Perkiraan Biaya Kuliah Kriminologi

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Kriminologi Untuk Jenjang S1

Salah satu bagian disiplin ilmu yang merupakan penerapan dari ilmu Sosiologi adalah Kriminologi. Tidak banyak universitas yang membuka jurusan ini sehingga Kamu perlu banget untuk mencari tahu universitas mana saja yang membuka jurusan ini. Ataukah ada dari kalian yang masih bertanya-tanya sebenarnya Kriminologi itu apa atau bagaimana sih biaya kuliah Kriminologi?

Bagi yang belum tahu, jurusan Kriminologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang penyebab kejahatan dan berbagai seluk beluknya. Ilmu ini berhubungan dengan berbagai disiplin ilmu yang lain seperti Psikologi, Sosiologi, Antropologi, hukum, politik bahkan sampai jurnalistik. Nah buat Kamu yang bingung-bingung untuk memutuskan mengambil jurusan Kriminologi, Kamu harus banyak-banyak membaca ulasan jurusan ini ya.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kriminologi Dan Gajinya

Perkiraan Biaya Kuliah Kriminologi S1

Nah karena tidak banyak yang menyediakan jurusan ini, dan salah satu yang terbaik adalah jurusan Kriminologi Universitas Indonesia, maka tidak ada salahnya kita mendasarkan data biaya kuliah pada UI ya. Anggap saja sebagai patokan dalam pertimbangan. Kurang atau lebihnya biaya kuliah ditentukan oleh kebijakan universitas, pilihan PTN atau PTS, jalur masuk, dan pendapatan orang tua.

1. Uang Kuliah Tunggal

Biaya pertama yang harus Kamu keluarkan untuk mendapatkan gelar sarjana Kriminologi adalah uang kuliah tunggal. Bagi PTN, penetapan uang kuliah tunggal atau UKT ini didasarkan pada penghasilan orang tua. Sehingga nominal antar mahasiswa tidak sama. UKT atau mudahnya ketika SMA Kamu menyebutnya sebagai SPP, dibayarkan selama sekali dalam satu semester.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kriminologi Untuk Jenjang S1

Tidak sama dengan yang terjadi di PTS, UKT pada PTN sudah mencakup berbagai macam keperluan. Seperti biaya SKS, KKN, almamater sampai atribut yang lain. Sedangkan pada PTS masih terdapat beberapa biaya lain yang harus dibayarkan di luar uang kuliah tunggal. Berikut merupakan rincian UKT jurusan Kriminologi di Universitas Indonesia 2019 :

BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan) dalam satuan rupiah :

  • UKT 1 : 0 s.d. 500.000
  • UKT 2 : >500.0000 s.d 1.000.00
  • UKT 3 : >1.000.000 s.d 2.500.000
  • UKT 4 : >2.500.000 s.d 4.000.000
  • UKT 5 : >4.000.000 s.d <5.000.000
  • UKT 6 : 5.000.000
Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kriminologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

2. Uang Pangkal

Ketika mendaftar kuliah dan selalu gagal, baik SNMPTN maupun SBMPTN, maka jalur masuk mandiri merupakan pilihan terakhir. Terdapat sedikit perbedaan antara yang jalur masuk mandiri dengan yang lain yaitu terdapat uang pangkal.

Biaya kuliah Kriminologi yaitu uang pangkal, sepenuhnya dibayarkan pada saat awal semester. Kisaran uang pangkal untuk jurusan Kriminologi adalah sekitar Rp.20.000.00 – Rp. 30.000.000.

3. Biaya Buku

Biaya yang dikeluarkan oleh mahasiswa untuk membeli buku semakin kesini semakin berkurang. Selain karena terdapat softcopy, sudah banyak salinan buku yang kita inginkan secara gratis. Untuk satu buku saja bisa mencapai 300-1.000.000. Jadi, bijak-bijaklah mencari second book ya. Ini akan membuatmu lebih hemat.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kriminologi Dan Gajinya

4. Biaya Kuliah Kriminologi di PTS

Berbeda dengan PTN, saat Kamu kuliah di PTS maka Kamu akan dikenai berbagai biaya yang belum termasuk kedalam sistem UKT. Sepertu uang awal kuliah, daftar ulang, dana kemahasiswaan, biaya SKS, dan beberapa lainnya.

5. Biaya Lain-Lain

Ketika kuliah di jurusan kriminologi Kamu pasti membutuhkan biaya lain-lain untuk berkembang bukan? Kamu pasti mengeluarkan biaya dengan tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan keinginanmu. Misalnya menghadiri workshop sebanyak tiga hari kedepan. Sekali mengikuti workshop berkisar antara 30.000 – 200.000.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kriminologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Demikianlah perkiraan biaya kuliah Kriminologi yang bisa Kamu jadikan pertimbangan. Semoga bermanfaat ya!