Syarat Beasiswa LPDP

Image: canva.com

Syarat Beasiswa LPDP Yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Mendaftar

Pemerintah telah menyiapkan wadah untuk para mahasiswa dalam negeri yang ingin melanjutkan pendidikan mereka melalui LPDP. Tidak hanya melanjutkan jenjang S2, namun kesempatan tersebut juga bisa digunakan untuk S3. Hebatnya lagi, dari biaya pendidikan hingga makan, semua gratis ditanggung Pemerintah. Lalu untuk mengikutinya, apa saja syarat beasiswa LPDP yang harus dipenuhi? Yuk, simak uraiannya dibawah ini!

Apa Itu Beasiswa LPDP?

Mungkin, ada beberapa pelajar atau mahasiswa yang masih asing dengan kata LPDP. Lalu, apa sih LPDP itu? Jika menurut pengertiannya, LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah lembaga yang pekerjaannya diawasi tidak hanya 1 Kementerian, namun diawasi 3 Kementerian, yakni Kemenkeu, Kemendikbud, dan Kemenag.

Baca Juga:  10 Tips Menghadapi Wawancara LPDP Agar Sukses

Untuk beasiswanya sendiri, LPDP memberikan dua jenjang pembiayaan, yakni jenjang Magister untuk studi 2 tahun dan jenjang Doktor untuk masa studi 4 tahun. Lantaran seluruh biayanya gratis, yakni mulai dari biaya pendidikan, biaya hidup, hingga biaya PP Indonesia – Negara Tujuan, maka para mahasiswa yang masa studinya molor akan mendapat penalti.

Syarat Beasiswa LPDP

Untuk bisa menerima beasiswa satu ini, tentunya Kamu harus terlebih dahulu mendaftar dengan melengkapi seluruh syarat beasiswa LPDP baik untuk pendaftaran Universitas di dalam maupun di luar negeri. Dengan didukung Keputusan Menteri Keuangan Nomor 18/KMK.05/2012 tertanggal 30 Januari 2012, maka beberapa syarat umumnya adalah sebagai berikut :

Baca Juga:  Apa Itu Beasiswa LPDP? Beasiswa LPDP Adalah ...

1. Berstatus WNI

Mereka yang mendaftar LPDP hanya boleh dari warga Negara Indonesia saja, tidak diperuntukkan warga negara lainnya.

2. Menyelesaikan Jenjang Sebelumnya

Untuk mereka yang ingin mengambil S2 alias Magister, maka Kamu harus sudah menyelesaikan program studi sebelumnya yakni D4 atau S1. Sama halnya untuk mereka yang ingin masuk Doktor alias S3, maka Kamu harus sudah menyelesaikan dulu jenjang S1 dengan bukti yang sah dan diakui oleh BAN-PT atau Kemenristekdikti.

3. Tidak Sedang Menempuh Studi Lain

Studi lain yang dimaksud adalah Kamu tidak sedang menempuh degree atau non degree S2 dan S3. Hal ini berlaku baik Kamu di Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Baca Juga:  Apa Itu Beasiswa LPDP? Beasiswa LPDP Adalah ...

4. Melampirkan Surat Izin Instansi

Jika Kamu sedang bekerja di sebuah instansi, maka Kamu harus melampirkan surat izin atasan untuk seleksi LPDP.

5. Surat Keterangan Sehat

Tidak hanya surat izin, Kamu juga harus melampirkan surat keterangan sehat jasmani, bebas NAPZA, dan bebas TBC dengan masa berlaku 6 bulan dari tanggal diterbitkan surat sampai tutup pendaftaran LPDP.

6. Surat Rekomendasi

Surat ini bisa Kamu peroleh dari pimpinan kerja, tokoh masyarakat sekitar tempat tinggalmu, atau bisa juga pakar di bidangnya.

Adapun untuk syarat umum lainnya, Kamu juga harus memiliki IPK sesuai ketentuan, mampu menguasai bahasa resmi negara tujuan, memilih program studi dan negara tujuan, dan masih banyak syarat lainnya yang bisa Kamu simak seksama di website resmi LPDP lantaran setiap tahunnya persyaratan bisa berbeda. Apalagi, masih ada juga syarat khusus yang tentunya berbeda antara satu prodi dan satu negara tujuan.

Baca Juga:  10 Tips Menghadapi Wawancara LPDP Agar Sukses

Demikian ulasan kali ini tentang syarat beasiswa LPDP. Semoga ulasannya bermanfaat.