Pengertian Manajemen Pemasaran

Image: canva.com

Pengertian Manajemen Pemasaran, Fungsi Dan Tujuannya

Pengertian manajemen pemasaran ialah sebagai alat analisis, perencanaan, penerapan, serta pengawasan suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan pada sebuah perusahaan. Kegiatan pemasaran ini merupakan bagian dari cara perusahaan untuk mencapai target yang diharapkan secara efektif dan efisien. Selain itu, manajemen pemasaran dirancang untuk membangun dan mempertahankan pertukaran agar memberikan keuntungan kepada perusahaan. Keuntungan inilah yang kemudian menjadi tujuan utama para pebisnis.

Fungsi Manajemen Perusahaan

Manajemen pemasaran bisa dikatakan satu hal yang wajib perusahaan pelajari untuk perkembangan bisnis. Apalagi pada era globalisasi dan digitalisasi seperti sekarang ini, di mana banyak kompetitor yang berlomba-lomba memasarkan produknya. Manajemen pemasaran memiliki beberapa fungsi yang digunakan sebagai strategi perusahaan, di antaranya:

Baca Juga :  Macam-Macam Jurusan Manajemen Yang Perlu Kamu Tau

1. Fungsi Pertukaran

Fungsi pemasaran dalam manajemen bisnis terbagi ke dalam dua bagian, yaitu penjualan dan pembelian. Dalam hal pembelian, diperlukan strategi khusus agar dapat menarik konsumen untuk membeli. Sedangkan, dalam hal penjualan yakni aktivitas yang mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung. Dalam artian yang lain ialah tanpa perantara.

2. Fungsi Fisis

Fungsi fisis yakni lebih berfokus pada kegunaan waktu, lokasi, dan bentuk yang perlu dipertimbangkan dalam sebuah produk. Hal ini menjadi penting ketika produk tersebut diangkut, diproses, disimpan lagi hingga sampai pada tangan konsumen. Jika fungsi ini tidak dilakukan secara benar, maka perusahaan Kamu harus siap menerima kerugian yang cukup besar. Oleh sebab itu, perhatikan fungsi fisis ini dengan detail.

Baca Juga :  Pengertian Manajemen, Fungsi Manajemen, Dan Jenis Manajemen

3. Fungsi Penyediaan Sarana

Dalam pengertian manajemen pemasaran ada yang disebut dengan perencanaan dan pengawasan pada sebuah produk. Nah, kedua hal tersebut diperlukan pada fungsi penyediaan sarana untuk membantu proses pengumpulan, komunikasi, penyortiran yang sesuai dengan standar, serta pembiayaan. Selain itu, fungsi penyediaan sarana berkaitan dengan segala kegiatan yang mampu melancarkan operasional pemasaran.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran tidak hanya berbicara persoalan fungsi pada sebuah produk. Manajemen pemasaran juga berbicara mengenai tujuan yang secara umum dibagi ke dalam beberapa bagian yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Membangun Permintaan

Melakukan penjualan produk hanya bisa terjadi apabila ada permintaan dari konsumen. Untuk membangun permintaan ini maka Kamu membutuhkan berbagai upaya pemasaran yang menimbulkan ketertarikan dan rasa penasaran terhadap produk yang akan dijual.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Untuk Jenjang S1

2. Membangun Kepuasan Konsumen

Tujuan manajemen pemasaran tidak cukup mencapai target dengan membangun permintaan konsumen. Tujuan lain yang tidak kalah penting ialah membangun kepuasan konsumen dengan cara memahami keinginan konsumen dan mengetahui sejauh mana produk dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Nah, demikianlah pengertian manajemen pemasaran, fungsi, dan tujuannya yang wajib diketahui semua pemilik bisnis. Tujuan manajemen pemasaran yang lainnya ialah mendapatkan market share, mendapat keuntungan, mendapatkan pencitraan sesuai harapan, dan menjaga kelangsungan bisnis.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *