Biaya Hidup Mahasiswa Di Manado

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Manado Dalam 1 Bulan

Bagi orang luar Pulau Sulawesi, misalnya Jakarta, yang ingin pindah ke Manado, mungkin banyak diantara kalian yang mendengar kabar bahwa gaya hidup orang Manado sangat mewah. Sebenarnya kabar ini tidak benar adanya. Pasalnya, gaya hidup adalah pilihan seseorang dan tidak ada kaitannya dengan suatu daerah. Nah, bagi kalian para mahasiswa yang akan disana, berikut adalah perkiraan biaya hidup mahasiswa di Manado. Check it out!

Mengenal Sekilas Tentang Kota Manado

Dilansir dari berbagai sumber, disebutkan bahwa Manado ada di daftar beberapa kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Jika kalian berkunjung kesana, mungkin kalian juga bisa melihat tentang Jalan Boulevard dimana dari ujung jalan hingga ujung satunya terdapat banyak mall-mall besar. Sebut saja Bahu Mall, Manado Town Square, hingga Mega Mall dan ruko-ruko besar yang banyak berjejer di sisi kanan dan kiri jalannya.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Hidup Di Manado Untuk Keluarga Atau Kerja Sebulan

Meskipun tidak begitu luas, Manado memang dikenal memiliki potensi besar yang tentunya diharapkan banyak orang yang merantau kesana, terutama mahasiswa. Tidak hanya menjadi salah satu kota besar di Indonesia, Manado juga lekat dengan pesona wisata bawah lautnya yang sangat indah. Contohnya saja Pulau Bunaken.

Biaya Hidup Mahasiswa Di Manado

Setelah sekilas membahas tentang Manado, Anda mungkin ingin tahu tentang biaya hidup mahasiswa di Manado. Dikenal dengan kota yang konsumtif, maka tidak heran jika banyak mahasiswa merasa was-was dan takut dengan biaya hidup selama menempuh pendidikan di sana. Lalu, berapa kira-kira biaya hidup mahasiswa disana?

Baca Juga:  10 Keuntungan Tinggal Di Manado Jika Kamu Ingin Menetap Disana

1. Biaya Tempat Tinggal

Untuk biaya tempat tinggal, Kamu butuh dana minimal sekitar Rp 500.000 untuk bisa menyewa tempat kos dengan fasilitas standar. Isiannya kebanyakan berupa tempat tidur, lemari, dan meja. jika ingin kos dengan fasilitas yang super nyaman, misalnya saja kamar mandi dalam dan AC, maka Kamu harus merogoh kocek sebesar 1 juta rupiah setiap bulannya.

Kamu yang ingin dapat kos murah juga bisa. Caranya ada dua, yakni Kamu kos di daerah yang agak pinggiran atau mengambil kos kamar kosongan. Biayanya mungkin hanya sekitar 300 ribuan saja. Namun tentu, fasilitas yang Kamu dapatkan hanya kamar tanpa isian apa-apa.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Manado Bagi Yang Masih Bimbang

2. Biaya Makan

Untuk biaya makan, Kamu juga bisa membuat budget yang tidak mengempeskan kantong. Pasalnya, sekali makan bisa Kamu nikmati hanya dengan uang sebesar Rp 10.000,- saja. Makanannya pun cukup beraneka ragam, sama seperti di Jakarta. Nah, agar lebih hemat, Kamu juga bisa berbelanja sendiri di pasar dan mengolahnya.

3. Biaya Transportasi

Untuk biaya transport, Kamu bisa sedikit bernafas lega. Pasalnya, angkot disana cukup murah, yakni hanya sekitar Rp 2.000,- saja untuk sekali naik. Hal ini semakin dipermudah lantaran Manado bukan kota yang sangat luas. Jadi untuk menuju satu tempat ke tempat lain, Kamu tidak akan mengeluarkan banyak biaya.

Baca Juga:  10 Keuntungan Tinggal Di Manado Jika Kamu Ingin Menetap Disana

Demikian ulasan tentang biaya hidup mahasiswa di Manado. Semoga ulasannya bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *