Biaya Hidup Mahasiswa Di Batam

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Batam Dalam 1 Bulan

Batam menduduki kota di posisi kelima dari survei yang dilakukan Badan Pusat Statistik sebagai kota dengan biaya hidup termahal. Wajar memang, Batam adalah kota pariwisata dan industrial dimana banyak sekali para pekerja yang meraup pundi-pundi emas disana. Lalu, apakah hal yang sama juga berlaku untuk mahasiswa? Yuk, simak uraian tentang biaya hidup mahasiswa di Batam selama 1 bulan!

Mengapa Batam Masuk Dalam Daftar Kota Dengan Biaya Hidup Termahal?

Batam menduduki nomor 5 dari daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Batam ada di urutan kelima dari 82 kota tersebut dan hanya selisih 4 tingkat saja dari Jakarta sebagai kota dengan biaya hidup termahal.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Hidup Di Batam Untuk Keluarga Atau Kerja Sebulan

Alasan Batam menjadi kota dengan biaya tertinggi adalah berupa faktor geografis. Hal ini contohnya saja lantaran jauh dari Jawa, maka segala logistik yang dibawa kesana juga akhirnya mengalami perubahan harga dan biaya hidup masyarakat pun semakin meningkat. Apalagi ketika supply terlambat, maka sudah pasti harga akan turut melonjak.

Tidak hanya alasan geografis saja, ada alasan lain yang mempengaruhi tingginya biaya hidup disana, yakni sikap konsumtif masyarakat Batam yang mana 95% kebutuhan mereka datang dari luar daerah. Padahal Batam adalah Kota Industri, namun harga kebutuhan disana cukup melambung tinggi dibanding daerah lainnya.

Baca Juga:  10 Keuntungan Tinggal Di Batam Jika Kamu Ingin Menetap Disana

Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Batam

Berbicara mengenai perkiraan biaya hidup mahasiswa di Batam, berikut ini kami memiliki ulasannya. Mulai dari biaya sewa tempat tinggal, biaya makan, hingga biaya transportasi dan biaya lain-lainnya akan dibahas dengan tuntas. Lalu, berapakah kisaran biaya yang harus para mahasiswa siapkan jika kuliah di Batam?

1. Biaya Tempat Tinggal

Menyinggung soal biaya tempat tinggal, disana Kamu bisa mendapat harga yang cukup murah. Inilah nilai plus dari tinggal di Batam. Disana banyak terdapat kos-kosan yang mana Kamu bisa menyewa dengan harga rata-rata sekitar 500 ribuan saja per bulannya. Fasilitasnya pun standar, seperti kasur, meja, dan lemari pakaian.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Batam Bagi Yang Masih Bimbang

2. Biaya Makan

Berbicara soal biaya makan, Batam yang sejatinya bukan daerah penghasil sembilan bahan pokok tentu harus menyiapkan dana yang lebih besar dari daerah lainnya. Pasalnya, bahan-bahan tersebut dikirim dari luar daerah dimana juga ada biaya transportasi dan lain-lainnya. Itulah mengapa biaya makan di sana cukup mahal.

3. Biaya Transportasi

Selanjutnya ada biaya transportasi. Di Batam juga sudah marak fasilitas transportasi publik sehingga kemana-mana Kamu bisa menggunakan bus, angkot, atau bahkan ojek online yang mana dikenal murah untuk tarifnya.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kuliah Di Batam Bagi Yang Masih Bimbang

Demikian ulasan tentang perkiraan biaya hidup mahasiswa di Batam seperti di atas. Informasi ini hanya sebagai informasi saja. Semoga ulasann ini bisa bermanfaat ya buat Kamu yang ada rencana mau kuliah atau tinggal di Batam.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *