Peluang Atau Prospek Kerja Matematika

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Matematika Dan Gajinya

Ilmu Matematika menjadi salah satu pelajaran paling favorit dikalangan anak pecinta perhitungan. Namun, sebagian besar siswa lain sering menganggap ilmu perhitungan ini sulit sebab menggunakan rumus yang rumit. Padahal, Matematika merupakan ilmu yang banyak diterapkan dalam kehidupan harian. Prospek kerja Matematika sangat terbuka lebar untuk Kamu yang memilih jurusan FMIPA ini.

1. Tenaga Pengajar Matematika

Kalau memilih cabang Matematika, Kamu bisa memutuskan untuk menjadi seorang tenaga pengajar. Tenaga pengajar baik guru atau dosen yang telah mendapatkan sertifikasi akan mendapatkan bayaran memuaskan lho!

2. Ahli Statistika

Kalau Kamu ingin menjadi pegawai statistika, Kamu juga dituntut memiliki kemampuan menghitung yang baik. Matematika menjadi dasar dalam perhitungan data statistika. Jurusan Matematika akan membentuk karakter teliti, cermat dan tepat sehingga Kamu bisa menjadi ahli statistka.

Baca Juga :  Suka Matematika Masuk Jurusan Apa? Berikut Ada 10 Pilihan Jurusannya

3. Aktuaris

Prospek kerja Matematika adalah menjadi aktuaris yang bekerja di perusahaan asuransi dan investasi. Kamu berpotensi mengaplikasikan ilmu keuangan dengan statistika untuk menyelesaikan persoalan bisnis aktual. Gaji aktuaris bisa mencapai angka fantastis lho! Di negara maju saja, perkiraan gaji aktuaris setahun mencapai US $ 110.560 atau seitar 1,4 milyar.

4. Peneliti

Kalau Kamu memang sangat mencintai ilmu Matematika, bisa memilih karir sebagai peneliti. Siapa tahu Kamu bakal menemukan terobosan teori baru yang bisa memberikan perkembangan ilmu pengetahuan lebih mutakhir.

5. Akuntan

Jurusan Matematika bisa membawa prospek karir mentereng sebagai seorang akuntan. Tentu Kamu yang mencintai dunia penghitungan bakal lebih mudah mempelajari akuntansi. Kamu bisa menerapkan ilmu akuntansi lebih mudah. Gaji seorang akuntan di Indonesia sendiri bisa mencapai angka jutaan hingga belasan juta rupiah per bulan.

Baca Juga :  10 Cara Agar Pelajaran Matematika Jadi Mudah dan Menyenangkan

6. Ekonom

Kamu juga memiliki kesempatan menjadi seorang Ekonom atau orang yang bertugas melakukan penelitian, menyusun laporan dan membuat perencanaan terkait masalah ekonomi di divisi perusahaan khususnya produksi dan distribusi barang.

7. Insinyur

Jurusan Matematika bisa membawa karir yang mapan untuk Kamu yang ingin menjadi insinyur. Matematika dasar merupakan ilmu yang wajib Kamu kuasai kalau bercita-cita menjadi ahli mekanik, ahli teknik dan lain-lain.

8. Perbankan

Lulusan Matematika juga berpeluang bekerja di perbankan baik menjadi teller hingga bagian keuangan. Gaji seorang pegawai bank jelas lebih tinggi di atas UMR dan memiliki berbagai tunjangan menarik.

9. Ahli Matematika

Orang yang ahli Matematika memiliki kesempatan untuk meniti karir lebih cemerlang baik menjadi pegawai, konsultan dan lain-lain. Kamu berkesempatan bekerja di berbagai bidang baik sains atau manajemen.

Baca Juga :  10 Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika Yang Bisa Kamu Pilih

10. Wirausaha

Kamu memiliki metode perhitungan Matematika yang baik sehingga bisa memulai langkah menjadi seorang wirausaha lebih matang. Berbagai hal terkait penghitungan modal dan lain-lain bisa Kamu analisa dengan lebih baik. Siapa tahu Kamu bakal mendapatkan omset lebih fantastis dibanding berkarir sebagai profesional.

Dari 10 prospek kerja Matematika di atas, mana yang bakal Kamu pilih? Yuk, tentukan jurusan yang akan membawa masa depanmu mulai sekarang!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *