Jurusan Yang Berhubungan Dengan Matematika

Image: canva.com

10 Jurusan Yang Berhubungan Dengan Matematika Sebagai Referensi

Matematika adalah ilmu yang erat kaitannya dengan angka dan sistem hitungan. Meski identik dengan sesuatu yang rumit dan seringkali dihindari, namun tidak sedikit juga orang-orang yang menyukai bidang ilmu ini. Di perguruan tinggi, ada banyak jurusan yang berkaitan dengan ilmu matematika yang bisa Kamu pilih. Berikut 10 jurusan yang berhubungan dengan matematika yang bisa dipilih bagi Kamu yang menyukai ilmu matematika.

1. Matematika

Di jurusan matematika Kamu akan mempelajari mengenai ilmu matematika murni namun akan dibahas secara mendalam. Kamu akan mempelajari hal-hal seperti aljabar, geometri, atau matematika diskrit.

Baca Juga:  Suka Matematika Masuk Jurusan Apa? Berikut Ada 10 Pilihan Jurusannya

2. Statistika

Ilmu statistika merupakan ilmu turunan dan cabang dari ilmu matematika. Pada jurusan statistika, Kamu akan lebih fokus terhadap materi-materi yang berhubungan dengan data serta cara pengolahannya. Kamu akan mempelajari teknik pengumpulan hingga pengolahan dan penyajian data tersebut.

3. Pendidikan Matematika

Sama halnya dengan jurusan matematika, pada jurusan pendidikan matematika Kamu akan mempelajari ilmu-ilmu mengenai bidang matematika. Bedanya, jurusan ini lebih berfokus pada metode pengajaran matematika tersebut. Jurusan ini cocok bagi Kamu yang ingin menjadi guru matematika.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Matematika Untuk Jenjang S1

4. Ekonomi

Pada jurusan ekonomi, Kamu akan mempelajari mengenai sistem perekonomian secara makro yaitu perekonomian antar negara. Untuk melakukan penghitungan ini, Kamu memerlukan ilmu aljabar yang merupakan ilmu matematika.

5. Akuntansi

Jurusan yang berhubungan dengan matematika selanjutnya adalah akuntansi. Dalam jurusan akuntansi, Kamu akan banyak mendapat materi hitungan yang dimanfaatkan untuk mengelola sebuah sistem keuangan.

6. Matematika Bisnis

Sesuai dengan namanya, pada jurusan matematika bisnis Kamu akan mempelajari ilmu-ilmu matematika yang diterapkan dalam berbagai persoalan bisnis. Kamu akan mendapatkan materi untuk menganalisis, mengidentifikasi, serta memprediksi berbagai persoalan bisnis dengan perhitungan matematis.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Matematika Dan Gajinya

7. Manajemen Logistik

Pada jurusan manajemen logistik, Kamu akan mempelajari ilmu matematika untuk melakukan perhitungan ongkos dan untung rugi dalam sistem bisnis logistik. Kamu juga akan melakukan pengendalian dan pengawasan uang dan barang yang berkaitan dengan logistik tersebut.

8. Teknik Informatika

Meski lebih identik dengan ilmu komputer, namun pada jurusan teknik informatika Kamu juga harus menguasai ilmu matematika. Berbagai bahasa pemrograman dan mata kuliah lain di jurusan ini tetap menggunakan metode berhitung dengan ilmu matematika.

9. Manajemen Perbankan

Dalam jurusan manajemen perbankan, Kamu akan fokus mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan dunia perbankan yang erat kaitannya dengan penghitungan uang, sehingga Kamu juga harus menguasai ilmu matematika.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Matematika Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

10. Perpajakan

Berbagai kegiatan di dunia perpajakan merupakan kegiatan berupa penghitungan dan pengelolaan uang. Maka, di jurusan perpajakan, Kamu juga akan sering mempelajari ilmu hitungan dan matematika.

Itulah 10 jurusan yang berhubungan dengan matematika yang bisa dipilih bagi Kamu yang menyukai ilmu matematika. Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.