Tugas Perawat

Image: canva.com

10 Tugas Perawat Dan Wewenangnya Yang Perlu Kamu Tau

Anak IPA yang tertarik masuk jurusan medis pasti tidak asing dengan profesi perawat atau ners. Selain jurusan Kedokteran, Farmasi merupakan pilihan jurusan yang tak kalah menarik. Terbukti banyak lulusan IPA yang tertarik masuk ruang lingkup Farmasi. Buat Kamu yang mungkin ingin menjalani program Keperawatan, sebaiknya tahu tugas perawat di rumah sakit lebih dulu.

Perawat merupakan profesi yang sangat mulia sehingga Kamu bisa memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di jurusan ini. Berikut tugas utama seorang perawat di rumah sakit yang wajib Kamu pahami lebih dulu.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Perawat Sebagai Pilihan Yang Tepat

1. Menerima Pasien

Perawat wajib menerima pasien yang datang ke rumah sakit sesuai dengan prosedur dari rumah sakit.

2. Memberikan Asuhan Keperawatan Sebaik Mungkin

Tugas utama perawat adalah memberikan asuhan keperawatan pada pasien sebaik mungkin. Tidak boleh pandang bulu dalam memberikan keperawatan pada pasien yang mungkin berbeda suku, ras, latar belakang, dan lain-lain.

3. Memberikan Obat

Perawat wajib memberikan obat sesuai resep dokter termasuk takaran dan waktu pemberian yang terjadwal dengan baik.

4. Menjaga Pasien

Tugas perawat yang paling vital adalah menjaga pasien selama masa perawatan di rumah sakit, misalnya mengecek tensi, kadar gula darah, pemasangan selang oksigen, penggantian infus, dan lain-lain.

Baca Juga:  Perkiraan Gaji Perawat Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

5. Memberikan Perhatian Yang Maksimal

Tidak hanya sekadar menjaga dan memberikan obat sesuai instruksi dokter, perawat juga wajib memberikan perhatian kepada pasien. Sisi simpati kepada pasien yang tengah berusaha sembuh bisa memberikan semangat yang besar.

6. Memberikan Motivasi Sembuh

Pasien yang datang ke rumah sakit bisa mengalami tekanan atau stress akibat penyakit yang diderita. Apalagi pasien yang memiliki penyakit serius bisa mengalami masalah mental yang tidak boleh diremehkan. Perawat wajib memberikan motivasi dan semangat agar pasien memiliki tekad kuat untuk sembuh.

Baca Juga:  Apa Itu Perawat? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Perawat

7. Menetapkan Jenis Keperawatan Tergantung Kebutuhan Pasien

Pasien lansia atau anak-anak butuh jenis keperawatan yang berbeda sesuai kebutuhan masing-masing. Tugas seorang perawat adalah merawat berdasarkan tingkat ketergantungan pasien tersebut.

8. Mengumpulkan Data Dan Membuat Laporan

Perawat wajib mengumpulkan data kuantitatif yang berfungsi menyusun laporan proses perkembangan pasien.

9. Memberikan Edukasi Pada Pasien

Sudah menjadi peran dan tanggung jawab seorang perawat untuk memberikan edukasi kesehatan pasien.

10. Evaluasi

Perawat harus mengevaluasi program edukasi kesehatan pasien dan rencana tindak lanjut sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Baca Juga:  Apa Itu Perawat? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Perawat

Pendidikan Keperawatan bisa ditempuh dalam jenjang pendidikan diploma dan sarjana. Bahkan Kamu bisa melanjutkan pendidikan hingga program doktoral, lho! Kamu juga bisa memilih Pendidikan Keperawatan Spesialis sehingga mendapatkan sertifikasi perawat dengan keahlian khusus. Gaji perawat di Indonesia bervariasi tergantung kebijakan instansi, namun rata-rata pekerja mendapatkan upah jutaan rupiah per bulan sebanding dengan tugas perawat yang banyak.
Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.