Jurusan Paling Diminati Di UNY

Image: canva.com

Jurusan Paling Diminati Di UNY Untuk Jenjang S1, Ada 10 Nih

Pada saat memasuki semester 2 atau genap inilah, persiapan kuliah bagi yang duduk dikelas XII sudah mulai dilakukan. Memilih mana kampus yang tepat dan berpeluang lolos perlu diperhatikan. Agar usaha kita tidak sia-sia dan berharap apa yang diingankan terwujud. Bagi yang tertarik kuliah di UNY, pada artikel ini akan dibawah mengenai jurusan paling diminati di UNY pada jenjang S1.

Jenjang S1 memang paling banyak diburu. Karena hal ini memang beralasan, banyaknya siswa yang lulus dari SMA. Tahun 2018, pendaftar di UNY untuk jenjang D3 dan S1 mencapai 171722 calon mahasiswa. Padahal yang diterima menjadi mahasiswa hanya 5500 mahasiswa. Dan ini sudah luar biasa banyaknya yang ingin kuliah.

Melihat peluang kita dijurusan yang kita inginkan saatlah penting. Ini bagian dari strategi yang perlu dipersiapkan. Kan nggak mau dong udah daftar capek-capek tapi nggak lulus. Jika kita tau peluang kita saat mendaftar, maka kita akan lebih mempersiapkan diri jauh-jauh hari.

UNY sebagai kampus negeri dan jadi salah satu yang terbaik, menyeleksi sangat ketat calon mahasiswanya. Tetap saja dari tahun ketahun makin bertambah peminat yang ingin kuliah di UNY. Bahkan persentase animo calon mahasiswa yang daftar dengan yang diterima bisa sangat kecil.

Bagi Kamu yang tertarik kuliah di UNY, Kamu perlu tau nih apa aja jurusan paling diminati di UNY. Hal ini bisa jadi pertimbangan, apakah masih ingin lanjut atau malah ganti kampus. Paling tidak Kamu bisa bersiap diri dahulu jauh-jauh hari. Berikut daftar jurusan paling diminati di UNY buat Kamu.

Baca Juga :  Jurusan Sepi Peminat Di UNY Untuk Jenjang S1, Ada 10 Nih

1. Manajemen

Prodi manajemen pada tahun ini akan menerima 120 mahasiswa. Rinciannya terdiri dari SNMPTN 36 orang, SBMPTN 48 orang dan SM 36 orang. Sebagai informasi tambahan, prodi ini sudah mendapatkan akreditasi A. Dan prodi manajemen jadi jurusan yang paling diminati di UNY, dengan jumlah animo tahun lalu sebanyak 12405. Bahkan persentase peluang kelulusanmu tidak sampai 1%.

2. Akuntansi

Prodi akuntansi jadi jurusan kedua yang paling diminati. Prodi ini hanya menerima 80 mahasiswa dengan rincian SNMPTN 24 orang, SBMPTN 32 orang dan SM 24 orang. Akreditasi jurusan ini sudah A. Pada tahun lalu, jumlah animo yang berminat mencapai 8869 orang. Sama seperti jurusan manajemen, persentase peluang kelulusanmu tidak sampai 1%.

3. Ilmu Komunikasi

Prodi ilmu komunikasi juga jadi salah satu uang paling banyak saingannya. Prodi yang sudah akrditasi A ini akan menerima 80 mahasiswa dengan rincian SNMPTN 24 orang, SBMPTN 32 orang dan SM 24 orang. Tahun lalu ada 8245 orang yang bersaingan untuk memperebutkan bangku kuliah di UNY. Persentase peluang kelulusanmu masih sangat kecil, yakni tidak sampai 1%.

4. Psikologi

Prodi psikologi juga jadi banyak incaran pada lulusan sekolah menengah. Ini terbukti tahun lalu animo pendaftar mencapai 7938 orang. Padahal jurusan berakreditasi B ini hanya menerima 80 mahasiswa dengan rincian SNMPTN 24 orang, SBMPTN 32 orang dan SM 24 orang. Ini juga jadi salah satu yang persaingannya ketat banget. Persentase peluang kelulusanmu hanya kurang lebih 1% saja.

Baca Juga :  Jurusan Sepi Peminat Di Pascasarjana UNY Untuk Jenjang S2, Ada 10!

5. Ilmu Administrasi Negara

Nggak tau kenapa jurusan yang banyak peminatnya justru yang cocok untuk lulusan SMA penjurusan IPA seperti prodi ilmu administrasi negara. Tahun lalu saja pendaftarnya mencapai 7550 calon mahasiswa. Yang diterima hanya 80 mahasiswa yang seleksinya dibagai atas SNMPTN 24 orang, SBMPTN 32 orang dan SM 24 orang. Salah satu jurusan banyak penimat dan peluangmu untuk lolos hanya 1% saja.

6. PGSD

Ada yang nggak tau apa itu PGSD? PGSD itu singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan ini juga banyak sekali yang minat. 7223 pendaftar tahun lalu berebut untuk lolos dijurusan ini. Untuk penerimaan lumayan banyak ini, yaitu 240 mahasiswa dengan rincian SNMPTN 72 orang, SBMPTN 96 orang dan SM 72 orang. peluangmu untuk lulus sekitar 3% saja.

7. Pend. Teknik Sipil dan Perencanaan

Bagi yang dingin kuliah di pendidikan teknik sipil dan perencanaan, lowongan dibuka untuk 120 mahasiswa yang terdiri dari SNMPTN 36 orang, SBMPTN 48 orang dan SM 36 orang. Pendaftar tahun lalu lumayan banyak nih, ada 4893 pendaftar. Peluangmu lulus hanya 2,5% saja nih, perlu persiapan ektra.

8. Pendidikan Teknik Informatika

Lanjut lagi ke prodi pendidikan teknik informatika, ada 4585 orang yang mendaftar tahun lalu. Hanya 80 mahasiswa yang diterima dari proses seleksi SNMPTN 24 orang, SBMPTN 32 orang dan SM 24 orang. Masih sangat kecil peluangmu untuk lolos, yaitu dibawah 2% saja.

Baca Juga :  Daya Tampung UNY 2019 Pada Diploma (D3) & Sarjana (S1)

9. Pendidikan Matematika

Bagi yang pingin kuliah di prodi pendidikan matematika, persiapkan dirimu dengan baik. Kuota yang ada hanya 80 maba yang diterima dari proses seleksi SNMPTN 24 orang, SBMPTN 32 orang dan SM 24 orang. Sebagai pertimbangan, tahun lalu yang daftar 4408 pendaftar. Peluangmu lulus hanya 2% saja.

10. Biologi

Biologi juga jadi prodi dengan persaingan ketat. Tahun lalu yang daftar menca[ai 4269 pendaftar. Yang diterima hanya 80 mahasiswa dari proses seleksi SNMPTN 24 orang, SBMPTN 32 orang dan SM 24 orang. Pluangmu untuk lolos masih sangat kecil, taiyu dibawah 2%.

Itulah daftar 10 jurusan paling diminati di UNY. Gimana jurusan lain? Masih sama ketatnya dengan jurusan yang diatas. Untuk lebih jelasnya Kamu bisa baca data animo disini. Jadi jika Kamu masih ingin tetap kuliah di UNY, persiapanmu harus benar-benar serius nih.

Walaupun persentasi kelulusan diatas kecil, jangan patah semangat. Siapa tau rezekimu memang kuliah di UNY. Saran sih jika memang minat di salah satu jurusan diatas, jangan ganti jurusan jika takut nggak lolos. Itu sama saja menggadaikan minatmu hehe.

Mulai saat ini persiapkan dirimu dengan baik. Untuk lolos kuliah di kampus favorit memang nggak mudah. Butuh perjuangan dan jangan putus asa. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan semoga suksesn dengan impianmu.




About Edi Susilo

Blogger sekaligus pemilik blog RENESIA. Ingin selalu menularkan hal-hal yang positif melalui artikel-artikel yang ditulis. Selalu dan masih akan terus belajar apapun agar hidup jadi lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *