahli kriminologi dibutuhkan dalam membantu menyelesaikan kasus-kasus tersebut. Lulusan kriminologi dipercayai karena mempelajari politik semasa kuliah.

10. Berkecimpung Di Lembaga Kejaksaan

Lembaga Kejaksaan merupakan tempat dimana kasus-kasus kriminal diselesaikan. Meskipun hakim yang menyelesaikan masalah-masalah tersebut, pada akhirnya ahli kriminologi dituntut untuk membantu hakim. Alasan memilih jurusan Kriminologi menjadi tepat bagi Kamu yang ingin bekerja di Lembaga Kejaksaan.

Itulah 10 alasan memilih jurusan Kriminologi untuk Kamu anak-anak SMA lulusan ilmu pengetahuan sosial. Dengan memilih jurusan kriminologi Kamu tidak perlu khawatir akan masa depan, karena banyak lembaga yang membutuhkan ahli kriminologi tentunya dengan tawaran gaji yang besar.