Biaya PPG

Image: canva.com

Biaya PPG Yang Perlu Dikeluarkan Saat Mengikuti Progam Ini

PPG adalah kepanjangan dari Pendidikan profesi guru. Untuk mengikuti pendidikan profesi guru, Kamu harus memenuhi beberapa syarat yang diperlukan. Selain memenuhi persyaratan, Kamu juga perlu menyiapkan anggaran biaya PPG untuk menempuh pendidikan profesi guru ini.

Pendidikan ini merupakan jenjang pendidikan lanjutan bagi Kamu yang ingin menjadi seorang guru dan telah menyelesaikan jenjang pendidikan sarjana pendidikan ataupun sarjana non pendidikan. Dengan mengikuti pendidikan profesi guru, Kamu akan memiliki kompetensi lebih sebagai tenaga pengajar dan juga memiliki sertifikasi sebagai guru profesional.

Baca Juga:  10 Syarat Mengikuti PPG Yang Perlu Dipersiapkan Di Awal

Berikut perkiraan biaya PPG yang perlu Kamu persiapkan untuk Kamu yang ingin menjalani pendidikan ini.

1. Biaya Seleksi Pendaftaran / Prajabatan

Sebelum bisa masuk dan mengikuti pembelajaran pada jenjang pendidikan profesi guru, Kamu harus mendaftarkan diri Kamu dan mengikuti seluruh tahapan administrasi. Seleksi pendaftaran untuk pendidikan profesi guru ini dilakukan secara online.

Setelah itu Kamu perlu mengikuti beberapa tahapan seleksi, seperti seleksi administrasi, seleksi akademik, minat, bakat, kepribadian, dan panggilan jiwa, lapor diri, orientasi awal, awal PMB, hingga UKMPPG. Untuk proses seleksi hingga proses prajabatan ini, Kamu perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp.300.000.

Baca Juga:  10 Keuntungan Mengikuti PPG Bagi Seorang Guru

2. Biaya Per Semester

Biaya PPG yang perlu Kamu persiapkan selanjutnya adalah untuk biaya semester. Biaya pendidikan untuk pendidikan profesi guru sebenarnya sudah disubsidi oleh pemerintah, sehingga Kamu bisa membayar biaya per semester dengan lebih murah. Terlebih lagi jika Kamu mengikuti pendidikan profesi guru untuk program SM-3T.

Program ini adalah program untuk para guru yang mendidik di wilayah yang termasuk daerah terluar, terdepan, dan tertinggal. Biaya pendidikan profesi guru ini sudah ditanggung oleh pemerintah sebesar 100% sehingga Kamu tidak perlu membayar biaya semester lagi. Begitu pula dengan pendidikan profesi guru di beberapa provinsi yang telah disubsidi oleh pemerintah daerah setempat menggunakan biaya APBD.

Baca Juga:  Apa Itu Pendidikan Profesi Guru (PPG)? PPG Adalah . . .

Namun, bagi Kamu yang tidak mendapat subsidi, Kemenristekdikti menetapkan biaya per semester untuk menjalani pendidikan profesi guru adalah sekitar Rp.8.500.000 hingga Rp.9.500.000. Biaya ini harus Kamu kalikan dua kali karena pendidikan profesi guru yang Kamu jalani memiliki jangka waktu satu tahun atau dua semester.

3. Biaya Lain-Lain

Selain mempersiapkan biaya prajabatan dan biaya per semester, Kamu juga tentunya harus mempersiapkan anggaran untuk biaya lain yang menjadi biaya hidup Kamu sehari-hari, seperti biaya transportasi, biaya kos jika Kamu tinggal di luar kota, atau biaya untuk mengerjakan tugas-tugas.

Baca Juga:  Apa Itu Pendidikan Profesi Guru (PPG)? PPG Adalah . . .

Besaran biaya ini tentunya akan bervariasi tergantung dari kebutuhan masing-masing individu. Intinya, Kamu harus mempersiapkan biaya tersebut untuk kebutuhan Kamu selama satu tahun selama masa pendidikan profesi guru yang Kamu jalani.

Itulah kisaran biaya PPG yang perlu Kamu persiapkan untuk Kamu yang ingin menjalani pendidikan profesi guru agar bisa mendapat sertifikasi sebagai guru profesional.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *