Biaya Hidup Di Manado

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Hidup Di Manado Untuk Keluarga Atau Kerja Sebulan

Sesuai dengan rencana kerja pemerintah saat ini, pembangunan memang lebih dipusatkan di daerah luar Jawa, salah satunya di Kawasan Indonesia Timur. Hal ini tentunya berguna untuk mengatasi ketimpangan ekonomi, yakni salah satunya untuk mengatur tingginya biaya hidup di luar Jawa. Nah kebetulan, berikut ini ada ulasan tentang perkiraan biaya hidup di Manado dalam 1 bulan. Yuk, ayo kita simak!

Kehidupan di Manado

Manado yang berada di Sulawesi tentu saja masih termasuk dalam Kawasan Indonesia Timur. Di kawasan dimana infrastrukturnya tidak secanggih Jakarta ini, masalah ekonomi rupanya juga menjerat masyarakatnya. Mereka tidak hanya butuh banyak fasilitas publik, namun juga butuh biaya hidup yang tidak sedikit.

Baca Juga:  10 Keuntungan Tinggal Di Manado Jika Kamu Ingin Menetap Disana

Menurut Survey yang dilakukan oleh MARS dengan sampel Manado, Makassar, Ambon dan Jayapura, kawasan Indonesia Timur masuk dalam kawasan dimana biaya untuk non makanannya lebih tinggi dari biaya makanan. Disebutkan, pengeluaran non makan di Manado mencapai 2,20 juta per bulannya sedangkan makanan mencapai 1,32 juta rupiah. Inilah mengapa perkiraan biaya hidup di Manado juga dirasa sangat mahal.

Besarnya biaya hidup ini menurut survey dari MARS disebabkan karena pengeluaran non makan mereka terdiri dari fasilitas rumah tangga, sebut saja listrik, air, hingga biaya pemeliharaan. Tingginya biaya ini tentu saja berpengaruh pada besaran pengeluaran bulanan masyarakat setempat.

Tidak hanya untuk non makan saja, pengeluaran makan pun juga menempati porsi yang besar. Makan ini biasanya terdiri dari keluarga, anggota keluarga di luar keluarga inti, hingga asisten rumah tangga. Belum lagi ditambah biaya-biaya lainnya.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Manado Bagi Yang Masih Bimbang

Perkiraan Biaya Hidup di Manado untuk Keluarga

Jika kamu di Manado untuk hidup dengan keluarga, maka kamu harus tahu berapa besaran biaya hidup yang kamu perlukan untuk hidup disana. Untuk biaya tempat tinggal misalnya, di Manado jika kamu ingin membeli rumah, maka kamu harus menyiapkan dana ratusan juta rupiah. Untuk sekedar sewa pun, kamu juga perlu merogoh kocek lebih dalam. Setidaknya, rumah dan hunian sewa bisa menjadi pilihan untuk kamu kala disana.

Adapun untuk biaya makanan, harga bahan baku disana pun juga lebih mahal dari harga bahan makanan di Pulau Jawa. Hal ini sangat wajar mengingat diperlukan distribusi lewat udara dan laut jika ingin sampai disana. Nah, maka kamu juga perlu menyiapkan dana ekstra untuk makanan saja, terlebih tidak ada yang murah disana.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Manado Dalam 1 Bulan

Untuk biaya transportasi, harga BBM di Manado juga lebih mahal dari BBM di Pulau Jawa. Namun tentu saja, hal ini sepadan dengan besarnya gaji yang kamu terima.

Namun tetap saja, Manado dikenal sebagai salah satu kota dengan biaya transportasinya yang cukup mahal, yakni sekitar 6% rata-rata dari pengeluaran bulanan.

Terakhir, tentang biaya lainnya, kamu juga bisa menyiapkan dana pendidikan, dana kesehatan, keperluan pesta seperti upacara adat dan Maso, dengan proporsi budget sekitar 4,5% dari pengeluaran bulanan.

Demikian ulasan tentang perkiraan biaya hidup di Manado dalam 1 bulan. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *