Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Image: [Edi Susilo] renesia.com

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Menarik Dan Lengkap

Surat lamaran kerja merupakan salah satu kelengkapan atau syarat melamar kerja yang umum dipakai. Surat ini merupakan kata pengantar untuk menyampaikan maksud dan tujuan kita. Jadi sebisa mungkin buat surat ini sebaik dan sebagus mungkin. Bagi Kamu yang kebingungan, kali ini aku akan berbagi sedikit cara membuat surat lamaran kerja yang menarik dan lengkap.

Surat lamaran kerja dibuat sejelas mungkin mengenai maksud kita mengirimkan surat ini. Mulai dari kejelasan pemilihan kata, urutannya dan informasi yang akan kita sampaikan. Untuk membantu Kamu dalam membuat surat lamaran, langsung saja bisa ikuti langkah berikut:

1. Cantumkan Tempat Dan Tanggal

Di awal surat, Kamu perlu menyantumkan tempat dan tanggal surat. Misal jika lokasimu di Yogyakarta, ya berarti masukkan tempat Yogyakarta. Kemudian tuliskan tanggal secara lengkap pada saat Kamu membuat surat. Misalnya 1 Januari 2019. Posisi tempat dan tanggal ini di bagian pojok kanan atas surat. Contohnya seperti ini:

Yogyakarta, 1 Januari 2019

2. Masukkan Informasi Penerima

Selanjutnya setelah memasukkan tempat dan tanggal, tuliskan kepada siapa surat amaran ini ditujukan. Selain itu, cantumkan juga alaman secara jelas dan hal yang menjelaskan tentang tujuan surat ini. Contohnya bisa Kamu lihat seperti dibawah ini:

Kepada 
Yth. HRD PT RENESIA INDONESIA
Jl. Jend. Sudirman No 1, DI Yogyakarta
Hal : Lamaran Pekerjaan

3. Masukkan Sapaan

Baca Juga :  Apa Saja Kelengkapan dan Syarat Melamar Kerja Yang Umum Dipakai?

Untuk memulai menyampaikan isi surat, sebaiknya tuliskan terlebih dahulu sapaan pembuka. Umumnya yang dipakai adalah sebagai berikut:

Dengan hormat,

4. Masukkan Data Pribadimu

Untuk mengetahui siapa si pengirim surat, sudah pasti kita harus memberitahu siapa kita. Maka dari itu, Kamu perlu menuliskan sedikit tentang Kamu. Nggak perlu banyak-banyak, yang terpenting isinya jelas. Contoh beberapa data diri yang perlu Kamu tampilkan adalah sebagai berikut:

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                  : Budi Budiman
Tempat, Tanggal Lahir : Yogyakarta, 1 Januari 1990
Pendidikan Terakhir   : S2 Teknik Informatika, Universitas Gadjah Mada
Alamat 	              : Jl. A. Yani, No 10 Sleman, Yogyakarta
Telepon/HP            : 0812345678910
Email 	              : [email protected]

5. Tuliskan Maksud Dan Tujuan Dengan Jelas

Setelah menuliskan siapa Kamu, kemudian tuliskan maksud dan tujuan mengirimkan surat ini. Tuliskan mulai dari dari mana Kamu dapatkan informasi lowongan kerja tersebut dan kapan waktunya. Kemudian tuliskan maksud dan tujuan yaitu melamar pekerjaan. Jangan lupa tulis posisi yang Kamu ingingan. Untuk lebih mudahnya, Kamu bisa ikuti contoh berikut:

Berdasarkan info lowongan kerja yang dimuat di website Lowongan Kerja
(loker.com) tanggal 27 Desember 2018, saya bermaksud mengajukan lamaran
kerja ke PT RENESIA INDONESIA untuk menempati posisi sebagai Manager
Sistem Informasi.

6. Tuliskan Lampiran Yang Mendukung

Baca Juga :  10 Tips Mendapatkan Info Lowongan Kerja Terbaru

Untuk mendukung keinginanmu untuk menempati posisi tertentu dan juga sebagai bahan pertimbangan, maka Kamu perlu menuliskan beberapa berkas yang Kamu lampirkan. Biasanya lampiran ini disesuaikan dengan syarat yang diberikan oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja. Contohnya dapat Kamu lihat seperti berikut:

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai
berikut:
1. Fotokopi KTP
2. Foto Berwarna
3. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai S1
4. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai S2
5. Curriculum Vitae (CV)
6. SKCK

7. Tuliskan Ucapan Terima Kasih

Selanjutkan jangan lupa tuliskan ucapan terima kasih. Nggak perlu menuliskan sampai beribu-ribu terima kasih. Cukup dengan terima kasih saja. Contohnya seperti berikut ini:

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-
benarnya. Besar harapan saya untuk dapat diterima di PT RENESIA
INDONESIA yang Bapak pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan
terima kasih.

8. Bubuhkan Tanda Tangan

Baca Juga :  10 Pertanyaan Interview Dan Jawaban Interview Yang Sering Ditanyakan

Terakhir dari cara membuat surat lamaran kerja adalah membubuhkan tanda tangan. Jangan lupa tuliskan juga namamu secara jelas dan lengkap. Untuk masalah gelar, boleh Kamu tuliskan boleh juga tidak. Berikut contohnya dapat Kamu lihat dibawah ini:

Hormat Saya,


Budi Budiman

Ada 8 langkah mudah bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang menarik dan lengkap. Dari langkah diatas yang sudah kamu buat, Maka akan mengghasilkan surat lamaran kerja yang lengkap. hasil akhirnya bisa Kamu lihat di dokumen dibawah ini:

surat_lamaran_kerja

Jika Kamu masih merasa kusulitan untuk membuatnya, Kamu bisa tinggal mengunduh atau download template surat lamaran kerja yang berformat *.doc pada tombol dibawah ini.

Download Surat Lamaran Kerja

Hasil akhir dari surat lamaran kerja yang dikirim sebaiknya berformat PDF. Agar si penerima mudah membuka dan membacanya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Kamu. Sampai jumpa lagi di panduan berikutnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *