Biaya Hidup Di Batam

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Hidup Di Batam Untuk Keluarga Atau Kerja Sebulan

Jika berbicara mengenai biaya hidup di Batam, maka jangan selalu beranggapan jika daerah luar Jawa pasti memiliki biaya yang mahal. Sejatinya, mahal atau murah biaya hidup di Batam itu tergantung dari lifestyle saja. Lalu, perkiraan berapakah biaya hidup disana jika untuk keluarga atau pekerja selama sebulan saja? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Mengenal Sekilas Gaya Hidup Di Batam

Gaya hidup memang tergantung lifestyle orang yang menjalani. Kamu bisa menghabiskan biaya murah jika memang berhemat dan sebaliknya, Kamu bisa menghabiskan biaya mahal jika memang tidak mampu menahan diri.

Baca Juga:  10 Keuntungan Tinggal Di Batam Jika Kamu Ingin Menetap Disana

Selain dikenal sebagai kawasan surga belanja barang-barang mewah yang super murah, Batam juga dikenal sebagai pusatnya perusahaan dan juga bisnis pariwisata. Disana banyak sekali berjamur perusahaan-perusahaan yang tidak hanya berskala nasional, melainkan juga multinasional. Selain itu, banyak pula berdiri hotel-hotel besar di mana dapat dijadikan ladang rezeki untuk mereka yang ingin mengadu nasib di sana.

Tidak hanya itu saja, Batam juga dikenal dengan keindahan wisatanya. Banyak turis asing yang masuk ke Indonesia melalui Batam dan singgah di sana sebentar untuk menikmati pemandangan kota. Batam memang kecil, namun sejuta cahayanya mampu mengalihkan pandangan siapapun yang menyaksikannya. Maka jangan heran jika Kamu ke Batam dan ingin kembali lagi dan lagi kesana.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Batam Dalam 1 Bulan

Perkiraan Biaya Hidup Di Batam Untuk Keluarga Atau Pekerja

Setelah membahas tentang kota Batam, sekarang mari kita membahas tentang perkiraan biaya hidup di Batam untuk ukuran keluarga atau pekerja selama satu bulan. Perkiraan yang kita pakai pun dengan tolok ukur UMK Batam yang sekitar 4 jutaan untuk satu orang. Lalu, kira-kira berapa besaran biaya hidup disana?

1. Biaya Tempat Tinggal

Untuk biaya tempat tinggal, hidup di Batam cukup aman untuk kantong pekerjamu. Pasalnya, satu kamar kos disana hanya dibanderol mulai dari 200 ribuan untuk air sumur hingga 700 ribuan untuk lingkungan perumahan. Adapun untuk sewa rumah dengan dua kamar, maka Kamu hanya akan dikenai tarif sewa sebesar 1,5 jutaan saja per bulannya.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Batam Bagi Yang Masih Bimbang

Mencari kos atau kontrakan di sana pun tidak sulit. Kamu cukup datang saja ke daerah dekat tempat kerjamu dan carilah kamar kos. Hal ini dilatarbelakangi keadaan dimana disana banyak sekali pekerja yang merantau sehingga daerah Batam pun semakin gencar membangun hunian sewaan.

2. Biaya Makan

Selain biaya tempat tinggal, Kamu juga harus memikirkan biaya untuk makan. Terhitung untuk satu keluarga inti, Kamu hanya perlu menyiapkan dana sekitar Rp 200.000,- untuk makan selama seminggu. Budget ini dapat Kamu gunakan untuk membeli ayam 2 kg, ikan, tahu dan tempe, serta buah plus sayuran untuk melengkapi gizi keluargamu.

Baca Juga:  10 Keuntungan Tinggal Di Batam Jika Kamu Ingin Menetap Disana

3. Biaya Transportasi

Terakhir, ada biaya transportasi yang bisa lebih hemat jika Kamu memiliki kendaraan pribadi. Jika ada motor misalnya, Kamu hanya perlu memikirkan uang bensin yang besarannya relatif berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Demikian ulasan mengenai perkiraan biaya hidup di Batam untuk keluarga atau pekerja selama sebulan. Semoga bermanfaat.