Mata Kuliah Sastra Arab

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Sastra Arab Untuk Jenjang S1

Para lulusan Sastra Arab pasti tahu bagaimana beratnya jurusan satu ini. Mulai dari mempelajari kitab kuning, membaca puisi, hingga bahkan belajar filsafat juga. Jadi jangan anggap jika mata kuliah Sastra Arab itu enteng. Justru, hanya orang-orang hebat saja yang bisa masuk dan lulus dari jurusan satu ini. Lalu seperti apa detail dari program studi ini? Yuk, simak ulasannya!

Sastra tidak hanya memberi angin segar kepada para penikmat ilmu non sains, namun juga membangun kehidupan tersendiri para alumninya. Selain layaknya sebuah oase, sastra juga bisa dibilang adalah wujud estetika dari sebuah ilmu itu sendiri. Tentunya, lulusannya bisa menjadi penulis, wartawan, peneliti, hingga translator. Jadi tidak perlu takut dan ragu untuk masuk program studi satu ini.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Arab Dan Gajinya

Selain itu, para mahasiswa jurusan ini juga dicap sebagai sekumpulan orang hebat. Pasalnya, mereka harus mengkaji berbagai karya sastra, menghafal kitab, hingga membuat makalah. Sebut saja Kitab Turots, Amtsilah at-Tashrifiyyah, hingga Ilmu Sosial harus dikuasai dengan sungguh-sungguh. Inilah mengapa mengambil jurusan Sastra Arab harus dipertimbangkan secara matang dan penuh persiapan. Ada beberapa mata kuliah Sastra Arab yang sudah pasti tidak akan Kamu temui di jurusan lain, yaitu:

1. Bahasa Arab

Tentunya sebagai jurusan yang mempelajari sastra dari Arab, maka bahasa Arab juga perlu dikuasai.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Arab Untuk Jenjang S1

2. Linguistik Arab

Tidak hanya fasih berbicara, mahasiswa juga harus memahami linguistiknya. Juga, mereka wajib hafal Imriti, Alfiyah, atau bahkan Nadoman Jurumiyyah.

3. Sejarah Kebudayaan Arab

Tidak hanya belajar tentang sastranya saja, mahasiswa Sastra Arab juga belajar tentang kebudayaan negara yang identik dengan padang pasir tersebut.

4. Kesusastraan Arab

Mahasiswa jurusan ini harus pandai menganalisis karya banyak sastrawan Arab, mulai dari Najib Mahfudz, Iliya Abu Madhi, hingga Nawal El-Saadawi.

5. Kajian Puisi Arab

Namanya jurusan sastra, tentu saja ada mata kuliah yang mengkaji puisi, cerpen, maupun novel berbahasa Arab, contohnya puisi Abjadiyat al-Hubb karya Nizar Qabbani.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Arab Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

6. Terjemahan Indonesia – Arab (Arab – Indonesia)

Tidak hanya pandai berbahasa, mahasiswa juga harus pandai menerjemahkan teks dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, begitu pula sebaliknya.

7. Islamologi

Mata kuliah ini mengajarkan Kamu tentang agama Islam secara keseluruhan.

8. Retorika Arab

Kamu juga akan belajar teknik orator dalam berbahasa Arab di mata kuliah ini.

9. Sejarah Asia Barat

Tidak hanya mempelajari budaya Arab, mahasiswa jurusan ini juga akan belajar tentang sejarah dari Asia Barat.

10. Qur’an Dan Hadist

Terakhir, pelajaran Islamologi akan semakin lengkap dengan adanya kajian tentang Qur’an dan Hadits.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Arab Untuk Jenjang S1

Demikian ulasan tentang mata kuliah Sastra Arab yang sudah dijelaskan diatas. Semoga menjadi sumber informasi untuk Kamu yang lagi pilih-pilih jurusan. Dan semoga sukses untuk kuliahnya nanti ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *