Mata Kuliah Kriminologi

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kriminologi Untuk Jenjang S1

Kriminologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari penyebab-penyebab kejahatan terjadi dari berbagai aspek atau sisi. Penyebab kejahatan ini dipelajari juga melalui perilaku menyimpang di masyarakat. Maka dari itu, Kamu perlu juga mempelajari perilaku manusia untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang terjadi. Media pembelajarannya dapat Kamu pelajari melalui mata kuliah kriminologi yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Metode Pengkajian Sosial

Dalam mata kuliah ini Kamu akan belajar mengenai cara sistematis dalam mengkaji fenomena sosial. Karena fenomena sosial yang dijelaskan secara ilmiah baru bisa dikatakan sebagai penelitian sosial.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kriminologi Untuk Jenjang S1

2. Sosiologi Perilaku Menyimpang

Di atas telah disinggung bahwa jurusan ini mempelajari penyebab perilaku menyimpang masyarakat. Perilaku menyimpang itu dipelajari melalui mata kuliah Sosiologi Perilaku Menyimpang.

3. Sistem Peradilan Pidana

Mata kuliah ini akan membekali Kamu terkait sistem pengendalian kejahatan yang terdiri dari lembaga-lembaga kepolisian, kejaksaan, pengadilan, dan pemasyarakatan terpidana.

4. Strategi Pencegahan Kejahatan

Pencegahan kejahatan merupakan proses antisipasi, identifikasi, dan estimasi resiko akan terjadinya kejahatan dan melakukan inisiasi tindak kejahatan. Proses pencegahan ini akan Kamu pelajari pada mata kuliah strategi pencegahan kejahatan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kriminologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

5. Kejahatan Kerah Putih

Mata kuliah kriminologi yang satu ini membahas tentang tindak kejahatan yang dilakukan seseorang yang bekerja di sektor pemerintahan atau swasta. Orang ini memiliki posisi dan wewenang untuk mempengaruhi suatu kebijakan.

6. Etnografi Kejahatan Di Indonesia

Di dalam mata kuliah Etnografi Kejahatan di Indonesia (EKI), Kamu akan mempelajari berbagai tindakan kejahatan yang dipengaruhi aspek-aspek budaya di lingkungan sekitarnya. Jadi, Kamu akan belajar budaya secara sekaligus pada mata kuliah Etnografi Kejahatan ini.

7. Hak Asasi Manusia

Di dalam mata kuliah ini Kamu akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan hak asasi manusia. Karena di lapangan banyak studi kasus yang berkaitan dengan tindak kejahatan yang bias HAM.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kriminologi Dan Gajinya

8. Wanita, Kejahatan, Dan Keadilan

Mata kuliah ini akan memberikan gambaran tentang keadaan hukum dan perempuan di Indonesia. Kemudian Kamu berkesempatan memperjuangkan kejahatan kekerasan terhadap perempuan.

9. Kenakalan Remaja

Tindak kejahatan tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Maka jurusan kriminologi ini menawarkan mata kuliah kenakalan remaja. Mata kuliah ini sekaligus membantu atau membimbing anak-anak yang terjerat hukum pidana.

10. Teori Penologi

Mata kuliah ini memberikan Kamu bekal tentang masalah penghukuman atau pemindahan sistem atau bagaimana cara memperlakukan orang yang sedang menjalani masa hukuman.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kriminologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Demikianlah 10 mata kuliah kriminologi yang akan Kamu pelajari selama di perkuliahan. Menurut testimoni beberapa mahasiswa, mata kuliah di atas sangatlah seru jika dibahas di kelas, belum lagi ketika turun ke lapangan. Hanya saja Kamu perlu berhati-hati apabila turun ke lapangan untuk menghindari beberapa kemungkinan yang terjadi.
Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Kamu yang masih bingung mengenai mata kuliah kriminologi ya!