Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Jepang

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Jepang Untuk Jenjang S1

Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi sasaran anak-anak muda Indonesia dalam mencari ilmu dan karir. Sudah tercatat ratusan anak muda Indonesia yang berstatus mahasiswa di Jepang. Hal ini menandakan bahwa anak muda Indonesia juga mampu bersaing dengan milenial di negara maju. Nah, untuk menunjang percakapan sehari-hari dengan masyarakat di sana tentu Kamu harus mengerti bahasa resminya. Untuk belajar bahasa Jepang Kamu bisa kuliah jurusan Sastra Jepang. Terkait biaya kuliah Sastra Jepang Kamu gak perlu khawatir, karena uang semesterannya hanya Rp. 4,4 juta.

Jurusan Sastra Jepang

Proses belajar mahasiswa Sastra Jepang hampir sama dengan mahasiswa sastra lainnya. Prodi Sastra Jepang mengajak Kamu memahami isi, ciri artistik, estetika, serta keindahan teks atau tulisan seniman Jepang. Selain itu, Kamu akan mempelajari karya tulis baik dalam bentuk fiksi dan nonfiksi seperti novel, naskah drama, atau puisi. Tantangan mempelajari Sastra Jepang yakni memahami sebuah karya menggunakan huruf kanji. Huruf kanji sendiri termasuk salah satu huruf dengan tingkatan tersulit dalam bahasa Jepang.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Jepang Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Kenapa Kamu harus kuliah jurusan Sastra Jepang? Pertama, Sastra Jepang mengajarkan ilmu yang spesifik. Kedua, unsur-unsur budaya Jepang seperti karakter anime populer di kalangan anak muda Indonesia. Ketiga, biaya kuliah Sastra Jepang di perguruan tinggi negeri menerapkan sistem uang kuliah tunggal, sehingga Kamu bisa membayar kuliah sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga.

Beberapa mata kuliah yang akan Kamu pelajari nanti di antaranya: moji goi, sakubun, shokyu kaiwa, chukyu kaiwa, shochukyu kaiwa, chokai, shokyu nihongo, nihongo hyogen, nihongo hyogen ensu, chukyu nihongo hyogen, dan masih banyak lagi. Karakter mahasiswa yang diharapkan setelah mempelajari Sastra Jepang ini yakni dapat berpikir kritis, observer, independen, senang menganalisis, dan memiliki keterampilan komunikasi.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Jepang Dan Gajinya

Prospek Kerja Dan Biaya Kuliah Sastra Jepang

Mengingat Jepang merupakan salah satu negara maju yang terletak di Asia, maka prospek kerjanya juga cukup menjanjikan. Pekerjaan lulusan Sastra Jepang tidak hanya bisa menjadi penerjemah bahasa. Kamu juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang. Investasi Jepang di Indonesia sangat besar lho, maka dari itu kemungkinan Kamu mendapat gaji yang sangat besar juga terbuka lebar.

Gaji yang Kamu dapatkan dengan nama belakang lulusan Sastra Jepang dapat mengganti biaya kuliah Kamu dua kali lipat. Apabila biaya kuliah Sastra Jepang per semesternya Rp. 4,4 juta, maka Kamu bisa mendapatkan gaji dua kali lipat lebih besar dari bayaran semester itu.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Jepang Dan Gajinya

Mayoritas orang Jepang yang tidak bisa berbahasa Inggris membawa sumber rezeki kepada translator yang mahir berbicara bahasa Jepang. Apalagi kalau translator itu berstatus karyawan di perusahaan Jepang, uang bulanan Kamu dipastikan lebih tebal. Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu ya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *