Syarat Masuk S2 Teknik Informatika

Image: canva.com

Syarat Masuk S2 Teknik Informatika Yang Perlu Dipersiapkan Di Awal

Apakah Kamu tertarik melanjutkan ke jenjang S2 Teknik Informatika? Jika iya, Kamu perlu mencari tahu syarat masuk S2 Teknik Informatika. Dengan mengetahui syarat-syarat yang dibutuhkan, akan memudahkan jalan Kamu agar diterima di jurusan ini. Secara umum, berikut adalah syarat-syarat yang dibutuhkan untuk masuk S2 Teknik Informatika.

1. Lulus Dan Memiliki Ijazah S1 Atau Setara

Yang pertama adalah Kamu harus sudah lulus dan memiliki ijazah jenjang S1 atau yang setara, seperti D4. Kalau Kamu belum lulus kuliah S1, Kamu harus menyelesaikan perkuliahan S1 terlebih dahulu baru boleh mendaftar untuk program magister.

Baca Juga:  4 Gelar Sarjana Teknik Informatika Di Indonesia Dan Cara Penulisannya

2. Punya Transkrip Nilai Asli

Selain ijazah, Kamu juga harus punya transkrip nilai asli. Transkrip ini digunakan sebagai bahan pertimbangan karena beberapa kampus mensyaratkan nilai minimal untuk calon mahasiswanya.

3. Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah Luar Negeri

Kalau Kamu lulusan luar negeri dan ingin melanjutkan pendidikan magister di dalam negeri, Kamu perlu memiliki surat keputusan penyetaraan ijazah luar negeri.

4. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) Tergantung Akreditasi Lulusan

Syarat masuk S2 Teknik Informatika yang berikutnya adalah nilai IPK Kamu harus memenuhi persyaratan yang diberikan oleh kampus tujuan Kamu. Selain IPK, beberapa kampus juga mensyaratkan akreditasi minimal dari prodi atau kampus Kamu sebelumnya.

Baca Juga:  10 Perbedaan Teknik Informatika Dan Teknologi Informasi

5. Tes Potensi Akademik (TPA) > 450

Kamu perlu melakukan Tes Potensi Akademik (TPA) dan mendapatkan nilai minimal 450. Kurang dari itu, Kamu bisa saja tidak lolos seleksi karena tidak memenuhi persyaratan.

6. TOEFL Atau Sejenis (Terpercaya) > 450

Tidak hanya TPA, Kamu juga perlu melakukan tes TOEFL atau sejenisnya dan mendapatkan nilai minimal 450. Tes TOEFL yang dimaksud bukanlah tes prediksi, melainkan tes yang dilakukan oleh lembaga terpercaya.

7. Rekomendasi 2 Pembimbing Akademik Saat S1 atau Atasan Kerja

Kamu akan membutuhkan surat rekomendasi sebagai syarat masuk S2 Teknik Informatika. Untuk Kamu yang belum bekerja, Kamu perlu meminta surat rekomendasi dari 2 pembimbing akademik saat S1. Jika Kamu sudah bekerja, Kamu perlu meminta surat rekomendasi dari atasan kerja.

Baca Juga:  10 Perbedaan D4 Dan S1 Teknik Informatika Yang Perlu Kamu Tau

8. Surat Keterangan Sehat

Kamu juga perlu surat keterangan sehat. Kamu bisa membuatnya di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

9. Surat Ijin Atau Tugas Belajar

Untuk Kamu yang sudah bekerja, Kamu akan membutuhkan surat izin atau surat tugas belajar. Surat ini sebagai bukti kesediaan Kamu untuk mengikuti perkuliahan secara penuh di hari kerja.

10. Rencana Penelitian Tesis (Beberapa kampus)

Beberapa kampus juga mensyaratkan rencana penelitian tesis yang akan Kamu buat. Dengan adanya syarat ini, tentu akan memudahkan Kamu dalam menyusun tesis nantinya.

Baca Juga:  10 Profesi TI Yang Tidak Wajib Bisa Koding Mungkin Cocok Buat Kamu

Nah, itulah 10 syarat masuk S2 Teknik Informatika secara umum. Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa langsung melihat syarat masuk di masing-masing universitas yang Kamu tuju. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.