Peluang Atau Prospek Kerja Kriminologi

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Kriminologi Dan Gajinya

Dunia ini tidak bisa lepas dari kejahatan seperti ada tinta hitam di atas kertas putih. Oleh sebab itu, kejahatan wajib dibedah dan dipelajari untuk meminimalisir risiko yang lebih buruk. Kriminologi bisa menjadi salah satu jurusan ilmu bidang sosial yang Kamu minati. Toh, prospek kerja kriminologi masih terbuka lebar antara lain:

1. Tenaga Pendidik

Salah satu prospek kerja untuk lulusan kriminologi adalah dosen atau tenaga pendidik. Tentu Kamu dituntut memiliki wawasan luas agar bisa mengajar mahasiswa di jurusan yang sama. Gaji seorang dosen bisa mencapai jutaan rupiah belum termasuk tunjangan dan insentif.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kriminologi Untuk Jenjang S1

2. Lembaga Kepolisian

Kamu bisa bergabung dengan institusi POLRI di Indonesia sebagai penyidik untuk berbagai kasus kriminal. Gaji penyidik POLRI berkisar 4 juta keatas dan dikabarkan akan mengalami kenaikan setara penyidik KPK.

3. KPK

Prospek kerja kriminologi juga bisa masuk dalam jajaran KPK sebagai penyidik kasus korupsi. Menjadi seorang penyidik KPK akan memiliki kisaran gaji lebih besar yakni sekitar 20-25 juta per bulan.

4. Kejaksaan

Kamu bisa menjadi salah satu staf di kejaksaan dengan status pegawai negeri. Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 15 tahun 2008, gaji jaksa mulai 2-4 jutaan dengan tunjangan paling rendah untuk kelas satu berkisar 1,5 juta sedangkan kelas 18 tertinggi sebesar 25 jutaan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kriminologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

5. Departemen Kehakiman

Menjadi orang yang bekerja di Departemen Kehakiman bisa menjadi pilihan karir buat anak lulusan Kriminologi. Kamu bisa mendapatkan bayaran berkisar 2-4 juta dengan berbagai tunjangan atau insentif.

6. Departemen Pertahanan

Kamu bisa mengabdikan diri kepada negara dengan bekerja di Departemen Pertahanan. Tak hanya menawarkan gaji yang besar, orang yang bekerja di Departemen Pertahanan memiliki jiwa dan semangat tinggi untuk menjaga keutuhan dan kesatuan negara Indonesia tercinta.

7. Analisis Atau Pengamat

Menjadi seorang analisis atau pengamat yang memiliki prospek karir cemerlang. Siapa tahu Kamu bisa menjadi seorang grafologi atau ahli ilmu analisa tangan yang bisa mengetahui bukti atau penyebab sebuah kasus kejahatan. Keren, bukan?

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kriminologi Untuk Jenjang S1

8. Jurnalis

Menjadi seorang lulusan Kriminologi menuntut Kamu memiliki kemampuan berpikir kritis, menemukan dan evaluasi bukti, membuat argumen, analisa dan laporan yang sistematis. Kamu bisa bekerja sebagai seorang jurnalis media dengan bayaran jutaan per bulan.

9. Badan Intelijen Negara

Kamu juga bisa menjadi seorang anggota BIN atau Badan Intelijen Negara yang memiliki gaji hingga puluhan juta. Meski iming-iming gaji cukup besar, risiko menjadi seorang pegawai BIN tak kalah besar lho! Syarat yang harus dipenuhi juga banyak mulai intelek, cerdas, bisa menjaga rahasia dan siap mati kapan saja. Siapa tahu Kamu bakal mendapatkan tugas sebagai mata-mata!

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kriminologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

10. Penyuluh

Kamu juga bisa menjadi penyuluh dari Lembaga Pelayanan Masyarakat untuk memberikan edukasi pada masyarakat itu sendiri. Tentu Kamu wajib memiliki kepandaian berkomunikasi dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan.

10 prospek kerja Kriminologi di atas bisa menjadi referensi untuk Kamu yang masih bingung menentukan jurusan kuliah. Yuk, pilih masa depan dirimu sendiri mulai sekarang!