Peluang atau Prospek Kerja Agroteknologi

Image: [rawpixel] pixabay.com

10 Peluang atau Prospek Kerja Agroteknologi dan Gajinya

Peluang atau prospek kerja agroteknologi sebenarnya terbuka sangat lebar. Apalagi jika mengingat bahwa Indonesia merupakan negara agraris dengan hasil pertanian yang begitu melimpah. Lebih dari itu prospek dari bidang ini pun terbilang sangat menjanjikan. Berikut akan kita bahas mengenai peluang dan prospek kerja lulusan jurusan agroteknologi.

1. Peneliti

Ilmu yang Kamu dapatkan di jurusan agroteknologi dapat membawamu menjadi seorang peneliti. Profesi ini sangat cocok untuk Kamu yang memang hobi melakukan riset atau penelitian. Gaji seorang peneliti juga bisa dibilang tinggi, mulai dari Rp 7 juta hingga puluhan juta rupiah.

2. Akademisi

Tidak ada salahnya menjadi dosen atau akademisi. Profesi ini akan sangat cocok untuk Kamu yang ingin menurunkan ilmu kepada orang lain. Gaji seorang akademisi bisa bermula dari Rp 5 juta dan terus meningkat sesuai dengan pengalaman serta prestasi.

Baca Juga :  10 Jurusan Kuliah Yang Cocok Dan Menjanjikan Untuk Wanita Ke Depan

3. Konsultan Pertanian

Kamu bisa menjadi konsultan pertanian yang bertugas memberikan saran-saran dalam sektor industri pertanian. Kamu bisa memulainya dari skala kecil kemudian ditingkatkan ke sektor industri pertanian skala besar. Gaji yang bisa Kamu peroleh dari profesi ini adalah Rp 5 juta untuk kelas pemula.

4. Bekerja di Sektor Industri

Kamu bisa terjun langsung ke industri pertanian dengan mengandalkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah. Apalagi industri pertanian di Indonesia sangat ramai. Mereka yang bergerak di bidang ini bisa mendapat gaji Rp 5 juta atau lebih besar lagi tergantung posisi dan pengalaman.

5. Bekerja bersama Pemerintah

Lulusan agroteknologi dapat bekerja bersama pemerintah. Contohnya menjadi manajer pupuk dan pesitisida nasional, badan koordinasi survei, penelitian dan pengembangan pemerintah pusat, dan lain sebegainya. Gajinya juga bervariasi tergantung posisi dan kondisi, bisa jadi bermula dari Rp 5 juta.

Baca Juga :  10 Peluang atau Prospek Kerja Psikologi dan Gajinya

6. Pebisnis

Siapa bilang lulusan agroteknologi tidak bisa berbisnis? Justru ini adalah kesempatan bagi Kamu untuk memulai bisnis sendiri dengan ilmu yang telah Kamu dapat. Kamu bisa berbisnis berbagai macam produk yang berhubungan dengan bidang agroteknologi dan mendapat penghasilan tidak terbatas.

7. Pengelola Perkebunan

Salah satu peluang atau prospek kerja agroteknologi adalah menjadi pengelola perkebunan. Pengelola perkebunan bertanggung jawab mengurus sebuah perkebunan baik yang dimiliki sektor swasta atau pemerintah. Gaji yang diperoleh berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 7 juta.

8. Surveyor

Lulusan agroteknologi juga berpeluang menjadi surveyor. Kamu bisa menjadi surveyor untuk Badan Koordinasi Survei serta di Badan Pertahanan Nasional. Gaji seorang surveyor berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 8 juta.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Psikologi Bagi yang Bingung Mau Kuliah Apa

9. Bekerja di Industri Pangan

Jurusan agroteknologi juga bisa berhubungan erat dengan teknologi pengolahan pangan. Kamu bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di sektor pangan. Gaji yang diperoleh bervariasi tergantung posisimu, bisa berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

10. Bekerja di Bank

Profesi yang satu ini mungkin tidak berhubungan dengan lingkup ilmu agroteknologi. Akan tetapi profesi in tetap terbuka lebar untuk Kamu yang lulusan agroteknologi. Gaji yang diperoleh kurang lebih Rp 5 juta untuk freshgraduate.

Tentukan pilihan karirmu sedini mungkin sehingga bisa mempersiapkan diri. Semoga informasi peluang atau prospek kerja agroteknologi di artikel ini bisa memberikan semangat untukmu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *