Perkiraan Gaji Perawat

Image: canva.com

Perkiraan Gaji Perawat Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

Perawat merupakan profesi yang bekerja merawat individu, keluarga, dan komunitas dalam rangka mencapai, memelihara, dan menyembuhkan kesehatan yang optimal. Dalam hal ini perawat mengembangkan rencana asuhan, bekerja sama dengan dokter, terapis, pasien, keluarga pasien serta tim lainnya untuk meningkatkan kualitas hidup. Gaji perawat sendiri dalam satu bulan diperkirakan antara Rp. 1,5 jutaan sampai Rp. 4 jutaan.

Secara umum, tugas perawat membantu pasien dalam melakukan beberapa hal diantaranya: mengantar pasien ke kamar mandi, memasang alat-alat medis, membereskan fasilitas rumah sakit yang digunakan pasien, memasang sprei, membuat laporan stok obat, dan melakukan kerja administrasi dokter visite. Selain itu, jam kerja perawat biasanya memakai sistem shift. Kadang mereka masuk pagi, besoknya siang, lalu sore, terus malam.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Perawat Sebagai Pilihan Yang Tepat

Dengan berbagai tugas yang telah disebutkan di atas, maka gaji atau pendapatan perawat yang diterima dalam satu bulan tentu disesuaikan dengan kualitas kerjanya. Dalam hal ini, gaji atau pendapatan perawat bervariasi karena ada yang menjadi PNS ada pula yang di kontrak dan terakhir yang bekerja di rumah sakit swasta. Namun, perawat tidak hanya bekerja di rumah sakit, ia bisa juga bekerja di klinik, praktek bidan, atau tempat praktek lainnya.

Gaji Perawat

Pada tahun 2016 profesi perawat mengalami kenaikan upah sebesar 100 persen. Dulu mereka hanya mendapat upah Rp. 600.000 per bulan, tahun selanjutnya upah tenaga kesehatan naik menjadi satu juta. Berbarengan dengan perawat, upah kader posyandu juga naik menjadi Rp. 75.000 yang asalnya Rp. 50.000. Pendapatan tersebut merupakan upah yang didapatkan perawat swasta.

Baca Juga:  10 Tugas Perawat Dan Wewenangnya Yang Perlu Kamu Tau

Adapun upah yang didapat perawat PNS dalam satu bulan tergantung dengan sistem golongan dan masa kerja. Untuk golongan I Kamu akan mendapatkan upah sebesar Rp. 1.486.000, golongan II Rp. 1.936.000, golongan III Rp. 2.456.700, dan golongan IV Rp. 2.899.900. Daftar upah ini akan Kamu terima pada masa awal kerja atau ketika baru diangkat menjadi PNS. Untuk bulan selanjutnya Kamu bisa mendapatkan upah lebih dari itu.

Selain gaji pokok, perawat akan menerima pendapatan tambahan lainnya seperti bonus dari keluarga pasien, bonus dari dokter, dan bonus dari rumah sakit. Jadi, meski upah atau pendapatan perawat dari rumah sakit belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, Kamu tidak perlu khawatir karena masih ada bonus-bonus lainnya yang menunggu. Belum lagi perawat PNS yang mendapat berbagai tunjangan. Dengan demikian, total upah perawat dalam satu bulan bisa dikatakan cukup untuk mensejahterakan keuangan Kamu.

Baca Juga:  Apa Itu Perawat? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Perawat

Nah, demikianlah perkiraan gaji perawat atau pendapatan yang didapat dalam satu bulan. Menjadi perawat bukan semata-mata persoalan gaji, lebih dari itu perawat merupakan pekerjaan yang mulia. Yang mana ia merawat dan menjaga pasien dengan sepenuh hati. Gaji yang didapat pun dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, jadilah perawat yang profesional!