Perbedaan Teknik Komputer Dan Sistem Informasi

Image: canva.com

Perbedaan Teknik Komputer Dan Sistem Informasi

Sebelum Kamu memilih jurusan kuliah yang diminati, wajib tahu mengenai garis besar ilmu yang dipelajari. Pasalnya, jurusan kuliah yang Kamu pilih bakal menentukan prospek karir masa depan nanti. Jurusan yang paling diminati masa sekarang adalah ilmu komputer. Hal ini karena dunia digital semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi kehidupan modern. Sebaiknya Kamu tahu perbedaan teknik komputer dan sistem informasi berikut ini.

Jurusan Teknik Komputer

Teknik Komputer belajar mengenai perangkat keras (hardware) atau ilmu yang akan membawa Kamu menjadi seorang perakit komputer. Tentu Kamu tidak akan langsung merakit komputer, tetapi belajar pada microcontroller dan prosesor komputer. Sesekali Kamu juga akan belajar fokus ilmu yang dipelajari anak jurusan Teknik Informatika yaitu programming dengan bahasa mesin.

Baca Juga:  4 Gelar Magister Teknik Informatika Di Indonesia Dan Cara Penulisannya

Mata kuliah yang diajarkan merupakan gabungan ilmu komputer dan teknik elektro. Kamu akan belajar mengenai listrik arus lemah yang digabungkan dengan pemrograman. Ketelitian, kecakapan dan logika merupakan syarat utama agar Kamu bisa sukses masuk ke jurusan kuliah ini. Sebaiknya Kamu memang memiliki kemampuan yang lumayan mumpuni pada ilmu dasar seperti Matematika dan Fisika.

Pokoknya untuk Kamu yang suka dengan mengotak-atik perangkat keras dibandingkan perangkat lunak, masuk saja ke jurusan Teknik Komputer. Gelar yang akan Kamu sandang setelah lulus kuliah adalah S.Kom atau S.T untuk jurusan Teknik Komputer.

Prospek karir masa depan untuk lulusan Teknik Komputer sangat terbuka lebar, misalnya bekerja sebagai PNS, pengajar, teknisi komputer, teknisi jaringan, dan lain-lain. Kamu juga bisa mempertimbangkan karir sebagai programmer freelance.

Baca Juga:  10 Skill Dasar Lulusan Teknik Informatika (Paling Minimal Banget)

Jurusan Sistem Informasi

Perbedaan Teknik Komputer dan Sistem Informasi tidak hanya pada gelar yang bakal disandang. Lulusan Sistem Informasi biasanya akan mendapatkan gelar S.SI di belakang nama mereka, tapi ada pula universitas yang memberi gelar S.Kom. Ilmu yang dipelajari merupakan ilmu komputer yang digabung dengan ekonomi manajemen dan bisnis. Jadi, kalau Kamu lebih tertarik mengenai cara mengolah data di perusahaan, sebaiknya pertimbangkan masuk jurusan Sistem Informasi.

Untuk anak yang masuk jurusan IPS di SMA dan lebih tertarik komputer, bisa masuk jurusan Sistem Informasi. Sistem Informasi akan berfungsi sebagai jembatan antara kebutuhan bisnis dan aplikasi yang sesuai kebutuhan zaman. Kamu tidak hanya merancang sebuah aplikasi, namun dituntut mampu memiliki komunikasi yang baik. Kelak semua pengolahan data yang telah Kamu kerjakan bisa disampaikan pada atasan atau klien dengan komunikasi yang baik.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Lulusan S2 Teknik Informatika (Magister)

Bagaimana cara agar sistem informasi di perusahaan bisa bekerja lebih efektif? Itulah pekerjaan utama yang akan dilakukan seorang lulusan Sistem Informasi. Di antara kedua pilihan jurusan yang berhubungan dengan komputer di atas, mana yang sesuai dengan keinginan dan passion Kamu? Perbedaan Teknik Komputer dan Sistem Informasi bisa menjadi referensi untuk Kamu yang masih bingung menentukan jurusan kuliah