Alasan Memilih Menjadi Bidan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Menjadi Bidan Sebagai Pilihan Yang Tepat

Alasan memilih menjadi bidan banyak melatarbelakangi seseorang yang suka dengan dunia kesehatan dan menyukai anak-anak. Selain itu, bekerja dalam dunia kesehatan berpeluang mendapatkan salary yang besar dan tentunya dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya itu, masih banyak alasan yang memotivasi seseorang memilih menjadi bidan. Berikut alasan-alasan tersebut akan diuraikan di bawah ini.

1. Menggapai Cita-Cita

Tidak hanya anak kecil yang bercita-cita menjadi bidan ketika mereka sudah besar nanti. Buktinya banyak orang dewasa yang berkeinginan menjadi seorang bidan. Pengalaman melihat tugas bidan di klinik maupun di rumah sakit menjadi alasan mereka ingin menjadi bidan sebagai pilihan karir mereka.

2. Profesi Yang Bijaksana

Dapat dikatakan sebagai profesi yang bijaksana karena bidan telah berusaha membantu calon ibu melahirkan. Selain itu, bidan berupaya menyelamatkan ibu dan bayi dari kematian saat melahirkan. Dengan berbagai upayanya, bidan menjadi salah satu profesi yang mulia dan bijaksana. Tanpa adanya bidan, mungkin kita semua tidak akan terlahir ke dunia ini.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Bidan PNS Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

3. Profesi Yang Banyak Dibutuhkan Masyarakat

Seperti yang kita sadari, bahwa manusia modern pada masa sekarang membutuhkan bidan dalam proses melahirkan. Masyarakat tidak lagi lari ke dukun beranak untuk proses melahirkan karena kemajuan teknologi yang semakin canggih dalam dunia kesehatan.

4. Dukungan Dari Keluarga

Orang tua tentu menginginkan anaknya hidup bahagia dengan karir yang dipilihnya di masa depan. Maka tidak jarang orang tua yang menyuruh anaknya untuk menjadi bidan. Sebagian anak mungkin menuruti kemauan orang tua karena mendapatkan dukungan yang penuh dalam perjalanan karirnya.

5. Menyukai Anak Kecil

Memiliki kepribadian yang menyukai anak kecil merupakan salah satu alasan memilih menjadi bidan bagi sebagian orang. Dengan kepribadian yang demikian maka kecintaan Kamu terhadap anak kecil akan tersalurkan.

6. Membuat Naluri Keibuan Semakin Keluar

Selama bertugas menjadi bidan Kamu akan lebih sering berinteraksi dengan bayi/anak dan juga ibunya. Berada dalam lingkungan seperti itu secara tidak langsung membuat naluri keibuan Kamu semakin keluar. Bahkan Kamu akan lebih peka terhadap kebutuhan seorang ibu dan seorang anak.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Bidan Swasta Atau Pendapatan Dalam 1 Bulan

7. Menjadi Sosok Yang Lebih Dewasa, Sabar, Dan Bertanggung Jawab

Bidan memiliki tugas penting yang harus dikerjakan, dimulai dari menasehati ibu hamil, masa persalinan dan masa nifas, memimpin persalinan, dan memberikan asuhan kepada bayi yang baru lahir. Selain itu, keselamatan dan kesehatan ibu dan anak menjadi tanggung jawab bidan. Dalam hal ini, Kamu akan terlatih menjadi sosok yang lebih dewasa, sabar, dan bertanggung jawab.

8. Menjadi Sosok Yang Menghargai Pengorbanan Seorang Ibu

Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru terbaik. Sama halnya dengan pengalaman yang Kamu dapatkan saat berinteraksi dengan ibu dan anak. Melalui pengalaman tersebut naluri keibuan Kamu akan semakin peka dengan melihat pengorbanan ibu dari mulai hamil, melahirkan, menyusui, dan mendidik anak.

9. Terlihat Sebagai Sosok Yang Pintar

Seseorang yang berprofesi sebagai bidan akan banyak memberikan saran kepada calon ibu, baik dalam hal kesehatan maupun kehidupan berumah tangga. Dengan banyaknya saran yang diberikan maka Kamu akan terlihat sebagai sosok yang pintar di mata masyarakat. Dengan demikian, bidan menjadi salah satu profesi yang dihargai, dihormati, dan disegani masyarakat.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Bidan PNS Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

10. Disiplin Dan Teratur Dalam Pola Hidup Yang Sehat

Menjadi bidan layaknya bekerja sebagai seorang pengawas, karena Kamu akan menjadi sosok yang teliti dalam hal sekecil apapun. Misalnya mengingatkan seseorang agar mengatur pola hidup sehat demi kesehatan kandungan. Secara tidak disadari, pola hidup yang demikian akan membuat Kamu menjadi sosok yang disiplin dan teratur dalam pola hidup yang sehat.

Nah, demikianlah beberapa alasan memilih menjadi bidan sebagai salah satu pilihan profesi yang tepat. Menjadi seorang bidan bukan hanya berbicara soal gaji yang didapatkan, lebih dari itu Kamu akan mendapatkan pahala yang berlimpah karena telah membantu calon ibu melahirkan dengan selamat.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *