Perkiraan Gaji Bidan Swasta

Image: canva.com

Perkiraan Gaji Bidan Swasta Atau Pendapatan Dalam 1 Bulan

Bidan merupakan seseorang yang telah mengikuti program pendidikan bidan yang diakui negara serta memenuhi kualifikasi untuk didaftarkan dan memiliki izin yang sah untuk melakukan praktik bidan. Bidan menjadi salah satu tenaga kesehatan yang berperan penting dalam melayani masyarakat. Profesi bidan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan tempat kerjanya, yaitu bidan PNS dan bidan swasta. Untuk bidan PNS digaji berdasarkan masa kerja dan sistem golongan, sedangkan gaji bidan swasta tergantung dengan kebijakan Rumah Sakit tempat ia bekerja.

Untuk saat ini profesi bidan sudah menjamur di berbagai wilayah di Indonesia, maka dari itu gaji bidan menjadi salah satu kasus penting dalam dunia kesehatan. Pasalnya, image bidan sudah terlanjur buruk karena biaya yang dikeluarkan saat pendidikan tidak setara dengan gaji yang didapat dalam satu bulan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Menjadi Bidan Sebagai Pilihan Yang Tepat

Meski gaji awal bekerja belum besar, setidaknya untuk masa kerja yang sudah lama harapannya mendapat gaji yang dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Akan tetapi image tersebut akan hilang dengan seketika kalau Kamu mengetahui total gaji yang diterima bidan dalam satu bulan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Gaji Bidan Swasta

Gaji bidan swasta bisa dikatakan lebih besar daripada gaji bidan PNS asalkan rumah sakit tempat ia bekerja cukup maju. Untuk gaji pokok bidan berkisar antara Rp. 3,24 juta per bulan hingga Rp. 4 jutaan per bulan. Gaji pokoknya saja sudah besar bukan?! Untuk tambahan lainnya Kamu akan mendapat bonus operasi, bonus uang makan, bonus transportasi, dan bonus-bonus lainnya.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Bidan PNS Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

Dalam hal ini, usahakan bekerja di rumah sakit swasta yang bagus dari segi sistem, pelayanan, fasilitas, dan sarana prasarana. Rumah sakit yang demikian biasanya menunjukkan rumah sakit yang bagus dengan gaji yang besar.

Untuk saat ini, sudah banyak rumah sakit swasta yang memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Akan tetapi, bisa jadi Kamu akan mendapat gaji yang lebih rendah dari gaji bidan PNS. Maka dari itu, upayakan bekerja pada rumah sakit swasta yang ternama dan terpercaya.

Adapun gaji tambahan lainnya bisa Kamu dapatkan dengan membuka praktek bidan sendiri. Kamu bisa lebih leluasa dengan keseluruhan sistemnya, dimulai dari waktu praktek sampai mendapat gaji yang lebih besar daripada kerja di rumah sakit. Akan tetapi, sejauh ini gaji bidan swasta bisa dikatakan cukup untuk mensejahterakan kehidupan keluarga bahkan hidup Kamu lebih terjamin.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Bidan PNS Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

Nah, demikianlah perkiraan gaji bidan swasta atau pendapatan yang didapat dalam satu bulan. Jika dihitung secara keseluruhan antara gaji pokok dan bonus bisa saja bidan mendapat gaji sebesar Rp. 7 – 9 juta per bulan. Namun, kembali lagi pada kemampuan Kamu sebagai bidan profesional yang cepat dan akurat dalam bekerja.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *