Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Jepang

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Jepang Dan Gajinya

Sebagian besar orang memilih jurusan Sastra Jepang karena memiliki minat tinggi pada budaya Jepang. Hal ini bisa dikarenakan berbagai faktor seperti musik, anime, film atau tempat wisata menarik di Negeri Matahari Terbit tersebut. Keinginan mengenal dan memahami budaya Jepang ternyata bisa membawa masa depan cerah untuk Kamu. Ada banyak prospek kerja Sastra Jepang untuk Kamu yang memiliki motivasi tinggi mempelajari segala hal tentang Jepang. Berikut 10 profesi dengan gaji menjanjikan untuk lulusan Sastra Jepang.

1. Kantor Kedutaan Besar Jepang Di Indonesia

Kamu berpeluang besar menjadi staf pekerja di kantor kedutaan besar Jepang yang ada di Indonesia. Tentu gaji yang diberikan melebihi rata-rata gaji pekerja di Indonesia sendiri.

2. Kementerian Luar Negeri

Selain bekerja pada lembaga Jepang yang ada di Indonesia, Kamu juga memiliki prospek bekerja sebagai staf duta diplomatik Indonesia yang ada di Jepang. Kamu bisa memilih karir sebagai pekerja non PNS atau staf KBRI yang berstatus PNS. Gaji staf Kemenlu bisa mencapai 5 juta keatas per bulan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Jepang Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

3. Penerjemah

Menjadi seorang translator atau penerjemah merupakan pekerjaan yang menjanjikan dewasa ini. Kamu bisa menerjemahkan buku, makalah dan karya sastra Jepang lain ke dalam bahasa Indonesia. Gaji yang diberikan tergantung kesepakatan dan kemahiran Kamu menerjemahkan karya tersebut.

4. Penulis

Menjadi penulis bisa menjadi salah satu prospek kerja Sastra Jepang. Semua ilmu yang Kamu peroleh saat berada di bangku kuliah baik sastra, budaya, sejarah dan nilai sosial masyarakat Jepang bisa menjadi bahan utama riset Kamu sebagai penulis kekinian. Kamu bisa menulis buku atau menjadi blogger yang mengupas segala hal seputar Jepang.

5. Pemandu Wisata

Pemandu wisata untuk turis asing yang menguasai bahasa Jepang bisa menjadi kelebihan tersendiri. Kamu bisa menjadi seorang pemandu wisata khusus masyarakat Jepang yang bertandang ke Indonesia. Gaji pemandu wisata turis asing sangat besar lho!

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Jepang Untuk Jenjang S1

6. Perhotelan

Bekerja di perhotelan lokal atau internasional tentu membutuhkan seorang yang ahli bahasa asing. Kamu bakal memiliki masa depan lebih cerah jika memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain. Lulusan sastra asing sangat direkomendasikan bekerja di perhotelan berkelas.

7. Perusahaan Multinasional Jepang

Mau bekerja di perusahaan multinasional Jepang seperti ASTRA? Lulusan Sastra Jepang bisa menjadi salah satu staf administrasi di kantor lho! Kamu bisa saja mendapat kesempatan bekerja di perusahaan induk yang ada di Jepang. Gaji bekerja di Jepang yang berkisar belasan hingga puluhan juta bisa mensejahterakan hidup Kamu.

8. Tenaga Pendidik

Kamu tentu harus melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi untuk menjadi guru atau dosen bahasa Jepang. Gaji guru dan dosen bahasa Jepang sangat besar sehingga Kamu bisa membidik profesi ini. Toh, banyak lembaga pendidikan bahasa Jepang yang membutuhkan tentor bimbingan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Jepang Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

9. Ahli Bahasa Jepang

Menjadi ahli bahasa Jepang bisa menjadi pilihan karir tersendiri. Kamu bisa menjadi seorang sastrawan atau ahli bahasa, sejarah, budaya dan nilai sosial yang ada pada masyarakat Jepang.

10. Editor

Profesi menjanjikan lain yang bisa Kamu bidik adalah menjadi editor di penerbitan, radio atau televisi nasional. Kemampuan interpreter Kamu bisa menjadi nilai lebih untuk mengedit sebuah karya atau informasi yang berbau Jepang.

Menjadi lulusan Sastra Jepang bisa memiliki karir menunjang dengan gaji menarik kok. Fasih berbahasa, mampu memahami tulisan dan paham nilai serta kebudayaan Jepang tentu bisa membawa Kamu menginjakkan kaki di Negeri Sakura. Prospek kerja Sastra Jepang yang patut dimanfaatkan, bukan?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *