Alasan Memilih Jurusan Sastra Arab

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Arab Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Pernahkah Kamu kepikiran untuk masuk jurusan Sastra Arab? Mungkin tidak. Banyak yang menganggap jurusan ini kurang menarik. Padahal mereka yang bilang itu juga belum mencari tahu lebih jauh tentang jurusan Sastra Arab. Daripada bingung milih jurusan kuliah, coba cari tahu lebih jauh tentang jurusan Sastra Arab ini dan pertimbangkan 10 alasan memilih jurusan Sastra Arab berikut.

1. Bisa Jadi Diplomat

Lulusan jurusan Sastra Arab bisa berkarir menjadi diplomat. Kamu bisa mewakili Indonesia di negara-negara yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa utama mereka.

2. Jurusan Yang Santai

Jurusan Sastra Arab berada di Fakultas Ilmu Budaya. Sama dengan jurusan sastra lainnya, Sastra Arab juga adalah jurusan yang santai.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Arab Dan Gajinya

3. Tidak Banyak Saingan

Alasan memilih jurusan Sastra Arab yang ketiga adalah karena belum banyak anak SMA yang melirik Sastra Arab sebagai tujuan kuliah mereka. Kalau Kamu ingin masuk Perguruan Tinggi tanpa banyak saingan, Kamu bisa banget memilih jurusan ini.

4. Prospek Kerja Yang Menarik

Lulusan Sastra Arab bisa jadi apa? Tentu bisa jadi apapun yang Kamu mau. Tidak hanya jadi diplomat, Kamu juga bisa penulis, penerjemah, jurnalis, hingga tour guide.

5. Sering Dianggap Soleh/Solehah

Bahasa arab sering diidentikkan dengan agama Islam. Makanya tidak heran kalau mahasiswa Sastra Arab sering dianggap lebih soleh/solehah daripada mahasiswa jurusan lainnya. Padahal kenyataannya ya sama saja.

6. Juga Belajar Kajian Keislaman

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Arab Dan Gajinya

Sejarah arab juga tidak dapat dipisahkan dengan sejarah Islam. Jadi kalau Kamu masuk jurusan Sastra Arab, Kamu juga akan belajar mengenai kajian keislaman.

7. Bahasa Yang Banyak Digunakan Di Dunia

Apa bahasa yang paling banyak dipakai di dunia? Kalau ini jawabannya bahasa Inggris. Tapi tahukah Kamu, bahasa arab adalah salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia setelah bahasa Inggris, Perancis dan Mandarin.

8. Hubungan Baik Indonesia – Bangsa Arab

Alasan memilih jurusan Sastra Arab selanjutnya adalah karena Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan bangsa-bangsa Arab. Hubungan baik ini akan memberikanmu kesempatan yang mudah untuk berkarir atau melanjutkan studi di negara Timur Tengah.

9. Kesempatan Exchange

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Arab Dan Gajinya

Mempelajari bahasa asing kurang lengkap rasanya kalau Kamu tidak melakukan pertukaran pelajar. Dengan masuk ke jurusan Sastra Arab, akan terbuka pula kesempatan bagimu untuk melakukan pertukaran pelajar ke negara-negara di Timur Tengah. Kamu bisa memperdalam skill bahasa yang Kamu miliki sekaligus menambah teman di sana.

10. Banyak Kenal Lulusan Pesantren

Tidak sedikit mahasiswa jurusan Sastra Arab yang merupakan alumni dari pondok pesantren. Wah, bisa banget nih kuliah sambil cari menantu idaman orang tua.

Itulah 10 alasan memilih jurusan Sastra Arab. Meskipun masih memiliki hubungan dengan agama Islam, tapi bukan hanya yang beragama Islam yang boleh masuk jurusan ini. Siapapun boleh masuk jurusan dan belajar tentang Sastra Arab.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *