Alasan Memilih Jurusan Sastra Jepang

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Jepang Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Apakah Kamu seorang ‘Penggila’ anime atau komik Jepang? Nah, biasanya jika Kamu penikmat hal-hal tersebut, pasti sudah tidak asing lagi dengan huruf hiragana, katana dan lain sebagainya. Jika suka menulis demikian akan sangat disayangkan jika tidak memilih jurusan Sastra Jepang. Berikut adalah alasan memilih jurusan Sastra Jepang yang wajib Kamu ketahui.

1. Menjadi Translator Jepang

Saat kuliah di jurusan Sastra Jepang, Kamu menjadi lebih sering menggunakan bahasa Jepang saat berkomunikasi dengan teman sebaya, apalagi teman yang memiliki jurusan sama. Oleh karena itu, Kamu akan terbiasa dan sering dipanggil untuk menjadi translator saat orang lain tidak mengerti bahasa Jepang.

2. Intreprenter Jepang

Saat Kamu lulus dan bekerja di suatu perusahaan, pihak penting di dalamnya yang belum mengerti bahasa Jepang biasanya mengajak Kamu menjadi Interpreter Jepang atau melakukan presentasi menjelaskan suatu proyek yang akan di kerjakan dengan client atau partner proyek Jepang.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Jepang Untuk Jenjang S1

3. Mampu Bekerja Di Department Luar Negeri

Saat Kamu menjadi lulusan jurusan Sastra Jepang, Kamu bisa mengambil pekerjaan Department Luar Negeri. Kamu juga akan mendapat respon yang baik dari negara Jepang karena hubungan antara Jepang dan Indonesia cukup baik.

4. Menjadi Staff Kedutaan Jepang

Alasan memilih jurusan Sastra Jepang selanjutnya adalah Kamu bisa menjadi staff kedutaan Jepang dari negara sendiri, Indonesia. Dengan begini Kamu bisa menjadi mengharumkan nama Indonesia atas kinerjamu yang baik.

5. Seorang Pengajar

Sebenarnya prospek lulusan Sastra Jepang ada banyak. Selain menjadi staff atau bekerja di department luar negeri Kamu juga bisa menjadi pengajar bahasa.

6. Menjadi Penulis

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Jepang Dan Gajinya

Kamu yang memiliki ketertarikan dalam dunia literasi juga bisa loh mengkombinasikan kemahiran tulis-menulis dan berbahasa Jepang dengan menulis literatur. Kamu bisa menulis novel, jurnal atau lainnya.

7. Hobbi Yang Tersalurkan

Kesenangan sekaligus hobbi mengenai budaya Jepang yang Kamu peroleh melalui media elektronik, seperti televisi, radio hingga internet ataupun media massa, seperti buku yang dijadikan komik atau majalah Jepang, semua itu bisa Kamu perdalam bahasa dan kekhasannya melalui jurusan Sastra Jepang.

8. Memahami Artistik Dan Keaslian, Keindahan Teks Karya Sastra Jepang

Tulisan atau huruf Jepang, berbeda dengan huruf latin seperti di Indonesia. Oleh karena itu, melalui huruf Jepang, Kamu bisa melihat nilai artistik, keindahan serta makna dan arti untuk dikembangkan menjadi sastra Jepang yang berbobot.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Jepang Untuk Jenjang S1

9. Memiliki Gelar Sarjana Sastra

Gelar sarjana sastra Jepang akan Kamu miliki seusai menempuh semua SKS per semester di masa perkuliahan. Sehingga, apa yang sudah Kamu miliki seperti ahli bahasa Jepang, mampu menterjemahkannya ke bahasa Indonesia. Maka Kamu secara resmi bisa menjadi ahli bahasa Jepang dengan gelar sarjana sastra.

10. Bekerja Di Perusahaan Jepang

Selain sebagai tenaga pengajar, Kamu juga bisa mengimplementasikan bakat menjadi seorang pengusaha di perusahaan Jepang karena investasi Jepang yang dikeluarkan untuk bekerja sama dengan Indonesia cukup besar.

Nah, itu tadi adalah alasan memilih jurusan Sastra Jepang yang wajib Kamu ketahui. Memahami bahasa lokal atau bahasa resmi seperti bahasa Indonesia memang perlu, namun Kamu juga bisa memahami bahasa negara lain, seperti bahasa Jepang untuk memperluas pengetahuan.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *