Perbedaan PAUD Dan TK

Image: canva.com

Perbedaan PAUD Dan TK Yang Perlu Kamu Ketahui Nih

Beberapa orang sering salah kaprah mengenai Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD. PAUD sering disebutkan sebagai Playgroup atau Kelas Bermain untuk anak-anak yang berusia 2-5 tahun. Sedangkan TK merupakan jenjang pendidikan untuk anak-anak yang paling ideal berusia minimal 4 tahun sesuai dengan peraturan pemerintah. Sebenarnya apa perbedaan PAUD dan TK yang perlu Kamu ketahui?

Apa Itu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)?

Berdasarkan peraturan pemerintah yang tercantum dalam UU pasal 28 ayat 1 Sidiknas nomor 20/2003, PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini merupakan lembaga pendidikan yang diperuntukkan untuk anak usia 1-8 tahun. Usia dini merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan si kecil yang harus dioptimalkan secara maksimal. Oleh sebab itu, Kamu bisa mempertimbangkan memasukkan si kecil ke lembaga terkait untuk mengasah keterampilan.
Jadi, Playgroup atau KB, TK dan RA merupakan jenis lembaga pendidikan yang masuk dalam kategori PAUD ya! Perbedaan PAUD dan TK wajib Kamu ketahui agar tak salah kaprah lagi menyebut PAUD sebagai Playgroup. Berikut pengertian lembaga TK atau Taman Kanak Kanak.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Masuk TK dan Biaya SPP TK Sederajat

Apa Itu TK (Taman Kanak Kanak)?

TK atau Taman Kanak Kanak merupakan lembaga pendidikan untuk anak usia minimal 4 tahun sesuai aturan masuk TK terbaru. Usia yang direkomendasikan adalah 5-6 tahun. TK sendiri terbagi menjadi dua kelompok belajar yaitu TK A dan TK B. Jenjang pendidikan TK A dan TK B masing-masing satu tahun.

Pada tahap anak masuk ke sekolah TK, ia akan belajar mengenai cara membaca, menulis dan berhitung. Berbeda dengan lingkup pendidikan KB atau Playgroup yang lebih non formal, jenjang pendidikan TK lebih formal. Artinya guru atau staf pengajar akan memberikan materi yang dipersiapkan untuk memasuki jenjang SD atau Sekolah Dasar. Anak-anak akan belajar ilmu agama, bahasa, bernyanyi, budi pekerti, keterampilan, olahraga dan sebagainya.

Baca Juga :  Permainan Anak Yang Mendidik Dan Menyenangkan Untuk PAUD Dan TK

Jadi, keputusan memasukkan si kecil ke lembaga PAUD baik Playgroup atau TK tergantung dengan kebutuhan ya! Namun, pastikan bahwa si kecil memiliki niat dan mental yang baik untuk mengikuti sistem pembelajaran yang ada. Jika si kecil memang belum siap belajar, sebaiknya Kamu tidak memaksakan ego agar si kecil masuk ke Playgroup terlalu dini.

Dampak Memasukkan Anak Ke Sekolah Terlalu Dini

Memang benar bahwa rentang usia anak hingga 5 tahun merupakan masa perkembangan keemasan anak yang wajib dioptimalkan. Si kecil bisa saja mengalami perkembangan terbaik dan bisa mendapatkan prestasi akademik lebih bagus lagi. Tetapi, efek samping memasukkan anak ke bangku sekolah terlalu dini bisa saja terjadi jika kesiapan psikis anak tidak Kamu perhatikan.

Baca Juga :  Cara Mengajar Anak PAUD Yang Efektif Dan Menyenangkan, Ada 10 Nih!

Buah hati bisa mengalami ketakutan, stress, tekanan batin hingga menjadi pribadi yang kurang percaya diri. Ia menjadi begitu pemalu untuk bergabung bersama dengan teman-teman. Tentu hal ini berdampak buruk pada psikologis anak kedepannya. Jadi, sebaiknya Kamu mempertimbangkan betul sebelum memasukkan anak ke lembaga PAUD. Nah, perbedaan PAUD dan TK di atas bisa menambah wawasan Kamu agar tidak salah sebut lagi ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *