Mata Kuliah Agroteknologi

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Agroteknologi Untuk Jenjang S1

Mengenal mata kuliah agroteknologi sebelum memilih jurusan yang satu ini sangat penting untuk dilakukan. Akan jauh lebih baik jika Kamu tahu apa saja mata kuliah yang akan Kamu pelajari di jurusan yang akan Kamu pilih. Dengan begitu Kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Agroteknologi merupakan jurusan yang mempelajari lebih jauh tentang penggunaan teknologi di bidang pertanian. Ada beberapa jenis mata kuliah wajib yang harus Kamu ambil di jurusan ini. Berikut adalah 10 mata kuliah agroteknologi yang perlu Kamu ketahui :

1. Pengantar Ilmu Pertanian

Di jurusan agroteknologi, otomatis Kamu harus belajar tentang ilmu pertanian. Oleh karena itu, Kamu akan mendapatkan mata kuliah pengantar ilmu pertanian di semester awal.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Agroteknologi Dan Gajinya

2. Botani

Botani merupakan ilmu seputar dunia tanaman yang harus Kamu pelajari di jurusan agroteknologi. Di mata kuliah ini Kamu akan mengenal lebih banyak jenis tanaman yang ada di lingkungan kita.

3. Ekonomi Pertanian

Selain memahami tentang tanaman dan pertanian, Kamu juga harus belajar ekonomi pertanian. Dengan ilmu yang satu ini, Kamu bisa belajar lebih jauh bagaimana pertanian berpengaruh pada kemajuan ekonomi negara ini.

4. Budidaya Tanaman Pangan

Di jurusan agroteknologi, Kamu akan mendapatkan mata kuliah budidaya tanaman pangan. Di mata kuliah ini Kamu akan belajar bagaimana proses budidaya tanaman pangan yang bisa dilakukan di Indonesia.

5. Hidroponik

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Agroteknologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Hidroponik merupakan salah satu teknik budidaya tanaman yang dinilai ramah lingkungan dan lebih efektif. Di jurusan ini Kamu akan belajar lebih jauh tentang teknik hidroponik.

6. Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman

Karena Kamu akan berkecimpung di dunia pertanian maka otomatis Kamu akan banyak berhubungan dengan beragam jenis tanaman. Di jurusan ini Kamu akan mendapat mata kuliah dasar-dasar perlindungan tanaman.

7. Mikrobiologi Pertanian

Tak hanya belajar tanaman dan ekonomi, Kamu juga harus belajar tentang mikrobiologi pertanian di jurusan agroteknologi. Mikrobiologi pertanian mempelajari tentang bakteri maupun mikroorganisme lainnya yang ada di dunia pertanian.

8. Bioteknologi Pertanian

Bioteknologi pertanian menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil di jurusan ini. Mata kuliah ini akan mengajarkan bagaimana bioteknologi yang berkembang di dunia pertanian.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Agroteknologi Untuk Jenjang S1

9. Budidaya Tanaman Perkebunan

Selain mempelajari budidaya tanaman pangan, di jurusan agroteknologi Kamu juga harus belajar budidaya tanaman perkebunan. Seperti kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak jenis tanaman perkebunan yang bisa dibudidayakan.

10. Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian

Di jurusan agroteknologi, Kamu harus belajar teknologi pengolahan hasil pertanian. Hasil pertanian perlu diolah supaya bisa memberi manfaat dan di mata kuliah ini Kamu akan belajar lebih jauh tentang hal itu.

Itulah tadi 10 mata kuliah agroteknologi yang perlu Kamu tahu. Pastikan Kamu mempertimbangkan jenis-jenis mata kuliah ini supaya semakin mantap memilih jurusan agroteknologi.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *