Manfaat PAUD Bagi Si Kecil

Image: canva.com

10 Manfaat PAUD Bagi Si Kecil Yang Perlu Kamu Ketahui

Sebagian besar orangtua mungkin ragu hendak menyekolahkan anak ke lembaga pra sekolah. Hal ini dikarenakan beda pemikiran mengenai manfaat dan dampak buruk menyekolahkan anak terlalu dini. Namun, selama si kecil memiliki kesiapan mental dan fisik, memasukkan si kecil ke lembaga PAUD bisa memberikan dampak positif lho! Berikut 10 manfaat PAUD bagi anak-anak sebelum masuk bangku sekolah dasar.

1. Mambantu Pembentukan Struktur Otak

Masa kecil merupakan pertumbuhan dan perkembangan otak mencapai 90 persen sehingga harus dioptimalkan dengan baik. Pengalaman dan masa belajar terbaik akan memberikan efek jangka panjang untuk kehidupan buah hati Kamu.

2. Memiliki Pencapaian Akademis

Orangtua mana yang tidak ingin memiliki buah hati cerdas? Ya, memasukkan si kecil ke lembaga PAUD bisa menjadi patokan dasar bahwa ia akan berkembang lebih baik dibandingkan teman lain.

Baca Juga :  Perlukah Anak Masuk Preschool (PAUD)? Nih Alasan Iya Dan Tidaknya

3. Sebagai Tambahan Aktivitas Harian Anak

Manfaat PAUD tak hanya sekadar kegiatan rutin pagi hari saja namun bisa memberikan dampak positif bagi si kecil. Anak akan memiliki aktivitas tambahan seperti bermain game, olahraga atau belajar kesenian yang tidak dipelajari di rumah.

4. Belajar Menjadi Pribadi Yang Patuh Aturan

Disiplin menjadi kunci kesuksesan seseorang kelak yang patut Kamu terapkan pada anak sejak dini. Memasukkan ke lembaga PAUD yang memiliki deretan aturan akan membantu anak memiliki sikap disiplin yang patuh peraturan sekolah.

5. Mendorong Anak Berani Calistung

Memang Permendikbud menyebutkan bahwa anak masuk SD tidak perlu bisa calistung pada tahun ajaran 2019/2020 nanti. Tetapi, memiliki anak yang berani mencoba menulis, membaca dan berhitung, kenapa tidak? Selama ia senang menjalani kegiatan positif ini, Kamu wajib mendukung keberanian dan prestasi si kecil.

Baca Juga :  Sebaiknya Anak Langsung Masuk TK Atau PAUD Dahulu?

6. Mendorong Minat Baca Anak

Membaca merupakan jendela dunia yang akan membuka wawasan luas. Mendorong si kecil memiliki minat baca sejak dini sangat penting agar kelak ia menjadi pribadi yang suka belajar dan berwawasan luas.

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Di sekolah, anak akan belajar berkomunikasi, bersosialisasi dan bermain bersama teman. Setidaknya Kamu mendukung si kecil memiliki kepercayaan diri cukup tinggi kelak.

8. Lebih Memiliki Kesiapan Masuk Ke Jenjang Pendidikan Lebih Tinggi

Si kecil bakal siap melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi seperti sekolah dasar dengan bekal kecerdasan, siap beradaptasi, kemampuan komunikasi dan sebagainya.

9. Mendorong Perkembangan Emosi Dan Sosial

Manfaat PAUD adalah mampu mengejarkan si kecil belajar mengendalikan emosional dan sosialisasi dengan teman atau staf pengajar di sekolah. Ilmu komunikasi dan sosialisasi menjadi bekal saat ia beradaptasi di lingkungan baru. Si kecil tidak akan takut Pada Orang Asing Dan Berani Bertanya Sesuatu Mengenai Hal Yang Salah Atau Benar.

Baca Juga :  Permainan Anak Yang Mendidik Dan Menyenangkan Untuk PAUD Dan TK

10. Memiliki Peluang Mendapatkan Nilai Yang Terbaik Di Sekolah Dasar

Si kecil yang sudah belajar banyak hal akan lebih siap menerima materi di sekolah dasar. Ia memiliki pemahaman dasar berhitung, membaca dan berinteraksi lebih baik dibandingkan anak yang sama sekali tidak mengikuti pra sekolah.

10 manfaat PAUD di atas bisa menjadi bahan pertimbangan Kamu yang ragu memutuskan untuk menyekolahkan si kecil ke pra sekolah atau tidak. Pastikan si kecil memang memiliki kesiapan baik fisik dan psikis sebelum memasuki lingkup baru ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *