Pengertian Akuntansi

Image: canva.com

Pengertian Akuntansi, Fungsi Dan Tujuannya Dalam Kehidupan Manusia

Pengertian akuntansi yang diambil dari beberapa ahli ialah suatu proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi. Data transaksi ini tentu yang berkaitan dengan keuangan, misalnya dalam bisnis sebagai pelaporan keuangan perusahaan. Dengan adanya jurusan akuntansi, maka pengelola bisnis bisa lebih mudah dalam mengambil keputusan serta tujuan yang lainnya.

Fungsi Akuntansi

Pekerjaan yang dilakukan akuntan ialah membuat sistem pelaporan keuangan termasuk untung rugi perusahaan, sehingga mahasiswa akuntansi pasti dibutuhkan dalam bisnis. Akuntansi juga memiliki fungsi yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Recording Report

Merekam catatan transaksi secara sistematis merupakan fungsi utama seorang akuntan dalam perusahaan. Catatan transaksi ini juga mesti dilakukan secara kronologis untuk kemudian dikirim ke account ledger. Hasil akhirnya untuk mengetahui profit dan loss perusahaan Anda pada akhir periode akuntansi.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Akuntansi Dan Gajinya

2. Melindungi Properti Dan Aset

Mahasiswa akuntansi akan diajarkan menghitung penyusutan aset perusahaan dengan menggunakan metode yang tepat. Perlindungan aset yang salah akan mengakibatkan perusahaan Kamu bangkrut.

3. Mengkomunikasikan Hasil

Fungsi akuntan yang selanjutnya ialah mengkomunikasikan hasil transaksi kepada orang-orang yang tertarik dengan bisnis yang Kamu jalani, seperti investor, kreditor, karyawan, kantor pemerintahan, instansi, dan lain sebagainya.

4. Meeting Legal

Akuntan akan berhubungan juga dengan pengaktifan kepemilikan atau wewenang untuk mengajukan berbagai pernyataan. Misalnya pengembalian penjualan pajak, pengembalian pendapatan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan persyaratan hukum. Dalam pengertian akuntansi yang lebih luas saja, perancangan dan pengembangan sistem akuntansi berperan sangat penting.

Baca Juga :  Jurusan Akuntansi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

5. Mengklasifikan

Mengklasifikasikan data yang tercatat secara sistematis merupakan bagian dari tugas seorang akuntan. Karena pengklasifikasian akan memudahkan dalam mengelompokkan jenis transaksi.

Tujuan Akuntansi

Secara umum, tujuan akuntansi ialah melaporkan dan mengumpulkan informasi terkait keuangan hingga arus kas dalam bisnis atau perusahaan. Infomrmasi yang didapatkan nantinya dijadikan parameter dalam membuat keputusan ekonomi. Jika dijabarkan secara lebi luas, tujuan akuntansi dibagi ke dalam dua bagian yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Tujuan akuntansi secara umum sudah dipaparkan di atas, sedangkan tujuan secara khususnya ialah menerapkan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) dalam menyediakan informasi dalam bentuk laporan yang memuat posisi keuangan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Akuntansi Bagi yang Bingung Mau Kuliah Apa

2. Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

Dapat memberikan informasi yang relevan dan yang telah teruji kebenaran serta validitasnya. Kemudian informasi yang disampaikan dapat dimengerti oleh pihak-pihak yang mempunyai kepentingan serta dapat menyampaikan laporan keuangan kepada semua pihak yang berkaitan dengan perusahaan.

Nah, demikianlah pengertian akuntansi, manfaat serta tujuannya yang wajib diketahui para pemilik bisnis atau perusahaan. Bahwa posisi akuntan sangat penting dalam kemajuan sebuah perusahaan, khususnya dalam urusan laporan keuangan. Semoga informasi tentang definisi akuntansi ini bermanfaat buat Kamu ya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *