Wawancara LPDP

Image: canva.com

10 Tips Menghadapi Wawancara LPDP Agar Sukses

Berkuliah dengan menggunakan beasiswa tentunya menjadi mimpi bagi setiap mahasiswa. Saat ini ada banyak peluang beasiswa yang bisa Kamu coba. Salah satu beasiswa yang selalu diminati banyak mahasiswa dan menjadi salah satu beasiswa yang cukup bergengsi adalah beasiswa LPDP. Untuk mendapatkan beasiswa ini, Kamu harus melewati beberapa tahapan, termasuk tahap wawancara LPDP.

Bagi Kamu yang sedang merencanakan untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP, berikut 10 tips yang perlu Kamu persiapkan sebelum wawancara LPDP.

1. Pelajari Universitas Tujuan

Agar pewawancara yakin akan keseriusan Kamu, pastikan Kamu telah mengenal dengan baik perguruan tinggi yang Kamu tuju. Jika Kamu memilih perguruan tinggi di luar negeri, Kamu juga harus mengenal dengan baik budaya dan segala hal yang berkaitan dengan negara tersebut.

Baca Juga:  Syarat Beasiswa LPDP Yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Mendaftar

2. Miliki Rencana Studi Yang Jelas

Kamu harus terlihat benar-benar siap untuk mendapatkan beasiswa tersebut sehingga Kamu harus benar-benar menguasai rencana studimu. Kamu harus memiliki rencana yang detail tentang apa yang akan Kamu lakukan selama studi serta apa yang akan Kamu berikan pada Indonesia setelah lulus kuliah nantinya.

3. Melakukan Simulasi Wawancara

Agar Kamu bisa lebih tenang dan tidak grogi ketika diwawancara, Kamu bisa melakukan persiapan dengan melakukan simulasi wawancara dengan teman Kamu. Lakukan simulasi wawancara ini selama beberapa kali sebelum hari wawancaramu tiba.

Baca Juga:  Apa Itu Beasiswa LPDP? Beasiswa LPDP Adalah ...

4. Menyiapkan Semua Kebutuhan

Supaya Kamu lebih siap saat melakukan proses wawancara, persiapkan dan bawalah semua dokumen yang Kamu butuhkan, seperti draft tesis penelitian dan LoA atau semua korespondensi yang telah Kamu miliki.

5. Datang Tepat Waktu

Tips selanjutnya ketika menghadapi wawancara LPDP adalah datang tepat waktu ketika hari wawancara. Usahakan Kamu datang sekitar tiga puluh menit sebelum waktu wawancara dimulai agar Kamu memiliki waktu untuk mempersiapkan diri.

6. Bersikap Sopan

Datanglah ke tempat wawancara dengan berpakaian yang rapi dan sopan. Kemudian bersikaplah sopan selama proses wawancara dan ketika Kamu berbicara dengan pihak yang mewawancara Kamu.

Baca Juga:  Syarat Beasiswa LPDP Yang Perlu Kamu Siapkan Sebelum Mendaftar

7. Menjawab Pertanyaan Dengan Jelas

Ketika memasuki proses wawancara, jawablah semua pertanyaan dengan jelas. Jangan hanya memberikan jawaban-jawaban yang normatif dan umum. Jawablah semuanya dengan pengalaman dan data yang Kamu miliki.

8. Menjaga Body Language

Menjaga body language atau bahasa tubuh juga menjadi salah satu hal penting karena akan diperhatikan oleh pihak pewawancara. Jagalah body language-mu tetap tenang dan sopan.

9. Jangan Menyela Pertanyaan

Jangan menyela pertanyaan pewawancara jika ia belum selesai berbicara. Dengarkanlah dengan baik pertanyaannya hingga selesai dan jawablah ketika Kamu diberi kesempatan berbicara.

Baca Juga:  Apa Itu Beasiswa LPDP? Beasiswa LPDP Adalah ...

10. Pertahankan Argumen

Pewawancara akan melihat seberapa besar keyakinan Kamu dari cara Kamu mempertahankan argumen. Jika Kamu memang yakin, pertahankan argumen Kamu dengan didukung data-data yang lain.

Itulah beberapa tips untuk menghadapi proses wawancara LPDP bagi Kamu yang sedang berencana mendaftar beasiswa ini.