Mata Kuliah Sastra Inggris

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Sastra Inggris Untuk Jenjang S1

Ada berbagai jurusan sastra di Universitas yang tidak hanya dari Indonesia saja. Berbagai mata kuliah yang membahas sastra dari berbagai negara dihadirkan dan menjadi jurusan-jurusan populer di kalangan anak-anak pecinta budaya. Salah satu jurusan yang sangat populer adalah Sastra Inggris. Lalu, seperti apa kira-kira mata kuliah Sastra Inggris yang diajarkan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia?

Layaknya jurusan sastra, mata kuliah Sastra Inggris juga berfokus pada kemampuan kesusastraan, kebudayaan, dan linguistik dalam bahasa Inggris. Tentunya, prodi ini berbeda dari kursus bahasa Inggris ataupun mata kuliah berbahasa Inggris lainnya. Selain itu, yang dipelajari disini adalah teks dan karya berbahasa Inggris. Jadi tidak hanya karya dari UK saja, melainkan karya dari US, Afrika, atau bahkan Jepang yang berbahasa Inggris akan dibahas.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Inggris Untuk Jenjang S1

Para lulusan jurusan ini akan dapat bekerja di banyak bidang, mulai dari penulis, sastrawan, linguist, translator, hingga interpreter. Mereka juga bisa menjadi pegawai negeri sipil, pekerja e-commerce, publishing, hingga guru. Tentunya, salary dan pengalaman yang didapat juga sangat menggiurkan. Ada beberapa mata kuliah utama dari jurusan ini, antara lain:

1. Bahasa Inggris

Sudah pasti sebagai calon lulusan sastra Inggris, Kamu perlu pandai berbahasa inggris dan juga lulus dalam tes bahasa (TOEFL / TOEIC). Tidak hanya ucapan, tapi juga harus bisa menulis, membaca, dan mendengarkan.

Baca Juga:  10 Jurusan Tanpa Mata Kuliah Bahasa Inggris Yang Bisa Kamu Pilih

2. Sejarah dan Kebudayaan Inggris

Bahasa pasti berkaitan dengan budaya dan sejarah. Untuk itu, Kamu juga perlu mempelajari sejarah dan kebudayaan dari Inggris itu sendiri.

3. Sejarah dan Kebudayaan Amerika

Tidak hanya Inggris, namun kebudayaan dan sejarah dari negara Amerika, salah satu negara koloni Inggris dulu, juga harus dipelajari.

4. Sejarah dan Kebudayaan Australia

Sama seperti Amerika, Australia yang juga dulu merupakan negara koloni Inggris juga perlu kita pelajari sejarah dan kebudayaannya.

5. Kesusastraan Inggris

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Inggris Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Tidak hanya belajar tentang budaya saja, di jurusan ini Kamu juga akan belajar mengkaji sastra dengan segala macam pertunjukan dan teorinya.

6. Linguistik Inggris

Di mata kuliah ini, Kamu akan belajar tentang fonologi, morfologi, hingga sintaksis, semantik, dan pragmatik dalam berbagai teks dan karya sastra.

7. Translate Indonesia – Inggris (Inggris – Indonesia)

Anak sastra Inggris tidak hanya wajib pandai berbahasa inggris saja, namun juga harus pandai menerjemahkan teks berbagai bidang dari Inggris ke Indonesia maupun sebaliknya.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Inggris Dan Gajinya

8. Drama Inggris

Drama-drama populer dari Inggris juga akan menjadi bahasan di jurusan ini, misalnya saja drama karya Shakespeare yang berjudul Romeo-Juliet, Hamlet, dan lain sebagainya.

9. Puisi Inggris

Selain drama, anak sastra satu ini juga wajib menganalisis puisi Inggris dari beberapa karya terkenal, misalnya saja karya Lord Byron.

10. Penulisan Kreatif

Terakhir, Kamu juga harus pandai menulis kreatif. Tentunya, dengan berbahasa Inggris.

Demikian ulasan tentang mata kuliah Sastra Inggris. Semoga bermanfaat buat Kamu yang ada angan-angan kuliah sastra inggris.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *