Pengertian Teks Eksplanasi Dan Contoh Teks Eksplanasi

Image: canva.com

Pengertian Teks Eksplanasi Dan Contoh Teks Eksplanasi

Segala kejadian yang terjadi di sekitar kita tidak terjadi begitu saja melainkan ada penyebab dan proses yang mengiringinya. Kita dapat mengetahui suatu kejadian dari informasi yang disajikan pada teks eksplanasi. Sederhananya, teks ekspalanasi ini berisi tentang mengapa dan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi. Saat ini sudah banyak contoh teks eksplanasi yang dapat Kamu temukan.

Pengertian Teks Eksplanasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, teks eksplanasi ialah teks yang di dalamnya berisi tentang penjelasan mengenai mengapa dan bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Hal ini sejalan dengan manusia yang dibekali dengan akal dan pikiran yang dapat dimanfaatkan untuk menalar suatu peristiwa sehingga ditemukanlah penyebab dari suatu kejadian.

Baca Juga :  Pengertian Peribahasa, Jenis-Jenisnya Dan Contohnya

Perlu diketahui juga setiap peristiwa yang ada memiliki hubungan sebab akibat dan selalu ada proses yang menyertainya. Ciri-ciri yang menonjol pada teks eksplanasi ini ialah adanya fakta-fakta yang disampaikan tanpa membubuhkan sedikit pun opini yang belum jelas kebenarannnya, isi teks cenderung bersifat keilmuan, sifatnya informatif dan strukturnya mengacu pada pernyataan umum, urutan sebab akibat serta interpretasi.

Contoh Teks Eksplanasi

Agar tidak kesulitan, berikut adalah contoh teks eksplanasi yang dapat Kamu jadikan referensi.

Proses Terjadinya Banjir

Pada musim penghujan seperti ini Indonesia sangat rawan terhadap banjir. Banjir seringkali terjadi karena sungai, drainase maupun danau tidak lagi mampu menampung kapasitas air sungai yang debitnya cenderung tinggi saat musim penghujan. Akibatnya, air akan meluap dan akan menggenangi lingkungan sekitar.

Terdapat dua faktor penyebab yang menimbulkan bencana banjir, pertama faktor alam dan kedua adalah faktor sosial. Faktor alam di sini ialah faktor yang disebabkan oleh alam.

Dalam hal ini ketika hujan turun terus-menerus, maka air sungai dan danau akan meluap dan menggenangi pemukiman sekitar. Sementara itu, untuk faktor sosial ini merujuk pada perilaku manusia itu sendiri. Di mana manusia memiliki kebiasaan membuang sampah secara sembarangan yang tentu saja sampah ini akan membuat aliran sungai tidak lancar sehingga menyebabkan banjir.

Dari uraian singkat di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa penyebab banjir bukan hanya faktor alam saja melainkan ada peran manusia juga di dalamnya. Mungkin selama ini kita masih sering menyalahkan hujan dan alam, padahal penyebab banjir tersebut juga merupakan ulah kita sendiri.

Oleh karena itu marilah sama-sama membangun kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya agar bencana banjir bisa dihindari.

Demikianlah salah satu contoh teks eksplanasi yang dapat Kamu jadikan referensi. Membaca teks eksplanasi memudahkan Kamu yang tengah ingin memahami suatu peristiwa beserta penyebab dari peristiwa tersebut. Di dalamnya berisi informasi yang sifatnya faktual sehingga dapat Kamu jadikan wawasan pengetahuan dan keilmuan.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *