Alasan Memilih Jurusan Agroteknologi

Image: [syahirhakim] pixabay.com

10 Alasan Memilih Jurusan Agroteknologi Bagi yang Bingung Mau Kuliah Apa

Indonesia adalah negara agraris, sehingga tidak heran jika banyak masyarakat yang menjadi petani. Dengan banyaknya petani yang ada di Indonesia, maka banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan agroteknologi. Jurusan agroteknologi juga banyak peminat, mereka pun memiliki alasan memilih jurusan agroteknologi tersendiri.

Pada dasarnya, di jurusan agroteknologi ini, Kamu akan mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu komoditas mulai dari bibit hingga menjadi sebuah produk. Kamu bisa memilih jurusan ini jika ingin kuliah. Namun jika masih ragu, alasan memilih jurusan agroteknologi berikut ini bisa Kamu jadikan pertimbanngan.

1. Salah satu hal yang paling umum kenapa jurusan agroteknologi diminati adalah karena lulusan dari jurusan ini nantinya akan bisa bekerja sebagai pengelola perkebunan, baik itu perkebunan milik pemerintah atau milik swasta.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Industri Bagi yang Bingung Kuliah Apa

2. Dengan masuk ke jurusan agroteknologi, Kamu akan mengetahui seluk beluk bagaimana mengelola komoditas dari mulai bibit hingga mengahasilkan produk. Dengan begitu Kamu bisa menjadi seorang wirausahawan.

3. Menjadi wirausaha pun banyak pilihan yang bisa Kamu lakukan. Karena sudah berbekal ilmu dari kuliah, Kamu bisa memutuskan ingin menjadi pelaku atau pengusaha bisnis pada bidang pembenihan, pertisida, usaha industri rumah tangga, pupuk atau sarana produksi pertanian.

4. Kuliah di jurusan agroteknologi itu asik, karena Kamu akan lebih tahu bagaimana cara menghasilkan panenan suatu komoditas dengan baik.

5. Jika Kamu suka dengan IPA, jurusan ini sangat cocok untukmu. Hal ini karena jurusan ini mempelajari seperti toksikologi lingkungan, bioteknologi pertanian dan lain–lain.

Baca Juga :  10 Peluang atau Prospek Kerja Agroteknologi dan Gajinya

6. Dengan masuk ke jurusan agroteknologi Kamu akan mampu mengelola sumber daya lahan dengan maksimal. Tentunya dengan berbekal penerapan teknologi pertanian secara terpadu.

7. Jika Kamu sudah memutuskan untuk kuliah di jurusan agroteknologi, salah satu pekerjaan yang bisa Kamu ambil kelak adalah menjadi seorang akademisi atau peneliti.

8. Pekerjaan lain yang akan Kamu dapatkan adalah bekerja di sektor industri. Kamu bisa masuk ke industri tertentu, seperti industri pembenihan, pupuk, pestisida dan lain sebagainya.

9. Alasan memilih jurusan agroteknologi selanjutnya adalah Kamu nantinya bisa menjadi seorang konsultan pertanian. Karena melihat banyaknya petani di Indonesia, maka pekerjaan sebagai konsultan pertanian ini bisa dikatakan menjanjikan. Kamu bisa melakukan pekerjaan ini baik itu di lembaga pemerintah, swasta atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bisa dikelola sendiri.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Elektro Bagi yang Bingung Kuliah Apa

10. Jurusan agroteknologi ini memiliki kaitan yang erat dengan rekayasa pertanian. Sehingga tidak bisa dipisahkan dengan penelitian dan pengembangan pada sektor pertanian. Maka dari itu jika memilih jurusan ini, Kamu bisa menjadi peneliti dan bisa bergabung dengan badan penelitian dan pengembangan (Balitbang) bidang pertanian.

10 Peluang atau Prospek Kerja Agroteknologi dan Gajinya

Itulah alasan memilih jurusan agroteknologi untuk Kamu yang mungkin masih bingung mau kuliah apa. Pastikan Kamu mempertimbangkannya dengan baik ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *