Beasiswa LPDP Adalah

Image: canva.com

Apa Itu Beasiswa LPDP? Beasiswa LPDP Adalah …

Bagi Kamu para pemburu beasiswa, Kamu pasti sering mendengar mengenai beasiswa LPDP. Namun apa itu beasiswa LPDP dan seperti apa cara mendapatkannya? Secara garis besar, beasiswa LPDP adalah singkatan dari beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Untuk lebih mengetahui mengenai LPDP, berikut sedikit penjelasan tentang beasiswa LPDP.

1. Pengertian Beasiswa LPDP

 

Beasiswa LPDP adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Beasiswa ini diberikan melalui sebuah lembaga yang berada langsung dibawah naungan 3 kementerian. Tiga kementerian tersebut diantaranya adalah kementrian Keuangan, Kementrian Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan, serta Kementrian Agama.

Baca Juga:  10 Tips Menghadapi Wawancara LPDP Agar Sukses

Beasiswa jenis LPDP ini memberimu peluang beasiswa untuk beberapa kategori, yaitu untuk jenjang magister dalam negeri dan jenjang magister luar negeri, serta untuk jenjang doktor dalam negeri dan luar negri. Untuk jenjang magister, batas waktu pendidikan yang diperbolehkan adalah 2 tahun.

Sementara waktu pendidikan maksimal untuk jenjang doktor adalah selama 4 tahun. Jika penerima beasiswa belum menyelesaikan pendidikan dalam jangka waktu maksimal tersebut, penerima beasiswa dapat dikenakan denda atau penalti.

2. Tujuan Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP diberikan kepada para calon mahasiswa-mahasiswi berprestasi di Indonesia guna mendukung tersedianya sumber daya manusia atau SDM yang berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan dan bisa memberi dampak yang baik bagi masyarakat luas serta bangsa dan negara di masa depan.

Baca Juga:  Syarat Beasiswa LPDP Yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Mendaftar

3. Pilihan Program Beasiswa

Dalam jenjang magister dan doktoral yang diberikan oleh beasiswa LPDP, Kamu bisa memilih beberapa pilihan program beasiswa. Program-program tersebut diantaranya beasiswa regular, beasiswa disertasi, beasiswa dokter spesialis, beasiswa unggulan dosen Indonesia, program co-funding, dan beasiswa afirmasi.

Beasiswa afirmasi ini juga terbagi kedalam beberapa kategori, diantaranya beasiswa daerah tertinggal, beasiswa alumni bidikmisi berprestasi, beasiswa individu berprestasi dari keluarga miskin / pra sejahtera, beasiswa santri, beasiswa penyandang disabilitas, beasiswa prestasi olahraga, seni, kebudayaan, dan keagamaan, beasiswa PNS / TNI / POLRI, serta beasiswa prestasi olimpiade bidang sains, teknologi, dan keterampilan.

Baca Juga:  Syarat Beasiswa LPDP Yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Mendaftar

4. Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP

Proses pendaftaran beasiswa LPDP dibuka sepanjang tahun dengan 4 kali proses seleksi dan Kamu bisa mendaftarkan diri Kamu secara online. Setelah melalui pendaftaran online dan dinyatakan lolos seleksi administrasi, Kamu akan melakukan sesi wawancara. Jika Kamu lolos tahap wawancara, Kamu akan melalui proses selanjutnya yaitu program kepemimpinan sebelum akhirnya masuk dalam tahap pengumuman kelulusan.

Seleksi beasiswa LPDP adalah seleksi beasiswa yang bisa diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat, salah satunya adalah telah lulus dari program sarjana atau magister dari perguruan tinggi yang terakreditasi oleh BAN-PT. Setelah mengetahui mengenai beasiswa LPDP, ini saatnya untuk Kamu meraih peluang melanjutkan pendidikan Kamu di perguruan tinggi impian melalui beasiswa LPDP. Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu ya.