Perkiraan Biaya Kuliah Matematika

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Matematika Untuk Jenjang S1

Jurusan Matematika diselenggarakan perguruan tinggi untuk mendukung disiplin ilmu lainnya dalam perkembangan teknologi. Selama kuliah Kamu akan dibekali pelajaran aljabar, geometri, dan analisis Matematika. Selain itu, Kamu juga akan memperoleh ilmu lainnya yang masih berhubungan dengan perhitungan yakni statistika, komputasi, aktuaria, dan riset operasi. Meski banyak mempelajari berbagai ilmu, perkiraan biaya kuliah Matematika pada beberapa perguruan tinggi tetap sama, berkisar antara Rp. 8 juta per semester.

Jurusan Matematika pasti terdengar familiar di telinga kita, tapi peminat jurusan ini masih kurang, khususnya di Indonesia. Mungkin karena prospek karirnya yang masih terbatas serta mata kuliahnya dianggap rumit. Padahal, prospek kerja lulusan Matematika di luar negeri sangat dibutuhkan, mungkin di Indonesia lapangan pekerjaannya belum memadai. Meskipun identik dengan rumus dan menghitung, tidak semua mata kuliah yang dipelajari dipenuhi dengan angka dan rumus.

Baca Juga:  10 Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika Yang Bisa Kamu Pilih

Biaya Pendidikan Jurusan Matematika

Merujuk dari salah satu universitas terkenal di Indonesia, biaya pendidikan S1 Reguler jurusan Matematika dibayarkan sesuai dengan kemampuan penanggung biaya, mungkin kita semua lebih mengenalnya dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT) atau Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B). BOP-B ini dibayarkan dengan kisaran Rp. 100 ribu hingga Rp. 7,5 juta.

Biaya pendidikan perguruan tinggi negeri tahun saat ini telah menetapkan satuan biaya pendidikan yang sudah ditetapkan pihak prodi tanpa dikenakan biaya per SKS. Maka, untuk perkiraan biaya kuliah Matematika jenjang S1 paralel jurusan Matematika ini sifatnya tetap, karena biaya paralel juga menggunakan sistem UKT. Besaran BOP-B yang dibayarkan per semester ialah Rp. 8 juta dan uang pangkal Rp. 5 juta.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Matematika Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Prospek Kerja Jurusan Matematika

Dunia digital seperti sekarang ini sebenarnya sangat membutuhkan lulusan Matematika dalam urusan algoritma mesin. Sebut saja media sosial yang sering kita gunakan sehari-hari diciptakan dengan algoritma yang dipelajari jurusan Matematika. Namun, memang tetap harus berkolaborasi juga dengan jurusan lain seperti Teknik Sistem Informasi, IT, dan jurusan yang berkaitan dengan komputasi.

Selain itu, peluang kerja untuk jurusan Matematika sangatlah luas, mulai dari dunia pendidikan sebagai pengajar, di korporat sebagai analis, ahli statistika, ahli keuangan, ahli astronom, dan aktuaris. Ini hanyalah bagian dari pekerjaan kantoran yang menjadi prospek kerja jurusan Matematika. Pekerjaan non-formal lainnya sangatlah banyak, seperti Sosial Media Analis yang sekarang ini posisinya sangat vital untuk menaikkan produk perusahaan.

Baca Juga:  Perbedaan Jurusan Pendidikan Matematika Dan Matematika Murni

Nah, demikianlah perkiraan biaya kuliah Matematika untuk jenjang S1 beserta prospek kerjanya yang mungkin bermanfaat bagi Kamu yang kini sedang memilih jurusan kuliah. Jurusan Matematika cocok banget buat Kamu yang memang menyukai dunia menghitung dan cara analisis yang cepat. Semoga informasi di atas bermanfaat buat Kamu ya yang masih galau mau kuliah apa.