Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Arab

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Arab Untuk Jenjang S1

Kamu lulusan pesantren? Ingin lanjut kuliah Sastra Arab? Nah bagi Kamu yang alumni pesantren pastinya banyak yang tidak ingin jika hafalan atau ilmu bahasa arabnya hilang, oleh karena itu Kamu bisa mengembangkan ilmu Kamu dengan lanjut kuliah di jurusan Sastra Arab. Apa aja sih yang dipelajari jika kuliah jurusan Sastra Arab? Berapa ya kira-kira biaya kuliah Sastra Arab? Jika Kamu ingin tahu yuk baca sampai habis ya!

Tidak hanya lulusan pesantren saja yang boleh kuliah di jurusan Sastra Arab, semua orang bisa mengambil jurusan Sastra Arab asalkan Kamu memenuhi syarat dan mampu kuliah Sastra Arab. Dengan mempelajari Sastra Arab Kamu akan memperluas wawasanmu tentang bahasa, seni, peradaban arab, budaya, hingga agamanya.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Arab Dan Gajinya

Jurusan Sastra Arab

Jurusan Sastra Arab banyak diminati oleh calon mahasiswa apalagi dari lulusan madrasah. Biasanya untuk tetap menjaga hafalan atau ilmu Bahasa Arab yang telah dipelajari saat di sekolah dan ingin memperdalam Bahasa Arab itu sendiri. Untuk bisa masuk di jurusan Sastra Arab biasanya terdapat tes sebelum Kamu diterima, seperti tes mengaji, tes Bahasa Arab dan yang lainnya.

Setiap universitas pasti memiliki syarat dan ketentuan masing-masing, biasanya Kamu juga akan dimintai melampirkan sertifikat-sertifikat atau prestasi apapun yang berhubungan dengan Bahasa Arab. Semakin banyak prestasi atau sertifikat tentang Bahasa Arab yang Kamu punya maka semakin besar kemungkinan Kamu diterima di jurusan tersebut.
Yang dipelajari di Jurusan Sastra Arab

Nah jika Kamu mengambil jurusan Sastra Arab ini Kamu akan mempelajari linguistik, ciri artistik, isi, estetika, serta keindahan isi teks atau tulisan. Kamu juga akan mempelajari karya tulis dalam bentuk buku, novel, puisi dan lain sebagainya dalam bahasa arab. Dengan begitu Kamu akan semakin menguasai bagaimana berbahasa Arab yang baik dan benar.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Arab Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Prospek Kerja Jurusan Sastra Arab

Bagi Kamu lulusan Sastra Arab bisa bekerja sebagai penerjemah bahasa, sebagai ahli budaya dan bahasa arab, bisa bekerja di perusahaan-perusahaan di negara timur tengah, bisa juga sebagai peneliti dan masih banyak lagi.

Biaya Kuliah Sastra Arab Untuk Jenjang S1

Untuk biaya kuliah Sastra Arab di masing-masing universitas berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing. Universitas negeri dan swasta pun memiliki ketentuan yang berbeda, biasanya biaya kuliah Sastra Arab di universitas swasta memang cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan di universitas negeri.

Biaya kuliah di Jurusan Sastra Arab sekitar 500 ribu hingga 7 juta per semesternya untuk sistem UKT golongan I hingga golongan V. Namun biayanya tetap disesuaikan dengan gaji orang tua Kamu jadi tiap mahasiswa pasti mendapatkan golongan UKT yang berbeda-beda. Tetapi Kamu jangan khawatir jika merasa keberatan dengan biaya kuliah karena sekarang banyak sekali peluang beasiswa yang bisa Kamu dapatkan seperti bidikmisi dan sebagainya.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Arab Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Demikian informasi seputar perkiraan biaya kuliah Sastra Arab yang bisa Kamu jadikan pertimbangan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! Dan Kamu bisa masuk ke jurusan dan kampus impian.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *