Apa Itu Perawat

Image: canva.com

Apa Itu Perawat? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Perawat

Ketika Kamu berada di rumah sakit, Kamu pasti banyak bertemu para tenaga kesehatan yang berprofesi sebagai perawat. Tapi tahukah Kamu seperti apa profesi perawat dan apa saja yang menjadi tugasnya? Berikut sedikit penjelasan mengenai apa itu perawat untuk Kamu yang ingin berkarir di bidang ini.

1. Bertugas Merawat Dan Melayani Para Pasien

Para perawat adalah orang yang bertugas untuk merawat dan melayani berbagai kebutuhan para pasien yang melakukan rawat inap di rumah sakit atau di pelayanan kesehatan lainnya.

2. Harus Memiliki Latar Pendidikan Keperawatan

Baca Juga:  Perkiraan Gaji Perawat Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

Untuk menjalani profesi ini, Kamu harus menempuh pendidikan keperawatan yang memiliki beragam jenjang yang bisa Kamu pilih.

3. Memiliki Spesialisasi Tertentu

Seperti halnya dokter, perawat juga memiliki keahlian atau spesialisasi tertentu, yaitu keperawatan jiwa, keperawatan anak, keperawatan medikal bedah, keperawatan komunitas, dan keperawatan maternitas.

4. Memiliki Sertifikasi Khusus

Bukan hanya memiliki spesialisasi tertentu saja, namun para perawat juga bisa memiliki sertifikasi khusus bagi perawat yang memiliki keahlian tertentu atau disebut dengan perawat keahlian khusus. Hal ini diatur oleh persatuan perawat nasional Indonesia atau PPNI.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Perawat Sebagai Pilihan Yang Tepat

5. Bisa Membuka Praktek Mandiri

Penjelasan mengenai apa itu perawat selanjutnya adalah profesi ini bisa membuka praktek sendiri, seperti halnya dokter. Hanya saja perawat yang diperbolehkan praktek mandiri adalah perawat yang sudah memiliki STR atau surat tanda registrasi dan SIPP atau surat izin praktek perawat.

6. Bisa Bekerja Di Luar Negeri

Sebagai perawat Kamu juga bisa memiliki karir di luar negeri. Hingga saat ini saja tercatat ada 600 sekitar perawat Indonesia yang bekerja di berbagai negara.

7. Bertugas Untuk Mengumpulkan Data Kesehatan Pasien

Baca Juga:  10 Tugas Perawat Dan Wewenangnya Yang Perlu Kamu Tau

Selain bertugas merawat dan melayani kebutuhan pasien, perawat juga bertugas untuk mengumpulkan data-data terkait kesehatan pasien yang akan dibutuhkan saat dokter melakukan tindakan medis.

8. Melakukan Edukasi Terhadap Pasien

Seorang perawat juga bertanggung jawab untuk memberi edukasi terhadap pasien seputar masalah kesehatan yang dimilikinya sehingga pasien memiliki informasi kesehatan yang ia butuhkan. Oleh karena itu Kamu juga dituntut untuk berwawasan luas agar bisa mengedukasi pasien mengenai informasi kesehatan.

9. Memiliki Jenjang Karir

Profesi sebagai perawat juga memiliki jenjang karir yang terbagi dalam empat level, mulai dari level perawat klinis, perawat manajer, perawat pendidik, dan perawat peneliti.

Baca Juga:  Perkiraan Gaji Perawat Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

10. Memiliki Kemampuan Berkomunikasi Dan Bekerja Dalam Tim

Seorang perawat juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar bisa membuat pasien merasa nyaman. Ia juga harus bisa bekerja dalam tim karena perawat akan bekerja sama dengan dokter, bidan, atau tenaga kesehatan lainnya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu perawat dan seperti apa profesi perawat sebagai informasi bagi Kamu yang ingin menjalani karir di bidang ini.