Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Inggris

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Inggris Dan Gajinya

Minat lulusan SMA/SMK sederajat pada jurusan sastra asing memang menunjukkan progress semakin besar. Salah satu jurusan sastra asing yang paling diminati adalah Sastra Inggris yang memiliki beberapa minat konsentrasi seperti penerjemahan, sastra dan linguistik. Minat konsentrasi tentu tergantung dengan perguruan yang hendak Kamu tuju. Secara umum, prospek kerja Sastra Inggris sangat besar antara lain:

1. Pengajar

Kamu bisa menjadi pengajar baik guru atau dosen di bidang bahasa Inggris. Gaji seorang pengajar yang telah terdaftar PNS jelas sangat besar tergantung dengan golongan. Gaji seorang guru bisa meliputi gaji pokok, tunjangan, insentif dan dana pensiun.

2. Penerjemah

Buat Kamu yang merasa tipe introvert dan lebih suka bekerja dari rumah, bisa memilih menjadi seorang penerjemah buku atau karya sastra asing. Kamu bisa bekerja secara full time atau freelance di lembaga penerjemahan atau mandiri. Fee yang dibayarkan sangat besar tergantung kesepakatan dengan klien.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Inggris Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

3. Editor

Lulusan Sastra Inggris juga memiliki kesempatan bekerja di dunia penerbitan sebagai editor. Kamu bisa mendapatkan gaji yang besar diatas UMR sesuai dengan kebijakan dari tempat bekerja.

4. Jurnalis

Menjadi seorang jurnalis yang terbang ke luar negeri untuk mewancarai sosok terkenal terdengar prestise. Kalau Kamu memiliki kemampuan tulis menulis, berkomunikasi, aktif dan suka tantangan, bisa memilih prospek kerja Sastra Inggris ini. Jurnalis bisa mendapatkan bayaran besar termasuk kesempatan mendapatkan banyak wawasan.

5. Ahli Bahasa

Menjadi ahli bahasa asing yang mendapatkan bayaran fantastis, kenapa tidak? Ya, pekerjaan ini sangat cocok untuk Kamu yang mengambil minat konsentrasi Linguistik. Tentu Kamu harus menamatkan pendidikan Sastra Inggris setinggi mungkin untuk mendapatkan gelar sebagai ahli bahasa.

Baca Juga :  10 Jurusan Tanpa Mata Kuliah Bahasa Inggris Yang Bisa Kamu Pilih

6. Pemandu Wisata

Gaji tour guide bisa mencapai angka jutaan belum termasuk tip dari para turis. Profesi ini begitu menjanjikan mengingat dunia pariwisata yang terus bergeliat. Cocok untuk Kamu yang suka tantangan, traveling dan pandai berkomunikasi.

7. Staf Diplomatik

Pekerjaan yang cocok untuk anak sastra asing adalah bekerja sebagai staf diplomatik di luar negeri. Kamu memiliki kesempatan eksplore negara lain termasuk mendapatkan jenjang karir memuaskan sebagai staf KBRI. Gaji staf KBRI baik PNS dan non PNS mencapai angka jutaan rupiah sesuai peraturan Kemenlu.

8. Pramugari

Memiliki penampilan yang menawan dipadukan dengan kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris bisa menjadi andalan buat Kamu yang ingin menjadi pramugari. Gaji pramugari tergantung dengan maskapai yang mempekerjakan. Misalnya BUMN seperti Garuda Indonesia menggaji pramugari junior sekitar 15 juta rupiah belum termasuk akomodasi, gratis tiket untuk keluarga dan lain-lain.

Baca Juga :  10 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak Untuk Pemula

9. Lembaga Internasional

Bermimpi bisa bekerja sebagai staf UNESCO, UNICEF dan lain-lain? Hal ini tidak mustahil untuk Kamu yang lulusan Sastra Inggris lho! Tentu Kamu tetap harus memenuhi kualifikasi yang ditentukan lembaga internasional.

10. Wirausaha

Anak sastra asing tetap bisa menjadi wirausaha muda kok. Kamu memiliki peluang sukses berwirausaha dan mengembangkan bisnis lebih luas lagi. Kemampuan berbahasa asing yang Kamu miliki bisa menjadi nilai lebih saat melakukan negosiasi atau penawaran kerja sama dengan klien khususnya investor asing.

Prospek karir Sastra Inggris sangat terbuka lebar untuk Kamu yang suka dengan urusan bahasa internasional ini. Siapa tahu Kamu bakal memiliki jenjang karir lebih memuaskan, bukan?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *