Pengertian Manajemen Bisnis

Image: canva.com

Pengertian Manajemen Bisnis, Fungsi Dan Tujuannya

Pengertian manajemen bisnis adalah suatu kegiatan yang mengajarkan perencanaan, pengelolaan, perancangan, dan pengoperasian dalam sebuah usaha atau bisnis perusahaan. Hal-hal yang direncanakan mulai dari pengaturan dalam proses pengerjaan bisnis hingga tujuan yang ingin dicapai. Bisnis yang masih merintis atau sudah besar sekalipun memerlukan manajemen bisnis agar laju sebuah perusahaan dapat memenuhi target.

Fungsi Dan Tujuan Manajemen Bisnis

Mata kuliah manajemen bisnis biasanya dipelajari oleh jurusan yang berhubungan dengan manajemen dan sistem informasi manajemen. Tujuan mempelajari manajemen bisnis tidak lain untuk mencapai target perusahaan agar dapat memenuhinya. Adapun tujuan dan fungsi manajemen bisnis dalam sebuah perusahaan yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Planning (Perencanaan)

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Manajemen Bisnis Bagi Yang Bingung Kuliah

Perencanaan dalam sebuah perusahaan dapat Kamu anggap sebagai pondasi rumah yang kuat, artinya berperan sangat penting. Manajemen berperan untuk menetapkan tujuan atau sasaran yang ingin dicapai organisasi atau perusahaan. Kemudian dibuatlah perencanaan demi mencapai tujuan tersebut.

Biasanya perencanaan disesuaikan dengan skala perusahaan itu sendiri, yang selanjutnya di breakdown lagi secara lebih detail pada masing-masing divisi. Tanpa ada perencanaan yang matang, bisnis Kamu tidak akan berjalan lancar.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Setelah melakukan perencanaan yang matang, saatnya mewujudkan target menjadi sesuatu yang nyata. Namun, agar pengorganisasian berjalan dengan lancar, maka Kamu perlu memastikan agar tugas atau kegiatan tertentu dikerjakan oleh orang yang tepat.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Manajemen Bisnis Dan Gajinya

Pengorganisasian dalam perusahaan meliputi fungsi pokok berikut: pemasaran, akuntansi, produk, administrasi, dan lain sebagainya. Masing-masing pokok bertanggung jawab kepada direktur utama. Nah, inilah fungsi dari sebuah pengorganisasian.

3. Directing (Pengarahan)

Pernahkan Kamu melihat sesi motivasi dalam sebuah rapat perusahaan?! Kegiatan pemberian motivasi inilah yang disebut dengan pengarahan. Idealnya semua anggota tim sudah mengetahui tugasnya masing-masing dalam mencapai target perusahaan.

Akan tetapi, mereka tetap membutuhkan arahan dan dorongan agar selalu bersemangat dan termotivasi untuk bekerja. Pada saat-saat seperti inilah fungsi pengarahan dalam pengertian manajemen bisnis dilakukan.

Peran yang mengambil tanggung jawab dalam proses pengarahan biasanya dilakukan oleh manajer pada masing-masing divisi. Pengarahan yang diberikan berupa influencing dan motivating. Dalam beberapa periode ada juga perusahaan yang mengundang trainer motivasi tertentu ke kantor.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Manajemen Bisnis Untuk Jenjang S1

4. Controlling (Pengendalian)

Agar semua proses manajemen berjalan sesuai dengan rencana dan target, maka perlu dilakukan fungsi pengendalian, di antaranya: menentukan standar prestasi anggota, mengukur prestasi yang dicapai, membandingkan standar dan capain prestasi, serta melakukan perbaikan apabila terjadi penyimpangan yang tidak sesuai dengan standar prestasi.

Nah, demikianlah pengertian manajemen bisnis, fungsi dan tujuannya yang seharusnya Kamu ketahui dalam dunia kerja. Khususnya bagi Kamu yang membidik pekerjaan dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan mengetahuinya, Kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin agar mendapat prestasi yang sesuai dengan harapan sekaligus membantu perusahaan mencapai targetnya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *